Comscore Tracker

Gak Penting Banget, Mencemaskan 5 Hal Ini Harus Berhenti Kamu Lakukan!

Kamu suka cemas sama pendapat orang?

Kesalahan yang masih sering dilakukan orang-orang di zaman sekarang adalah ketika kita seringkali memikirkan terlalu banyak hal. Ujung-ujungnya, muncullah rasa khawatir dan kecemasan yang berlebihan dan membuat diri kita merasa gak tenang. Sebenarnya, ini bisa dimaklumi karena memang ada banyak hal gak terduga yang bisa aja terjadi dan menimpa kita.

Namun, jika diteruskan, kebiasaan memikirkan terlalu banyak hal ini bisa membuat kita gak bahagia, lho. Belum lagi kalau pikiran buruk yang dipelihara adalah mencemaskan hal-hal yang gak penting seperti lima hal berikut ini nih. Yang ada kamu akan rugi sendiri nantinya.

1. Mencemaskan pendapat orang lain soal dirimu

Gak Penting Banget, Mencemaskan 5 Hal Ini Harus Berhenti Kamu Lakukan!pexels/mikoto.raw

Mencemaskan pendapat orang lain merupakan hal pertama yang paling gak penting dan hanya membuang waktu. Sebaik apa pun kamu bersikap terhadap seseorang, jika dia memang gak menyukaimu, maka dia pasti akan menemukan alasan untuk mencari kekuranganmu. Begitu pun sebaliknya. Daripada mencemaskan hal ini, lebih baik memikirkan diri sendiri aja deh, guys. 

2. Mencemaskan masa lalu yang sudah lewat

Gak Penting Banget, Mencemaskan 5 Hal Ini Harus Berhenti Kamu Lakukan!pexels/Ivan Samkov

Hal-hal yang sudah berlalu, gak akan bisa kita ulang kembali. Seberapa sering pun kita menyesali dan mencoba mengulang kembali adegan tersebut di benak kita, gak akan ada perubahan yang terjadi. Lebih baik persiapkan diri menghadapi masa yang akan datang agar kesalahan di masa lalu gak terulang lagi. 

Baca Juga: Mencemaskan Masa Depan Itu Ternyata Gak Baik, Begini Penjelasannya!

3. Mencemaskan hal-hal yang berada di luar kendalimu

Gak Penting Banget, Mencemaskan 5 Hal Ini Harus Berhenti Kamu Lakukan!pexels.com/TanDanh

Sebagai manusia, tentu kita gak bisa mengendalikan semua hal yang terjadi di sekitar kita. Akan ada banyak banget kekacauan yang justru terjadi kalau kita bisa mengambil kendali atas segala hal. Mencemaskan sesuatu yang berada di luar kendali hanya akan membuat kita hidup dalam kekhawatiran berlebihan, lho. Bisa jadi ada banyak kesempatan berharga yang jadi kita lewatkan karena hal ini.

4. Cemas berlebihan hampir pada segala hal

Gak Penting Banget, Mencemaskan 5 Hal Ini Harus Berhenti Kamu Lakukan!pexels/Karolina Grabowska

Buat kalian yang masih sering takut dan cemas berlebihan dalam segala hal, hentikan segera kebiasaan ini ya. Hidupmu akan dipenuhi ketakutan-ketakutan gak penting yang membuatmu gak tenang. Semua orang pernah merasa cemas, tapi ingat bahwa kamu punya kendali untuk membuat rasa cemas ini semakin parah atau justru hilang.

5. Mencemaskan hidup atau urusan orang lain secara berlebihan

Gak Penting Banget, Mencemaskan 5 Hal Ini Harus Berhenti Kamu Lakukan!unsplash/Thiago Barletta

Kecemasan terakhir yang wajib kamu hentikan adalah mencemaskan hidup orang lain. Seberapa sayang atau peduli pun kamu pada seseorang, jangan pernah berlebihan dalam mencemaskan hidupnya. Kecemasan mu gak akan membantu apa-apa, lho. Apalagi jika kamu hanya menghabiskan waktu dengan memikirkannya aja dan gak melakukan sesuatu untuk membantunya.

Rasa cemas adalah energi negatif yang lebih baik disalurkan dengan cara yang tepat. Kalau gak, kamu akan terjebak dengan pikiran-pikiranmu sendiri dan kesulitan untuk keluar dari perangkap tersebut. Lama-kelamaan, kecemasan ini akan menjadi bumerang kalau gak segera kamu atasi. Gak mau kan?

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Dipikirkan Sebelum Mencemaskan Masa Depanmu

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya