Comscore Tracker

5 Hal yang Gak Boleh Dikorbankan Perempuan demi Laki-laki

Pengorbanan boleh, tapi jangan lupa batasannya, ladies!

Untuk membangun hubungan yang baik, tak jarang pihak laki-laki dan perempuan harus saling berkorban demi mempertahankan hubungan. Bahkan, tak jarang pengorbanan ini sudah dilakukan sebelum suatu hubungan terjalin, yaitu demi mendapatkan cinta orang yang kita inginkan.

Meskipun begitu, tentu saja pengorbanan yang dilakukan haruslah adil dan tetap pada batas-batas yang wajar. Kendati berkorban demi suatu hubungan mungkin diperlukan, tapi ada hal-hal yang tidak boleh dikorbankan demi seseorang yang kita cintai.

Di bawah ini akan dibahas dari sisi perempuan, beberapa hal yang tidak boleh dikorbankan demi laki-laki.

1. Impian yang sudah kamu bangun

5 Hal yang Gak Boleh Dikorbankan Perempuan demi Laki-lakiilustrasi perempuan karier (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Bukan hanya laki-laki yang perlu berjuang meraih mimpi dan ingin didukung, perempuan juga menginginkan hal yang sama. Namun terkadang, mereka dituntut untuk melepaskan impian dan mengalah. Padahal, pembuktian cinta tidak harus dilakukan dengan memilih antara impian atau cinta, melainkan mencari solusi yang sama-sama menguntungkan kedua belah pihak.

Misalnya, kamu ingin menjadi dokter dan sudah mati-matian belajar atau bahkan mengambil pendidikan, tetapi pasanganmu tidak menyetujuinya karena berbagai alasan.

Saat menghadapi situasi ini, jangan buru-buru menuruti keinginannya hanya demi menyenangkan orang yang dia sendiri tidak peduli pada perasaanmu.

Kalaupun kamu sedang mempertimbangkan untuk melepaskan impianmu demi mengejar kesempatan yang lebih bagus, itu tidak mengapa. Namun, jangan melepaskan apa yang sudah kamu usahakan untuk menyenangkan ego laki-laki.

2. Pertemanan sehatmu

5 Hal yang Gak Boleh Dikorbankan Perempuan demi Laki-lakiilustrasi teman (pexels.com/Elly Fairytale)

Meluangkan waktu untuk laki-laki yang kamu cintai memang penting dan membahagiakan. Namun, jangan sampai kamu mengorbankan seluruh waktumu untuk dia seorang.

Teman-teman yang selama ini sudah menemani kamu, dalam suka dan duka juga berhak atas waktumu. Jangan sampai kamu kehilangan satu per satu temanmu sebab tidak pernah meluangkan waktu untuk bertemu mereka.

Terlebih, saat kamu sedang memiliki masalah dengan pasanganmu, pasti kamu akan membutuhkan bantuan teman-temanmu. Jadi, bersikaplah adil dan jangan melupakan teman.

3. Menjadi pura-pura bodoh agar pria gak minder

5 Hal yang Gak Boleh Dikorbankan Perempuan demi Laki-lakiilustrasi laki-laki dan perempuan (unsplash.com/Matheus Ferrero)

Kadang, perempuan berpikir bahwa laki-laki merasa insecure saat bersama dengan perempuan yang mandiri, pintar, dan pekerja keras. Untuk itu, banyak perempuan yang kadang-kadang berlagak tidak pintar demi menyenangkan hati pasangannya. Ini seperti, pura-pura tidak tahu atau tidak bisa mengurus berbagai hal.

Padahal, kamu tidak perlu berpura-pura menjadi orang lain demi menyenangkan hati pasanganmu. Kebanyakan , aki-laki justru lebih suka dengan perempuan yang bisa menjadi diri sendiri apa adanya. Banyak laki-laki yang menghargai perempuan yang mandiri, kuat, dan bisa mengurus berbagai hal.

Baca Juga: 5 Alasan di Balik Pentingnya Menghargai Setiap Pengorbanan Pasangan

4. Mengorbankan kebahagiaan positifmu

5 Hal yang Gak Boleh Dikorbankan Perempuan demi Laki-lakiilustrasi bahagia (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kebahagiaan datang dalam berbagai bentuk dalam perjalanan hidup. Hal ini bisa dirasakan seperti saat kamu menemukan orang-orang, hobi, dan pengalaman tertentu.

Orang yang tulus mencintai kamu seharusnya mendukung kamu dalam menemukan hal-hal yang memberi sukacita. Jika kamu merasa perlu melepaskan hal-hal yang membuat kamu merasa bahagia demi seorang laki-laki, maka kamu sudah berkorban secara berlebihan.

5. Moral yang sudah kamu pegang

5 Hal yang Gak Boleh Dikorbankan Perempuan demi Laki-lakiilustrasi perempuan (pexels.com/Matt Hardy)

Nilai moral yang sudah sejak lama tertanam dalam jiwa kita harus selalu dihormati oleh diri kita sendiri dan orang lain. Memiliki hubungan dengan orang lain, bukan berarti kita berhak mempengaruhi moralnya.

Untuk itu, jangan biarkan dia membuat kamu mengabaikan nilai-nilai moral yang sudah lama jadi pegangan hidupmu. Sebab, jika kamu berkompromi dengan ini, hati nuranimu akan menderita, yang pada akhirnya menyebabkan kamu menyesal dan membenci pasanganmu.

Lebih baik, cari pasangan dengan nilai-nilai moral yang sama, sehingga kalian berdua bisa menggunakannya sebagai pegangan hidup bersama.

Jadi, agar tidak menyesal nantinya, jangan sampai kamu mengorbankan semua hal ini demi laki-laki, ya, ladies!

Baca Juga: 5 Tanda Pengorbanan Cinta yang Toxic dalam Hubungan, Stop Lakukan Ini!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya