Comscore Tracker

7 Pelajaran Hidup yang Didapat Saat Jadi Penulis IDN Times Community

#GoodLife Tak melulu soal uang, ada pelajaran hidupnya juga

Segala sesuatu di dunia ini bisa dijadikan sebagai pelajaran. Hal ini tak selalu kamu dapatkan dari buku yang kamu baca. Kebanyakan pelajaran hidup itu kamu dapatkan dari keadaan yang ada di sekitarmu, terlebih lagi dari apa yang pernah kamu alami. Termasuk juga saat kamu tergabung di Community Writer di IDNTimes.

Buat kamu yang tergabung dalam komunitas penulis di IDNTimes, kamu pasti juga menyadari bahwa banyak manfaat dan pelajaran hidup juga yang kamu dapatkan disini. Tak melulu soal uang, namun 7 hal baik ini bisa jadi pelajaran hidup buatmu.

1. Melatih kesabaran

7 Pelajaran Hidup yang Didapat Saat Jadi Penulis IDN Times Communitymacleans.ca

Sebagai penulis di IDNTimes Community kamu pasti tahu jika tak semua yang kamu tulis bisa di approve oleh editor. Kamu juga pasti menyadari jika artikel yang kamu kirimkan tak selalu diterbitkan secepat yang kamu inginkan. Di sinilah kamu belajar pentingnya bersabar. Kamu harus menyadari jika kamu bukan satu-satunya penulis di IDNTimes Community. Dan untuk mendapatkan apa yang kamu inginkan tak semudah membalikkan telapak tangan. Ada proses yang harus kamu ikuti dan jalani.

2. Belajar untuk tidak mudah menyerah

7 Pelajaran Hidup yang Didapat Saat Jadi Penulis IDN Times Communitygoodbyeworkplace.com

Tulisan ditolak kamu langsung pasrah? Berarti kamu tipe yang sangat mudah menyerah. Kamu takkan pernah berhasil jika terus hidup seperti itu. J.K. Rowling saja yang merupakan penulis terkenal Harry Potter juga pernah ditolak berkali-kali, tapi kamu lihat sekarang betapa sukses dirinya.

Sama halnya dengan menulis di IDNTimes Community, kamu harus tahan banting jika artikelmu ditolak. Buat lagi dan lagi sampai editor menerima tulisanmu. Jangan sampai kamu menyerah hanya karena itu.

3. Mengetahui pentingnya menghargai orang lain

7 Pelajaran Hidup yang Didapat Saat Jadi Penulis IDN Times Communityvideezy.com

Ibarat kata pepatah, diatas langit masih ada langit. Bergabung dengan komunitas penulis IDN Times membuatmu menyadari ternyata masih ada yang kemampuannya lebih dari kamu. Pandangan seperti ini membuatmu sadar, kamu belum apa-apa dibanding orang lain. Sehingga membuatmu lebih bisa menghargai orang lain.

Baca Juga: Ini 7 Pelajaran Hidup dari Film To All The Boys I’ve Loved Before

4. Mengasah kemampuan berpikir

7 Pelajaran Hidup yang Didapat Saat Jadi Penulis IDN Times Communityceriwis.id

Banyaknya penulis handal akan membuatmu terpacu untuk bisa menghasilkan karya-karya yang bagus juga. Kamu akan berlatih untuk terus mencari ide-ide yang menarik untuk tulisanmu. Hal ini akan membuat otakmu terlatih untuk terus berpikir menghasilkan tulisan yang berkualitas.

5. Belajar menghasilkan uang sendiri

7 Pelajaran Hidup yang Didapat Saat Jadi Penulis IDN Times Communitytravel.usnews.com

Kamu pasti tahu menulis di IDN Times Community, kamu akan mendapatkan point yang bisa kamu redeem dengan uang tunai. Kamu juga pasti memahami untuk mendapatkan uang yang kamu inginkan tidak semudah meminta kepada orangtuamu. Ada proses yang kamu jalani dan ada keteguhan hatimu untuk terus berusaha agar mendapatkan apa yang kamu inginkan. Dalam hal ini kamu akan belajar bagaimana upaya kamu untuk menghasilkan uang sendiri dengan tulisan-tulisan yang kamu buat.

6. Melatih rasa syukur

7 Pelajaran Hidup yang Didapat Saat Jadi Penulis IDN Times Communitybellanaija.com

Berkaitan dengan point no 5. Saat kamu mengetahui betapa sulitnya menghasilkan uang sendiri kamu akan menyadari betapa pentingnya bersyukur atas apa yang telah kamu peroleh saat ini. Rasa syukur akan membawamu untuk lebih menikmati hidup yang saat ini kamu jalani.

7. Promosi diri lewat karya sendiri

7 Pelajaran Hidup yang Didapat Saat Jadi Penulis IDN Times Communityeducba.com

Banyaknya artikel kamu yang dibaca oleh orang lain juga menentukan bertambahnya point yang kamu dapatkan. Untuk memperoleh pembaca, kamu tak bisa hanya duduk santai menunggu artikelmu dilirik pembaca. Salah satu langkah mudah adalah dengan mempromosikan artikelmu. Disinilah kamu bisa belajar memperkenalkan tulisanmu dengan men-share tulisanmu lewat sosial mediamu. Disisi lain kamu juga belajar memperkenalkan dirimu. Siapa tahu dengan hal ini menjadikan peluang bagimu dimasa depan.

See? Ada begitu banyak pelajaran hidup yang bisa kamu dapatkan ketika menjadi community writer di IDN Times. Coba terus jika tulisanmu belum diterima, semangat, dan jangan menyerah!

Baca Juga: 6 Buku Karya Eka Kurniawan Ini Akan Memberimu Banyak Pelajaran Hidup

EFRITA SARI Photo Verified Writer EFRITA SARI

Maybe someday.....

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya