Comscore Tracker

Terapkan 5 Motivasi Ini agar Tetap Semangat Belajar

Demi masa depan kamu sendiri, lho!

Belajar pelajaran sekolah ataupun kuliah menjadi hal yang membosankan bagi sebagian pelajar. Padahal, belajar adalah jalan untuk menuju kesuksesan. Ada banyak hal yang membuat siswa malas untuk belajar. Contohnya bermain game, hangout dengan teman, bahkan malas belajar karena tidak paham dengan materi yang diajarkan. Duh, padahal kalau tidak paham kan kita harus belajar.

Hal-hal yang menghambat kita untuk semangat belajar bisa diminimalkan, lho! Kalian bisa memulainya dari diri sendiri. Untuk kalian yang malas belajar, simak lima tips agar selalu semangat! 

1. Ingatlah orangtua kalian

Terapkan 5 Motivasi Ini agar Tetap Semangat Belajarilustrasi orang tua (pexels.com/Agung Pandit Wiguna)

Ketika malas belajar, ingatlah wajah orangtua yang selalu berharap kita menjadi pribadi yang baik dan pandai. Lantas, kalau kita bermalas-malasan, bagaimana wajah kecewa orangtua kita?

Tentunya kalian tidak mau melihatnya kan? Oleh sebab itu, orangtua harus menjadi motivasi yang kuat agar kita semangat dan mencapai kesuksesan. Jangan kecewakan orangtuamu, ya! 

2. Tentukan tujuan dan cita-cita

Terapkan 5 Motivasi Ini agar Tetap Semangat Belajarilustrasi tujuan hidup (pexels.com/RODNAE Productions)

Dalam hidup, kita harus memiliki sebuah tujuan. Karena dengan tujuan tersebut, kita akan lebih terarah dan semangat untuk belajar. Agar tujuan kita tercapai, tentulah kita harus berusaha sungguh-sungguh untuk mewujudkannya. Jangan sampai menyesal di kemudian hari karena bermalas-malasan, ya.

Baca Juga: Jangan Dipaksa, Ini 6 Cara Tepat Meningkatkan Motivasi Belajar Anak

3. Belajar demi diri sendiri

Terapkan 5 Motivasi Ini agar Tetap Semangat Belajarilustrasi semangat belajar (pexels.com/Zen Chung)

Selain kepada orang tua, diri kita sendiri bisa menjadi alasan mengapa kita harus selalu semangat belajar. Ketika kita belajar dan sukses, maka kebahagiaan tersebut tentunya akan kita rasakan sendiri.

Ketika kita gagal dan kesusahan, kerugian juga akan kita tanggung sendiri, kan? Maka dari itu, belajar dengan sungguh-sungguh merupakan bentuk kasih sayang kepada diri kita sendiri.

4. Tidak ada hal yang instan

Terapkan 5 Motivasi Ini agar Tetap Semangat Belajarilustrasi giat belajar (pexels.com/Andrea piacquadio)

Tidak ada sebuah keberhasilan yang instan. Bahkan, untuk orang-orang sukses yang terkenal di dunia pun, mereka telah melewati proses yang panjang. Mereka yang sukses adalah orang yang rela untuk bekerja keras lebih dari orang lain. Mereka tahu tujuan yang akan dicapai, dan langkah demi langkah mereka lalui untuk mencapainya. Karena, hasil gak akan mengkhianati usaha. So, jangan ragu untuk belajar dengan giat, karena hal tersebut akan kita tuai nantinya.

5. Masa muda tidak datang dua kali

Terapkan 5 Motivasi Ini agar Tetap Semangat Belajarilustrasi orang sukses (pexels.com/The Lazy Artist GAllery)

Banyak yang beranggapan bahwa masa muda harus dihabiskan dengan bersenang-senang. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah. Namun, masa muda seharusnya digunakan untuk belajar dengan giat, agar kita tidak kesusahan di masa tua nanti. Kita harus berlomba untuk mendapatkan prestasi yang membanggakan. Bersenang-senang boleh kita lakukan asalkan dengan porsi yang wajar. Jangan lupa bahwa masa muda adalah investasi kita untuk masa depan.

Banyak motivasi agar kita selalu semangat untuk belajar. Kebanyakan motivasi tersebut datang dari diri sendiri. Jangan sampai kita menjadi orang-orang yang menyesal karena tidak bekerja keras di usia muda. Tak ada ruginya untuk belajar. Sebaliknya, belajar akan mendatangkan kita pada kesuksesan.

Baca Juga: Bukan Salah Jurusan, Ini 5 Tanda Kamu Cuma Kurang Motivasi Belajar

Desti Ani Photo Verified Writer Desti Ani

Berbagi pengetahuan, motivasi, dan hal yang saya suka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya