Comscore Tracker

Mindset Optimis Salman Subakat Jadi Modal Kesuksesan Wardah

Gak perlu takut menjadi unik dan beda

Jakarta, IDN Times - Salman Subakat, CMO PT Paragon Technology and Innovation, ikut ambil bagian dalam kemeriahan Indonesia Millennial Summit 2019 yang digelar IDN Times di Kempinski Grand Ballroom Jakarta Sabtu (19/01) lalu.

Menghadirkan puluhan pembicara kece yang ahli di bidangnya masing-masing, Indonesia Millennial Summit 2019 menjadi wadah belajar menarik buat para generasi muda.

Hadir di sesi pertama, Salman bercerita banyak soal caranya menyeimbangkan performa bisnis dengan membangun kultur positif di perusahaan. Toleransi dan komunikasi, dua modal penting yang membawa kesuksesan di usaha milik keluarganya itu.

1. Salman percaya, kultur yang terbangun pasti menular ke lingkungan sekitar

Mindset Optimis Salman Subakat Jadi Modal Kesuksesan Wardah

Saat pertama kali bergabung, PT Paragon Technology and Innovation belum sebesar sekarang. Namun ada satu hal yang menarik perhatian Salman, kultur positif di perusahaan ini sudah terbangun dengan kuat.

Salman berusaha menjaga budaya religius dan toleransi ini sampai sekarang. Karena dia percaya, kultur positif yang terus dijaga akan menular ke lingkungan sekitar.

2. Berstatus anak pemilik perusahaan, Salman tetap bekerja keras untuk meraih tujuan

Mindset Optimis Salman Subakat Jadi Modal Kesuksesan WardahInstagram/indonesia.millennial.summit

Meski berstatus anak kandung dari pendiri sekaligus CEO PT Paragon Technology and Innovation, Salman tak lantas menganggapnya sebagai keuntungan. Pada awal bergabung, dia tetap menempatkan diri sebagai karyawan baru yang harus segera beradaptasi dengan kultur perusahaan.

Salman sempat merangkap jabatan sebagai manajer dan supervisor sekaligus saat awal bergabung dengan PT Paragon Technology and Innovation di tahun 2003. Bergonta-ganti strategi sudah pasti dilakukan. Dari kerja kerasnya ini, Wardah mampu menjadi market leader kosmetik Indonesia sejak tahun 2014.

Baca Juga: Peta Baru PT Paragon Technology and Innovation Hadapi Tahun 2019

3. Ditanya soal strategi andalannya, Salman bilang, "Pokoknya harus selalu optimis."

Mindset Optimis Salman Subakat Jadi Modal Kesuksesan WardahInstagram/wardahbeauty

Selain Wardah, PT Paragon Technology and Innovation juga memproduksi sejumlah brand kosmetik dan skin care. Sebut saja Emina dan Make Over yang juga memiliki pasar yang cukup besar setelah Wardah.

Pasti penasaran kan apa resep rahasia Salman bisa membuat perusahaannya bertahan dalam persaingan bisnis? Dia bilang, optimisme adalah kuncinya. Tidak hanya dia sendiri yang memegang prinsip ini, tapi juga ditularkan pada seluruh staff di sana.

Sebelum industri kosmetik menjamur seperti sekarang, Salman sering menjadi satu-satunya orang Indonesia yang bergabung di pameran bahan industri kecantikan tingkat internasional.

Bukannya pesimis atau minder, Salman justru merasa bangga. Di saat orang Indonesia lainnya belum ada yang serius menggarap market produk kecantikan, dia sudah memulainya lebih awal.

Pesan positif nih buat para generasi millennial, punya sikap optimis ternyata penting banget lho. Gak perlu malu menjadi unik dan beda dengan sikap optimismu. Karena ketika kamu yakin pada diri sendiri, gak ada yang bisa menggoyahkanmu untuk meraih tujuan. 

Baca Juga: Cerita Inspiratif Salman Subakat, Penerus Pemilik Kosmetik Wardah

Arthasalina Photo Community Writer Arthasalina

bukan orang penting, kecuali anda mementingkan saya. kadang-kadang ngoceh di instagram @arthasalina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You