5 Cara Mempertahankan Persahabatan dengan Orang yang Mudah Tersinggung

Asah keterampilan komunikasi dan empati

Persahabatan tentu adalah suatu hubungan yang berharga dalam hidup ini. Terlebih jika orang yang menjadi sahabat kita adalah sosok yang benar-benar tulus dan mampu memahami kita dengan baik. Pasti rasanya kamu gak akan mau melepaskan sahabat seperti ini, kan?

Akan tetapi, terkadang menjaga persahabatan dengan seseorang yang mudah tersinggung bisa menjadi tantangan tersendiri, ya. Agar gak sering terlibat konflik, simak yuk, lima cara untuk mempertahankan hubungan ini dengan bijaksana dan membangun komunikasi yang lebih efektif.

Baca Juga: 6 Cara Menegur Teman yang Suka Mengeluh, Tanpa Bikin Tersinggung

1. Menerapkan empati dan kepedulian

5 Cara Mempertahankan Persahabatan dengan Orang yang Mudah Tersinggungilustrasi seseorang sedih (pexels.com/MART PRODUCTION)

Orang yang mudah tersinggung mungkin memiliki kepekaan yang tinggi terhadap komentar atau tindakan tertentu dari orang lain. Gak terkecuali dari kamu, sahabatnya sendiri. Oleh karena itu, penting banget untuk menerapkan rasa empati dan kepedulian.

Usahakan untuk memahami perasaannya, bahkan jika itu terlihat sepele bagimu. Tanyakan tentang keadaannya dan tunjukkan perhatian yang tulus, cara ini dapat membuat dia merasa didengar dan dihargai.

2. Pilih kata-kata dengan hati-hati

5 Cara Mempertahankan Persahabatan dengan Orang yang Mudah Tersinggungilustrasi seseorang berbincang (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Ketika berkomunikasi dengan teman yang mudah tersinggung, kata-kata punya kekuatan yang besar, lho. Hindari komentar yang mungkin dianggap merendahkan atau menyinggung, ya.

Cobalah untuk berpikir sejenak sebelum berbicara dan pilihlah kata-kata dengan hati-hati. Ini dapat mencegah konflik yang gak perlu dan menjaga keharmonisan dalam pertemanan.

Baca Juga: 5 Penguat untuk Bertahan di Tempat Kerja Bila Terasa Berat

3. Terbuka terhadap komunikasi yang jujur

5 Cara Mempertahankan Persahabatan dengan Orang yang Mudah Tersinggungilustrasi seseorang saling pandang (pexels.com/zen chung)

Penting juga, nih untuk selalu membuka saluran komunikasi yang jujur dengan teman yang mudah tersinggung. Jelaskan niat baik dan maksud dari kata-kata atau tindakanmu dengan rinci.

Sering kali, kesalahpahaman akan dapat diatasi dengan pembicaraan terbuka dan jujur. Memberikan ruang bagi teman untuk menyampaikan perasaannya juga dapat membangun kepercayaan diantara kalian.

4. Kenali pemicu dan batasan masing-masing

5 Cara Mempertahankan Persahabatan dengan Orang yang Mudah Tersinggungilustrasi sahabat (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mengenali pemicu dan batasan teman yang mudah tersinggung adalah langkah penting untuk menjaga keharmonisan dalam hubungan. Apakah ada topik tertentu yang sebaiknya kamu hindari? Atau, apakah ada cara komunikasi yang lebih efektif?

Dengan memahami pemicu dan batasan masing-masing, kamu dapat menghindari situasi yang mungkin memicu reaksi yang gak diinginkan. Bagaimanapun juga, kamu pasti gak mau kan membuat dia tersinggung?

5. Terapkan rasa sabar dan pengertian

5 Cara Mempertahankan Persahabatan dengan Orang yang Mudah Tersinggungilustrasi sahabat (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mempertahankan persahabatan dengan orang yang sensitif atau mudah tersinggung memerlukan kesabaran dan pengertian yang cukup besar. Jangan cepat marah atau merasa tersinggung oleh respon temanmu ini, ya.

Berikan waktu baginya untuk meresapi informasi atau situasi sebelum merespon. Kesabaran adalah kunci untuk mengatasi rasa gak nyaman dan membangun hubungan yang lebih kokoh.

Bagaimanapun juga, setiap persahabatan memiliki dinamika uniknya masing-masing. Meskipun seseorang mungkin mudah tersinggung, tetapi dengan langkah-langkah yang tepat, kalian pasti dapat membangun hubungan yang positif, sehat, dan bermakna. Siapkah kamu mempertahankan persahabatan dengan orang yang memiliki sensitivitas tinggi dengan penuh pengertian dan kasih sayang?

Baca Juga: 6 Cara Mempertahankan Persahabatan saat Menjalin Hubungan, Tetap Erat!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Read what I write and you will find out who I really am, ig: Desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Fajar Laksmita

Berita Terkini Lainnya