Comscore Tracker

5 Cara Mengatasi Writer's Block yang Bisa Kamu Coba

Bisa membantu kamu semangat menulis nih!

Writer's block adalah salah satu istilah yang menjelaskan suatu keadaan yang seorang penulis tidak bisa melanjutkan tulisannya atau sang penulis sedang mengalami kebuntuan. Writer's block ini memanglah sudah menjadi musuh utama para penulis.

Nah, jika kamu sedang menulis dan mengalami kebuntuan mungkin kamu bisa mencoba beberapa cara berikut ini untuk membantumu. Simak yuk ulasannya!

1. Banyak-banyak membaca buku

5 Cara Mengatasi Writer's Block yang Bisa Kamu Cobailustrasi membaca buku (pexels.com/Yaroslav Shuraev)

Salah satu cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi writer's block adalah dengan membaca buku, tentu semua orang pasti tahu manfaat dari membaca buku.

Selain menambah wawasan, membaca buku bisa membantu kamu untuk menambah kosakata dan juga bisa menumbuhkan inspirasi loh. Jadi, jangan malas-malasan untuk membaca buku lagi ya!

2. Melakukan freewriting

5 Cara Mengatasi Writer's Block yang Bisa Kamu Cobailustrasi menulis (pexels.com/Anthony Shkraba)

Buat kamu yang gak tahu apa itu freewriting, itu adalah teknik menulis yang seorang penulis bisa menulis apa saja tanpa memperhatikan topik, ejaan, dan tata bahasa. Secara tidak langsung kamu hanya menulis hal-hal yang kamu inginkan saja, tanpa harus terikat dengan suatu kerangka cerita atau struktur lainnya.

Kalau kamu tidak menemukan suatu ide untuk ditulis, maka kamu bisa mencoret-coret kertas kamu tentang apa saja.

Baca Juga: 5 Momen Waktu Inspiratif agar Lancar Menulis, Bye Writer's Block

3. Tetaplah menulis

5 Cara Mengatasi Writer's Block yang Bisa Kamu Cobailustrasi membuat cerita (pexels.com/cottonbro)

Tetaplah untuk menulis jika kamu sedang mengalami writer's block. Jika kamu menulis sebuah artikel dan kamu merasa suntuk, maka tidak ada salahnya jika kamu mencoba menulis hal yang lain seperti puisi atau novel. Dengan cara seperti ini akan membantu kamu untuk mempertahankan rutinitas menulismu.

4. Mencari suasana baru

5 Cara Mengatasi Writer's Block yang Bisa Kamu Cobailustrasi menulis di taman (pexels.com/Zen Chung)

Suasana merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam menyebabkan turun naiknya semangat dalam melakukan hal apapun itu. Jadi, jika kamu merasa bosan dengan suasana lama saat kamu menulis mungkin kamu harus mengubah ke suasana yang baru. Seperti pergi ke kafe atau ke taman untuk melanjutkan tulisanmu.

5. Istirahatlah

5 Cara Mengatasi Writer's Block yang Bisa Kamu Cobailustrasi istirahat (pexels.com/Mentatdgt)

Jika kamu sudah lelah dengan tulisan-tulisan dan sudah tak kuat lagi untuk menulis, maka beristirahatlah sejenak atau beberapa waktu yang kamu butuhkan. Setelah kamu sudah cukup semangat untuk mengerjakan tulisan mu, maka kerjakanlah dengan pandangan baru.

Atau mungkin kamu juga bisa mengatasinya dengan jalan-jalan, jadi, jika kamu sedang suntuk saat menulis keluar lah sebentar untuk menghirup udara segar.

Nah, itulah beberapa cara yang mungkin bisa membantu kamu untuk mengatasi writer's block. Jadi, jika kamu sedang mengalami kebuntuan saat menulis, bisa nih, kamu mencobanya. Semoga bermanfaat ya! Dan tetap semangat!

Baca Juga: 5 Trik Jitu untuk Keluar dari Jebakan Writer's Block

Dyah Sekar A Photo Verified Writer Dyah Sekar A

Nothing special about me ☀️☀️ dyahsekararuni@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya