Comscore Tracker

Sadarkan Dirimu dengan 5 Pemikiran Ini Sebelum Berbuat Jahat

Karma itu beneran ada, bro!

Emosi yang membuncah, dan perasaan benci yang kian memuncak, seringkali menggiring kita pada perbuatan jahat yang merugikan gak cuma orang yang bersangkutan, tapi juga diri sendiri. Ketika apapun yang dilakukannya terasa salah dan seolah kita berhak memperlakukan orang tersebut sesuka hati kita, mendorong kita untuk berbuat jahat dan semena-mena kepadanya.

Coba deh, sebelum mulai mengambil tindakan dengan berbuat sesuatu yang gak bisa dibenarkan baik secara moral maupun hukum, pertimbangkan dulu lima hal berikut.

1. Jangan melakukan sesuatu kepada orang lain jika kamu tidak ingin diperlakukan seperti itu juga

Sadarkan Dirimu dengan 5 Pemikiran Ini Sebelum Berbuat Jahatunsplash/Ashley Jurius

Penting bagi kamu untuk bertanya kepada diri sendiri dulu sebelum melakukan sesuatu kepada seseorang. Apalagi jika kamu ingin berbuat jahat. "Apakah kamu mau diperlakukan serupa? Bagaimana jika seseorang memperlakukanmu seperti itu? Apakah kamu akan marah?" Pertanyaan-pertanyaan ini akan membuat kamu bisa membedakan antara perbuatan baik dan buruk dan keputusan apa yang akan kamu ambil setelahnya.

2. Pertimbangkan risiko yang harus kamu hadapi setelahnya

Sadarkan Dirimu dengan 5 Pemikiran Ini Sebelum Berbuat Jahatunsplash/Icons8 team

Sebelum khilaf dan kasat mata, coba deh duduk dan renungkan kembali risiko yang akan kamu dapat setelah melakukan tindakan yang tidak baik. Baik itu risiko jangka pendek, maupun jangka panjangnya. Ingatlah bahwa segala keputusan dan tindakan yang kita ambil, akan selalu ada risiko yang mengiringinya. 

Baca Juga: Alasan ‘Orang Jahat Lahir dari Orang Baik Tersakiti' Tak Selalu Benar

3. Apakah kamu akan bahagia jika melakukan hal tersebut?

Sadarkan Dirimu dengan 5 Pemikiran Ini Sebelum Berbuat Jahatunsplash/Alex Mihai C

Bukankah semua yang kita lakukan seringkali demi kebahagiaan pribadi kita? Nah, dari tindakan buruk yang akan kamu ambil tersebut, apakah kamu akan merasakan dan mendapatkan kebahagiaan. Coba pikirkan masak-masak dulu deh.

4. Bagaimana anggapan orang-orang jika mereka tahu perbuatanmu tersebut

Sadarkan Dirimu dengan 5 Pemikiran Ini Sebelum Berbuat Jahatunsplash/Priscilla Du Preez

Meski kita gak harus selalu memikirkan anggapan orang tentang kita. Namun, sebagai makhluk sosial, penting juga lo untuk mendengarkan pendapat orang dalam beberapa aspek hidup kita. So, pikirkan kembali bagaimana orang-orang akan menilai dirimu jika kamu sampai melakukan tindakan yang buruk tersebut. 

5. Ingat, karma pasti berlaku

Sadarkan Dirimu dengan 5 Pemikiran Ini Sebelum Berbuat Jahatunsplash/Aziz Acharki

Tindakan buruk dan jahat yang ditujukan baik kepada diri sendiri maupun orang lain sudah jelas gak akan menguntungkan kita sedikitpun. Juga, karma akan berbalik menyerang kita meskipun dalam bentuk yang berbeda jauh.

Selain itu, jika kita menjadi orang yang jahat, akan sulit sekali bagi kita untuk merasakan kebahagiaan. Karena hati nurani kita sudah diciptakan untuk selalu condong kepada kebaikan. Sekarang, pilihan ada di tanganmu, masih tetap ingin berbuat jahat, atau berubah menjadi orang yang lebih baik?

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Sudah Jahat kepada Diri Sendiri, Segeralah Berubah

Desy Damay Photo Community Writer Desy Damay

part time writer, half time teacher, and full time daughter. you can kindly send me an email to: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You