Comscore Tracker

Merasa Sedih itu Baik, Kamu Tidak Perlu Menghindarinya

Dalam hidup bahagia dan sedih akan datang silih berganti

Sebagai manusia, rasa senang, sedih, marah, atau kecewa bisa datang silih berganti. Banyak dari kita yang menginginkan untuk bahagia. Dan tidak sedikit yang menghindari untuk bersedih bagaimanapun kondisinya. Rasa sedih bagi sebagian orang adalah kondisi yang sama sekali tidak diinginkan. 

Banyak hal yang dapat menyebabkan kesedihan diantaranya kegagalan, kematian orang sekitar, putus cinta, diabaikan, rindu pada seseorang, mengalami masalah keluarga, dan masih banyak lagi. Sedih adalah salah satu emosi yang sangat manusiawi. Namun banyak yang beranggapan bahwa sedih itu adalah suatu perasaan yang buruk hingga lupa bahwa kesedihan juga memiliki manfaat terhadap psikis dan psikologis.

Dengan metode Functional Magnetic Resonance Imaging (fMRI), ilmuwan meneliti tentang kesedihan dan bagaimana pengaruhnya terhadap cara kerja otak yang terhadap pikiran dan perilaku secara positif. Berikut ini rangkuman 4 manfaat yang bisa kamu dapat dari merasa sedih. 

1. Sedih dapat meningkatkan daya ingat

Merasa Sedih itu Baik, Kamu Tidak Perlu MenghindarinyaUnsplash/ Kleiton Silva

Kejadian yang menyebabkan kesedihan dapat menjadi sebuah aktivitas insidental yang akan terekam kuat dalam memori. Ketika seseorang merasa sedih dan mood dalam kondisi negatif ternyata meningkatkan kemampuannya dalam mengingat hal-hal detail dan memiliki manfaat baik untuk daya ingat.

2. Sedih dapat meningkatkan kemampuan dalam mengambil keputusan

Merasa Sedih itu Baik, Kamu Tidak Perlu MenghindarinyaPexels/ Rene Asmussen

Seseorang yang memiliki suasana hati yang sedih ternyata memiliki akurasi penilaian yang lebih baik terhadap suatu kesan yang didapatkan dan dia cenderung lebih detail dalam melihat suatu permasalahan.

3. Sedih dapat meningkatkan motivasi

Merasa Sedih itu Baik, Kamu Tidak Perlu MenghindarinyaPexels/Austin Guevara

Baca Juga: Jangan Bersedih Dulu, Ini 5 Hikmah dari Kegagalan yang Kamu Alami

Ketika kamu merasa sedih akan suatu permasalahan atau kegagalan yang dihadapi, itu dapat menjadi dorongan bagi kamu untuk memperbaiki kesalahan di masa lalu agar kejadian serupa tidak terulang lagi.

4. Sedih dapat membuatmu menjadi orang yang lebih baik

Merasa Sedih itu Baik, Kamu Tidak Perlu MenghindarinyaUnsplash/Pietra Schwarzler

Kesedihan yang dialami seseorang kerap kali berkaitan dengan dampak atas perilaku orang lain atau keputusan yang diperoleh kurang menguntungkan. Dari pengalaman kesedihan yang diterimanya, ia akan berusaha menjadi seseorang yang tidak merugikan orang lain agar tidak menimbulkan kesedihan pada orang lain. Kondisi ini juga mendorong dirinya untuk dapat membuat keputusan seadil-adilnya dalam suatu permasalahan yang dihadapi agat tidak ada satu pihak yang dirugikan.

Bersedih itu baik, tapi jangan sampai berlarut-larut ya. Kesedihan yang berlebihan dapat memicu sampai kepada tingkat depresi. Kamu sendiri yang bisa mengontrol perasaan yang dialami agar kesedihan itu bisa memberikan efek positif pada kehidupan kamu ke depannya.

Baca Juga: Jangan Sedih! Ini 7 Cara Menghadapi Teman Sekantor yang Resign

Dita Anitya I Photo Verified Writer Dita Anitya I

I love minimalism!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya