Comscore Tracker

Kualitas Tidur Terganggu, Ini 5 Kebiasan Menjelang Tidur yang Salah

Siapa, nih, yang masih suka ngemil sebelum tidur?

Melakukan aktivitas sepanjang hari pastinya akan membuat tubuh dan pikiranmu kelelahan. Pulang ke rumah dan menikmati waktu istirahat adalah hal yang paling kamu dambakan, apalagi jika sudah akan memasuki penghujung hari. Akan tetapi, secara tidak sadar kamu justru melakukan kegiatan-kegiatan yang mengganggu kualitas tidurmu.

Tidur adalah salah satu kebutuhan kita sebagai manusia. Tidur yang cukup dan berkualitas dapat membuat kita menjadi lebih segar dan siap untuk beraktivitas pada keesokan harinya. Biar kamu sadar, inilah 5 kebiasaan buruk sebelum tidur yang sering kali dilakukan.

1. Waktu tidur tidak konsisten

Kualitas Tidur Terganggu, Ini 5 Kebiasan Menjelang Tidur yang Salahilustrasi orang tidur (pexels.com/Miriam Alonso)

Kamu mungkin menganggap sepele soal pola jam tidurmu. Perbedaan waktu tidur ternyata dapat berdampak buruk karena menyebabkan tubuhmu tidak tahu kapan waktunya kamu merasa lelah dan butuh istirahat. Ini bisa menyebabkan kualitas tidurmu terganggu dan kamu tidak dapat beraktivitas dengan optimal di siang hari.

Kamu bisa menjaga konsistensi waktu tidurmu dengan menetapkan waktu tertentu di malam hari ketika kamu sudah merasa lelah. Setelahnya, kamu perlu untuk mempertahankan waktu tersebut yang diimbangi dengan manajemen waktu yang baik untuk melakukan aktivitasmu sebelum waktu istirahat.

2. Terlalu sibuk sesaat sebelum tidur

Kualitas Tidur Terganggu, Ini 5 Kebiasan Menjelang Tidur yang Salahilustrasi orang kelelahan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Beberapa orang, terutama saat menjalankan work from home (WFH), cenderung menggunakan kamar tidur sebagai ruangan serbaguna. Tuntutan kuliah atau pekerjaan membuat pikiran kita selalu sibuk bahkan ketika sudah mendekati penghujung hari. Untuk mengatasinya, kamu dapat membuat batasan-batasan terhadap dirimu sendiri.

Tubuh kita cenderung sulit untuk menerima perubahan mendadak. Dikarenakan tidur merupakan aktivitas yang santai dan menenangkan, cobalah untuk membuat ritual sebelum tidur yang membuatmu rileks. Kamu dapat membaca buku atau mendengarkan musik yang menenangkan dari rentang 30 sampai 60 menit sebelum waktu tidurmu.

Baca Juga: Begini Posisi Tidur Terbaik untuk Ibu Hamil, Tidur Nyenyak!

3. Bermain handphone sebelum tidur

Kualitas Tidur Terganggu, Ini 5 Kebiasan Menjelang Tidur yang Salahilustrasi orang bermain handphone (pexels.com/SHVETS production)

Sebenarnya, kebanyakan dari kita sudah mengetahui bahwa bermain handphone sebelum tidur adalah sesuatu yang dapat mengganggu kualitas tidur. Akan tetapi banyak orang yang masih melakukannya. Salah satu alasannya adalah sebagai pelampiasan kita karena tidak dapat melakukannya di jam kuliah atau kerja.

Jika kamu menginginkan pola hidup yang lebih sehat, mulai membiasakan diri untuk menjauhkan handphone sejam sebelum tidur akan sangat membantu. Bisa dibayangkan jika kamu tiba-tiba menerima e-mail tentang pekerjaan, bukannya berada dalam mode istirahat, otakmu akan kembali lagi dalam mode aktif.

4. Makan berlebihan sebelum tidur

Kualitas Tidur Terganggu, Ini 5 Kebiasan Menjelang Tidur yang Salahilustrasi makan sebelum tidur (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Menonton tayangan televisi hingga larut malam sering kali membuatmu juga ingin ngemil, bukan? Kebiasaan ini justru malah membuat waktu tidurmu menjadi tidak berkualitas. Tubuh kita memerlukan waktu untuk mencerna semua makanan tersebut sebelum kita tidur.

Makan sebelum tidur dapat memicu adanya masalah pencernaan, seperti mulas yang tentunya membuat persiapan tidurmu menjadi tidak optimal sehingga menganggu kualitas tidurmu sendiri. Usahakanlah untuk makan 2 sampai 3 jam sebelum waktu tidur agar tubuhmu bisa mencerna dan bersiap untuk beristirahat.

5. Melakukan olahraga berat sebelum tidur

Kualitas Tidur Terganggu, Ini 5 Kebiasan Menjelang Tidur yang Salahilustrasi orang olahraga (pexels.com/Tim Samuel)

Olahraga memanglah penting untuk dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh kita. Namun, banyak orang yang dilanda dilema terkait dengan olahraga di waktu menjelang tidur. Kuliah atau kerja yang dilakukan dari pagi hingga siang hari, membuat mereka tidak sempat untuk berolahraga. Sehingga, melakukannya di malam hari menjadi satu-satunya pilihan.

Kita sebenarnya boleh saja untuk berolahraga sebelum tidur, namun olahraga yang dilakukan bukan olahraga berat. Kamu dapat melakukan olahraga ringan untuk melepas stres dan membuat tubuhmu lebih rileks. Jika kamu ingin olahraga yang lebih intens, usahakan untuk melakukannya di hari libur pada waktu yang tepat.

Menghilangkan kebiasaan buruk memang harus diawali dengan kesadaran dari dalam diri terlebih dahulu. Jika kamu sudah menyadari kebiasaanmu justru berdampak buruk terhadap kualitas tidurmu, yuk buat perubahan untuk hidup yang lebih sehat!

Baca Juga: Mau Tidur Pulas? Hindari Olahraga 2 Jam Sebelum Tidur, Ini Alasannya!

Dwi Nantari Photo Verified Writer Dwi Nantari

Find me: IG (@dwinantarii) | LinkedIn (Sandyarani Dwi Nantari)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya