Comscore Tracker

Ini 5 Tanda Kebiasaan Overthinkingmu Sudah Mulai Berlebihan

Apa tidurmu nyenyak akhir-akhir ini?

Overthinking adalah kebiasaan buruk yang sayangnya masih sering dilakukan oleh semua orang. Terkadang, kebiasaan satu ini juga bisa muncul dan hilang tanpa bisa kita kendalikan. Terutama saat kita harus menghadapi suatu momen yang teramat penting. Entah kenapa penyakit overthinking pun kambuh dengan sendirinya.

Pada beberapa situasi, overthinking sebenarnya masih bisa dimaklumi sebagai sebuah reaksi normal yang dialami banyak orang. Namun, jika kamu sampai merasakan lima hal berikut maka itu tandanya overthinking-mu sudah mulai berlebihan dan perlu segera ditangani dengan tepat.

1. Gampang panik dan histeris

Ini 5 Tanda Kebiasaan Overthinkingmu Sudah Mulai Berlebihanunsplash/Alexis Mora Angelo

Kebiasaan mu memikirkan segalanya dengan berlebihan akan gampang terdeteksi jika hal itu membuat kamu diserang kepanikan saat harus melakukannya. Gak cuma panik, kamu juga jadi mengalami histeria yang gak biasa. Ini akan merugikan diri sendiri jika gak segera dicari solusinya. Konsultasikan sama orang yang tepat cukup disarankan, lho.

2. Mudah marah dan sensitif abis

Ini 5 Tanda Kebiasaan Overthinkingmu Sudah Mulai Berlebihanpexels/Engin Akyurt

Jadi sensitif dan mudah marah juga menjadi pertanda bahwa kebiasaan overthinking-mu berlebihan. Mungkin ada pikiran-pikiran yang mengganggumu belakangan ini dan gak bisa kamu selesaikan sendiri. Jangan khawatir, banyak kok orang yang peduli sama kamu di luar sana. Coba deh diskusikan dengan mereka.

Baca Juga: 5 Dampak Pikiran yang Terjadi Saat Kamu Overthinking dengan Pekerjaan

3. Merasakan perasaan cemas dan takut tanpa alasan yang jelas

Ini 5 Tanda Kebiasaan Overthinkingmu Sudah Mulai Berlebihanpexels/Inzmam Khan

Rasa cemas dan takut yang gak wajar dan sama sekali gak beralasan juga salah satu dari beberapa tanda bahwa overthinking-mu mulai berlebihan. Ini semua bisa muncul akibat pikiran dan kemungkinan terburuk yang selalu kamu bayangkan sendiri. Sehingga, tubuhmu bereaksi dengan cara demikian.

4. Sulit berkonsentrasi saat bekerja atau belajar

Ini 5 Tanda Kebiasaan Overthinkingmu Sudah Mulai Berlebihanunsplash/Gabriel Gonzalez

Overthinking yang berlebihan akan mengganggu aktivitasmu karena kamu jadi gak fokus melakukan hal apapun. Ujung-ujungnya kamu jadi membuat banyak kesalahan dan gak bisa memberikan hasil yang maksimal. Kalau sudah begini, jangan salahkan siapa-siapa jika kemungkinan terburuk yang kamu pikirkan malah kejadian benaran.

5. Memiliki gangguan tidur

Ini 5 Tanda Kebiasaan Overthinkingmu Sudah Mulai Berlebihanpexels/Ryanniel Masucol

Apapun yang ada di benak kita akan berpengaruh ke alam bawah sadar tanpa benar-benar kita sadari. Inilah yang menyebabkan kenapa saat kita ingin menghadapi suatu momen penting, kita malah susah tidur padahal merasa sangat kelelahan secara fisik. Apa kalian pernah merasakan kejadian seperti ini?

Overthinking seringkali gak bisa kita hindari. Namun, bukan berarti kita gak bisa meminimalisirnya, lho. Mencari tempat yang tepat untuk berbagi dan mengalihkan pikiran pada hal-hal yang membuatmu bahagia bisa dijadikan solusinya. Gak mau kan pikiranmu malah jadi jebakan bagi dirimu sendiri?

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Agar Kamu Gak Overthinking, Penyebab Cemburu Lho!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya