Comscore Tracker

Tidak Selalu Sulit, Inilah 6 Cara Menjadi Morning Person

Langkah ringan menjadi morning person

Pagi hari adalah hal yang bisa jadi menjadi sesuatu yang dibenci orang dan sesuatu yang disukai oleh sebagian orang. Untuk sebagian besar orang, menjadi orang yang memulai aktivitas di pagi hari atau morning person adalah hal yang sulit, apalagi bagi orang yang tidak terbiasa dan berkeinginan mengubah kebiasaan menjadi morning person.

Hal ini tidak selamanya sulit karena bisa dimulai dari hal-hal sederhana yang semula dianggap sepele. Jika kamu ingin menjadi morning person berikut adalah hal-hal sederhana yang kamu bisa lakukan dan mulai dari sekarang.

1. Tidur lebih awal

Tidak Selalu Sulit, Inilah 6 Cara Menjadi Morning Personilustrasi orang tidur (pexels.com/Olly)

Cara yang paling mudah menjadi morning person adalah dengan tidur lebih cepat. Sebagai pemula, aturlah sesuatu dan biasakan diri dengan hal sederhana, misalnya tidur lebih cepat 15--30 menit daripada biasanya. Lakukan hal tersebut dengan rutin.

Jika memungkinkan, ke depannya kamu bisa mulai tidur 1 jam lebih cepat dari biasanya sehingga kamu lama-lama akan terbiasa bangun pagi lebih awal dari jadwal bangun pagimu biasanya. Jadwalkan waktu tidurmu dan patuhilah jadwal yang kamu buat. Jika kamu sudah tidak memiliki kegiatan penting yang dilakukan, segera bergegaslah tidur sehingga esok hari bangun lebih awal tidak menjadi masalah buatmu karena tidurmu sudah tercukupi.

2. Matikan lampu dan benda elektronik

Tidak Selalu Sulit, Inilah 6 Cara Menjadi Morning Personilustrasi tidur tanpa gadget (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Berkaitan dengan waktu tidur, mematikan lampu atau menggantinya menjadi lampu tidur akan mempercepat waktu tidurmu. Tidak hanya berlaku untuk lampu yang dimatikan, kamu harus mematikan segala benda elektronik di sekitarmu, seperti TV, komputer atau laptop, tablet, atau alat eletronik lain yang akan menganggu waktu tidurmu. Letakkan pula gadget agar kamu tidak memberikan fokus perhatian pada gadget.

Sebagian orang bisa lupa waktu dan bahkan masih sibuk dengan gadget, bahkan ketika mereka sudah berbaring di tempat tidur. Hal-hal tersebut akan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidurmu. Jika tidurmu nyenyak, tidak akan susah kamu bangun lebih awal dari biasanya.

3. Bangun dalam 5 detik

Tidak Selalu Sulit, Inilah 6 Cara Menjadi Morning Personilustrasi orang bangun tidur (pexels.com/Ekaterina Bolovtsova)

Kebiasaan sebagian besar orang adalah menunda waktu bangun beberapa menit ketika ia membuka mata atau mendengar alarm pertama kali. Sebagian orang cenderung termenung dan mematikan menekan snooze pada alarm agar bisa tiduran lagi untuk beberapa menit.

Kamu bisa mulai mengubah kebiasaan ini dengan memberikan waktu pada dirimu, misalnya kamu harus bangun dalam 5 detik setelah kamu membuka mata. Lakukan cara sederhana, berhitunglah 1--5 atau sebaliknya 5--1 dan menekan dirimu untuk bangun saat hitungan selesai.

Baca Juga: Kualitas Tidur Terganggu, Ini 5 Kebiasan Menjelang Tidur yang Salah

4. Membiasakan diri sarapan

Tidak Selalu Sulit, Inilah 6 Cara Menjadi Morning Personilustrasi orang sarapan (pexels.com/The 5th)

Sarapan adalah hal penting untuk memulai hari. Apa yang kamu makan pagi hari akan menentukan mood kamu sepanjang hari. Maka dari itu, sarapan dan apa yang kamu makan adalah hal penting yang berpengaruh pada harimu.

Sebagian besar orang tidak terbiasa sarapan dengan berbagai alasan. Sarapan idealnya dilakukan dalam 2 jam setelah kita bangun untuk membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi serta mengurangi stres. Menu sarapan tentu disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan yang sudah dirancang oleh masing-masing orang.

5. Melakukan sesuatu yang disukai di pagi hari

Tidak Selalu Sulit, Inilah 6 Cara Menjadi Morning Personilustrasi orang beraktivitas di pagi hari (pexels.com/Rethaferguson)

Untuk membantu membangkitkan rasa antusias pagi hari, awali harimu dengan melakukan sesuatu yang kamu senangi. Dengan begitu kamu tidak akan merasa malas di pagi hari dan akan merasa ada sesuatu yang kurang jika melewatkan kegiatan pagi harimu.

Carilah kegiatan yang kamu senangi dan lakukan di pagi hari untuk meningkatkan mood dan semangatmu sepanjang hari. Kamu bisa merencanakan apa yang akan kamu lakukan besok pagi di malam hari sehari sebelumnya untuk membantumu meningkatkan gairah semangat menjadi morning person.

6. Memotivasi diri sendiri dengan membuat tujuan

Tidak Selalu Sulit, Inilah 6 Cara Menjadi Morning Personilustrasi orang bangun pagi dan tersenyum (pexels.com/@Miriam Alonso)

Untuk terus konsisten, tentu kamu harus memotivasi dirimu dengan membuat tujuan. Tujuan dan yang menjawab pertanyaan mengapa kamu ingin menjadi morning person, apakah dengan menjadi morning person kamu lebih produktif dan sebagainya. Berikan beberapa pertanyaan terkait hal tersebut pada dirimu untuk terus memberikan motivasi dalam dirimu.

Jika pertanyaan tersebut terjawab dengan baik, kamu akan senantiasa termotivasi dan terus bersemangat untuk menjadi morning person. Selain itu, untuk memotivasi, perlu pula diingat bahwa menjadi morning person juga memiliki banyak manfaat, lho!

 

Kegiatan-kegiatan sederhana di atas akan bisa berpengaruh dan bermanfaat bagi kamu tentu jika dilakukan ketika kamu memiliki niat dan tekat dalam diri. Tentu hal-hal tersebut di atas tidak begitu sulit, bukan? Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Manfaat Hebat Menjadi Morning Person, yuk Biasakan Bangun Pagi!

Eka Laura Ferdianti Photo Verified Writer Eka Laura Ferdianti

Practice Makes Perfect

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya