Comscore Tracker

Sedang Banyak Masalah? Inilah 5 Mindset yang Bisa Menguatkan Hidupmu

Yakinlah! Masalah akan mengajarkanmu hal-hal besar

Hidup memang terasa begitu berat, apalagi jika hidup dipenuhi dengan masalah yang datang silih berganti. Rasanya sudah tidak mungkin lagi menyelesaikan semua masalah yang datang bertubi-tubi. Ketika satu masalah baru saja selesai, tiba- tiba bermunculan masalah- masalah yang baru lagi.

Seakan menyerah dan pasrah menjadi satu- satunya pilihan. Bahkan masalah membawa dampak yang lebih besar seperti stres, gangguan mental, depresi, bahkan bunuh diri. Terdengar begitu menakutkan memang, tetapi begitulah kenyataan pahit yang dialami oleh sebagian orang.

Bukan hidup namanya apabila tidak ada masalah. masalah memang hal yang lumrah terjadi, dan setiap orang pasti pernah mengalaminya. Ibarat dua buah mata koin, masalah tidak selalu membawa dampak negatif, tetapi juga membawa kita kepada hal-hal yang positif.

Nah, agar kita selalu berada pada hal-hal yang positif dalam menyikapi suatu permasalahan kita harus mengetahui 5 mindset yang dapat menguatkan hidup. Apa saja itu? Simak, yuk! 

1. Banyaknya masalah bukan berarti kehidupanmu paling menyedihkan

Sedang Banyak Masalah? Inilah 5 Mindset yang Bisa Menguatkan HidupmuPixabay.com/sasint

Sedih di kala kamu sedang menghadapi tumpukan permasalahan adalah suatu hal yang wajar. Namun yang tidak wajar adalah ketika kamu merasa bahwa hidupmu paling menyedihkan. Jangan pernah merasa hidupmu paling menyedihkan hanya karena banyak masalah yang belum bisa kamu selesaikan. Justru hidupmu begitu hebat karena tetap bertahan dan berusaha keras untuk menyelesaikannya. 

Ketimbang menghabiskan waktu untuk bersedih atas semua tumpukan masalahmu, lebih baik habiskan waktu untuk hal yang lebih bermanfaat. Seperti berolahraga, liburan, membaca buku, kegiatan sosial, dan kegiatan lainnya.

Ingat! masalah tidak boleh mengubah kehidupanmu, tetapi kehidupanmu harus mengubah masalah menjadi sebuah kesempatan untuk mengembangkan potensi diri.

2. Masalah adalah tanda Tuhan mempercayaimu, jadi belajarlah menerimanya!

Sedang Banyak Masalah? Inilah 5 Mindset yang Bisa Menguatkan HidupmuPexels.com/Kim Stiver

Kebanyakan orang mengeluh ketika diterpa berbagai permasalahan, padahal mengeluh tidak memberikan solusi apa- apa. Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika diterpa berbagai permasalahan bukanlah mengeluh, tetapi menerima masalah tersebut. Mengapa demikian? karena kita tidak pernah diberi kesempatan untuk menolak, mau tidak mau kita harus menerimanya.

Apakah kamu percaya bahwa masalah yang kamu hadapi saat ini datangnya dari Tuhan? Jika iya, maka kamu juga harus percaya bahwa Tuhan memberikan masalah tersebut kepadamu bukan tanpa sebab melainkan karena Tuhan tau hanya kamu yang dapat menyelesaikannya.

Kalau Tuhan saja percaya kamu dapat menyelesaikannya, mengapa kamu malah mengeluh? Jadi, belajarlah untuk menerima masalah yang kamu hadapi lalu yakinkan dirimu bahwa kamu dapat menyelesaikannya. 

Baca Juga: 6 Mindset agar Berbesar Hati Menerima Keadaan yang Kamu Alami

3. Semakin dipikirkan semakin berat pula masalah tersebut diselesaikan

Sedang Banyak Masalah? Inilah 5 Mindset yang Bisa Menguatkan HidupmuPixabay.com/geralt

Kesalahan yang sering dilakukan kebanyakan orang ketika menghadapi masalah adalah selalu memikirkan masalah tersebut. Apa kamu sering melakukannya? Jika iya, cepat hentikan kebiasaan tersebut. Karena semakin kamu memikirkannya semakin besar pula kemungkinan itu menjadi beban pikiranmu. Jika sudah begitu kamu akan sulit mengontrol emosi, mengendalikan stres, atau bahkan depresi. 

Kebiasaan memikirkan masalah dalam jangka waktu yang lama dapat dianalogikan seperti mengangkat segelas air seharian. Segelas air memang tidak begitu berat, tetapi jika kamu terus mengangkatnya seharian maka tanganmu akan pegal, sakit, bahkan mati rasa.

Ketimbang kamu terus memikirkan masalah tersebut lebih baik kamu olahraga, konsultasi dengan orang yang berpengalaman, atau menghabiskan waktu bersama orang yang kamu cintai. Masalah tidak akan pernah selesai kalau kamu hanya memikirkannya, namun masalah akan cepat selesai kalau kamu memulai tindakan menyelesaikannya. Tapi, bukan berarti kamu tidak memikirkannya sama sekali lho, ya.

4. Masalah membuatmu lebih dewasa

Sedang Banyak Masalah? Inilah 5 Mindset yang Bisa Menguatkan HidupmuUnsplash.com/Keenan Constance

Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan kalimat "Masalah membuatmu lebih dewasa". Masalah yang besar akan mengajarkanmu hal- hal yang besar agar kamu menjadi orang yang besar. Masalah membentukmu untuk lebih dewasa dalam berpikir, mengambil keputusan, kecakapan bertindak, mengontrol emosi, menjaga tutur kata, dan sebagainya. 

Mudahnya, masalah itu seperti game. Ia ingin kamu menyelesaikan semua rintangan dalam setiap tingkatannya, dari semua tingkatan itu kamu akan dibentuk menjadi seorang juara bermental baja.

Maka bersyukurlah kamu dengan diberikannya masalah itu secara tidak langsung kamu sedang dibentuk untuk menjadi seorang pemenang. Masalah memang membuatmu menjadi lebih dewasa, tapi jangan sekali-kali membuat masalah untuk jadi dewasa.

5. Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya

Sedang Banyak Masalah? Inilah 5 Mindset yang Bisa Menguatkan HidupmuPexels.com/Ingo Joseph

Ungkapan yang sangat terkenal sekali, yang meyakinkan diri kamu agar selalu semangat dalam mencari jalan keluar dari setiap permasalahan. Yakinlah bahwa di balik semua masalah pasti terselip satu jalan keluar, seperti soal ulangan yang pasti ada kunci jawabannya, seperti penyakit yang pasti ada obatnya, ataupun seperti rumah yang pasti ada pintunya. Masalah juga pasti ada jalan keluarnya.

Itulah 5 mindset yang harus kamu ketahui agar kamu selalu berpikir positif atas semua masalah yang kamu hadapi saat ini. Jadi gimana, nih sekarang, masih tetep mau nyerah atau sudah berubah pikiran untuk tetap semangat menghadapi masalah yang datang? Tulis jawabannya di kolom komentar, ya!

Baca Juga: Kenali 8 Kondisi yang Bisa Membuatmu Menyerah dalam Suatu Usaha

Echo Utomo Photo Writer Echo Utomo

Be a good boy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya