Comscore Tracker

5 Tanda Sebaiknya Gak Tinggal dengan Orangtua di Usia 20an

Sudah siap hidup mandiri?

Hidup terpisah dengan orangtua di usia 20an adalah hal yang biasa bagi budaya barat. Meskipun terlihat keras, ternyata ada banyak hal baik di balik budaya ini. Budaya ini juga tidak memihak gender tertentu. Perempuan ataupun laki-laki memiliki hak yang sama.

Bagi orangtua, bukanlah hal yang mudah untuk melepaskan anak hidup terpisah. Tetapi, asalkan memiliki alasan yang jelas orangtua mengizinkan demi masa depan anaknya. Yuk, simak tanda-tanda sebaiknya kamu tinggal terpisah dengan orangtua di bawah ini.

1. Orangtua berbeda pandangan dengan anak

5 Tanda Sebaiknya Gak Tinggal dengan Orangtua di Usia 20anpexels/iamdarosaa

Zaman orangtua tentulah tidak sama dengan zaman anak sekarang. Begitu pula dengan pandangan yang dianut masing-masingnya. Banyaknya perbedaan pandangan terkadang membuat anak tidak nyaman dan tidak leluasa untuk memutuskan sesuatu yang terkait dengan masa depannya.

Kalau kamu memiliki pandangan yang jauh berbeda dengan orangtuamu, bisa jadi itulah pertanda sebaiknya kamu tinggal terpisah dengan orangtua. Tapi, jangan lupa pikirkan matang-matang ya!

2. Lebih maksimal berkarya

5 Tanda Sebaiknya Gak Tinggal dengan Orangtua di Usia 20anpexels/olly

Di era yang serba digital ini segala bentuk kegiatan tidak bisa jauh-jauh dari teknologi. Tidak semua orangtua paham apa yang sedang kita kerjakan. Mulai dari belajar hingga bekerja dapat dilakukan menggunakan teknologi kapan pun dan di mana pun. 

Dengan tinggal terpisah dengan orangtua, kamu bisa lebih leluasa untuk berkarya tanpa adanya gangguan. Tapi, jangan lupa jelaskan kepada orangtua baik-baik ya!

Baca Juga: 6 Hal yang Harus Diingat Saat Masih Tinggal dengan Orangtua di Usia 25

3. Fokus dengan tujuan hidup

5 Tanda Sebaiknya Gak Tinggal dengan Orangtua di Usia 20anpexels/tirachard-kumtanom-112571

Seringkali kesendirian akan membuat seseorang berpikir lebih jernih dan fokus. Saat hidup terpisah dengan orangtua, kamu akan bisa lebih mengenal dirimu sendiri dan memahami tujuan hidupmu. Tanpa adanya pertanyaan yang mengganggu, kamu akan lebih bisa fokus dengan hal-hal yang menjadi tujuan hidupmu. 

4. Belajar bertanggung jawab

5 Tanda Sebaiknya Gak Tinggal dengan Orangtua di Usia 20anpexels/cottonbro

Saat tinggal terpisah dengan orangtua, kamu akan mendapatkan banyak kebebasan. Tetapi, kamu juga harus belajar untuk mengurus dirimu sendiri. Melakukan pekerjaan rumah seperti berbenah dan memasak. Kamu akan lebih bisa belajar untuk bertanggung jawab dengan dirimu sendiri. 

5. Melatih hidup mandiri

5 Tanda Sebaiknya Gak Tinggal dengan Orangtua di Usia 20anpexels/olly

Yang paling utama dari hidup terpisah dari orangtua adalah melatihmu untuk hidup mandiri. Jika di rumah kamu bisa tinggal nyaman tanpa berpikir, saat sendiri kamu akan dilatih untuk terus berpikir. Meninggalkan zona nyaman dengan berusaha menyelesaikan setiap permasalahan sendiri. 

Tidak semua orangtua akan paham dengan kondisi anaknya. Tetapi, saat kamu merasakan banyak hal yang membuatmu terhambat kamu bisa mengungkapkannya dengan cara baik-baik. 

Baca Juga: 5 Basic Skill yang Harus Dikuasai saat Kamu Ingin Hidup Mandiri 

dea merina Photo Writer dea merina

deamerina.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya