Comscore Tracker

5 Hal yang Akan Terjadi jika Lebih Fokus pada Proses Ketimbang Hasil

Gak terburu-buru untuk selesai!

Dalam mengusahakan sesuatu, ada dua jenis orang di dunia ini. Satu, adalah mereka yang fokus pada hasil akhir. Orang semacam ini gak peduli cara apa yang mereka gunakan, atau cerita apa yang telah mereka buat demi bisa meraih tujuan yang diinginkan. Baginya, bagaimana hasil akhir yang didapat adalah yang paling utama.

Sementara, tipe kedua adalah mereka yang fokus pada proses. Ketimbang menjadikan hasil akhir sebagai satu-satunya tujuan, mereka lebih suka menikmati jalan yang dilalui. Sembari sesekali bersantai, bertukar cerita dengan orang lain, dan lainnya. Urusan hasil akhir, adalah bonus yang perlu diusahakan, tapi juga bukan yang terpenting.

Jika kamu adalah tipe orang kedua, maka selamat, ya. Itu artinya kamu akan mendapatkan lima keuntungan berikut, nih. Yuk, simak bareng-bareng. 

1. Menikmati setiap yang terjadi dalam hidup

5 Hal yang Akan Terjadi jika Lebih Fokus pada Proses Ketimbang Hasililustrasi orang bahagia (pexels.com/Matt Hardy)

Fokus pada proses akan membuat kita menikmati setiap yang terjadi di hidup ini. Baik itu cerita manis ataupun pahit, keduanya sama-sama memberikan pelajaran meski dengan cara yang berbeda. Dengan cara ini, hidup terasa lebih indah dan tenang.

Tetap mengusahakan untuk meraih hasil akhir yang terbaik, namun gak lupa mengutamakan hal lain juga. Indah banget, ya, bisa menjalani kehidupan dengan sudut pandang seperti ini. 

2. Lebih menghargai setiap langkah kecil yang dibuat

5 Hal yang Akan Terjadi jika Lebih Fokus pada Proses Ketimbang Hasililustrasi orang bekerja (Pexels.com/fauxels)

Proses menuju keberhasilan akan memberikan kita banyak pengalaman berharga. Sayang banget jika kita hanya berfokus pada hasil akhir tapi gak memedulikan setiap lompatan kecil yang dibuat. Pada prosesnya, gak ada kesuksesan yang instan.

Langkah-langkah kecil demi bisa menuju keberhasilan tersebut akan menjadi cerita yang patut dikenang suatu saat nanti. Jika kita lebih fokus pada proses, maka kenangan indah itu gak akan terlupakan dan selalu jadi hal yang bisa kita nikmati dalam ingatan. 

Baca Juga: 5 Tips agar Keberhasilan Gak Sekadar Impian, Jangan Berharap Instan!

3. Senang mencoba berbagai hal baru demi mengembangkan diri

5 Hal yang Akan Terjadi jika Lebih Fokus pada Proses Ketimbang Hasililustrasi membuka usaha (Pexels.com/Quang Nguyen Vinh)

Orang yang fokus pada proses juga gak melulu melakukan sesuatu demi tujuan akhir. Dia tetap berproses untuk mengembangkan diri meski sedang melakukan hal lain yang jadi tujuan utamanya. Gak berhenti belajar dan berusaha meningkatkan potensi yang dimiliki adalah sesuatu yang gak sia-sia untuk dilakukan.

Sebab kita gak akan tau ke mana jalan hidup akan membawa kita. Meski sudah punya tujuan akhir untuk dicapai, belum tentu kita akan sampai di sana dengan selamat. Beberapa cobaan mungkin akan datang, makanya perlu berbagai skill agar kita bisa tetap menjalani hidup dengan tenang. 

4. Gak terburu-buru untuk melihat hasil akhir dari suatu pekerjaan

5 Hal yang Akan Terjadi jika Lebih Fokus pada Proses Ketimbang Hasililustrasi orang belanja (Pexels.com/MART PRODUCTION)

Terburu-buru selalu mendatangkan hasil yang gak diinginkan. Ada aja kesalahan yang dibuat dan malah mendatangkan penyesalan. Itulah pentingnya fokus pada proses. Kita jadi gak tergesa-gesa menyelesaikan sesuatu dan ingin melihat hasilnya.

Ingat, gak ada yang instan di dunia ini. Semuanya perlu proses demi bisa menjadi sempurna. Jadi, fokus pada proses pasti akan mendatangkan hasil akhir yang gak disangka-sangka. Yakin, deh!

5. Terhindar dari sombong dan perasaan paling tinggi

5 Hal yang Akan Terjadi jika Lebih Fokus pada Proses Ketimbang Hasililustrasi teman yang produktif (Pexels.com/Helena Lopes)

Karena sudah menikmati setiap proses yang dijalani serta memahami pahit manisnya menuju sebuah kesuksesan, ketika nanti kita sukses, gak ada tuh yang namanya kesombongan. Ibarat padi yang telah berisi, kita justru jadi semakin merunduk. Kita lebih tau caranya bersikap serta memperlakukan orang lain dengan baik.

Merasa tinggi hati apalagi merendahkan orang lain adalah sesuatu yang gak akan kita lakukan. Terlebih jika sebelumnya kita sendiri pernah mengalami gak enaknya dianggap remeh orang lain.

Menjadi orang yang fokus pada proses akan membentuk kepribadian kita menjadi lebih baik. Ketimbang mereka yang hanya fokus pada hasil akhir yang kemungkinan besar akan menghalalkan segala cara demi bisa meraih tujuan yang diinginkan. Duh, gak banget, kan? 

Baca Juga: 5 Hal yang Bikin Orang Sombong Nyebelin, Omongannya Selangit!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya