Comscore Tracker

5 Sikap yang Patut Kamu Hindari Agar Gak Dijauhi Teman

Kalau sudah telanjur melakukannya, mulailah berubah!

Tiba-tiba hampir semua temanmu menjauh dan kamu bingung apa penyebabnya? Diakui atau nggak, kadang kita suka nggak sadar melakukan hal-hal yang menjengkelkan orang lain. Hal-hal menjengkelkan yang dilakukan berkali-kali bisa jadi salah satu penyebab teman-temanmu memutuskan untuk menjaga jarak denganmu.

Untuk menghindari hal semacam itu, ini lima sikap yang patut kamu hindari agar nggak dijauhi teman-temanmu.

1. Janji bayar utang, tapi nggak ditepati

5 Sikap yang Patut Kamu Hindari Agar Gak Dijauhi TemanUnsplash/Sharon McCutcheon

Kalau sikap ini kamu lakukan hanya sekali dan itu pun karena terpaksa, barangkali temanmu bisa maklum. Namun, jika kamu melakukannya sampai berkali-kali, sangat wajar jika kemudian temanmu kapok menolongmu lagi ketika kamu ingin meminjam uang kembali kepadanya, lalu berusaha menjaga jarak denganmu. Maka kalau kamu termasuk orang yang memiliki sikap semacam ini, ada baiknya kamu mengubah sikapmu sebelum semua temanmu benar-benar menjauh darimu.

Kalau hal semacam itu kamu anggap sepele, cobalah untuk menempatkan dirimu di posisi temanmu. Pasti menjengkelkan bukan, rasanya? Padahal, saat itu kamu lagi butuh banget uang itu.

2. Mengumbar aib temanmu kepada orang lain di belakangnya

5 Sikap yang Patut Kamu Hindari Agar Gak Dijauhi TemanUnsplash/Ben White

Di depan temanmu kamu bersikap manis, di belakang dia kamu menyebarkan semua aib yang semestinya cukup disimpan olehmu kepada orang lain. Entah itu karena alasan sekadar agar ada topik pembicaraan atau karena alasan lainnya, sikap semacam ini tetap saja nggak bisa dibenarkan. Kalau mau mengobrol, kan, masih banyak topik lain yang jauh lebih bermanfaat ketimbang mengobral aib temanmu. Lagi pula, mestinya kamu sadar bahwa di dunia ini memang nggak ada manusia yang sempurna.

Bagaimana kalau hal yang sama terjadi padamu? Kamu pasti nggak akan terima dan menganggap temanmu itu jahat, bukan? Maka ada baiknya untuk menghidari sikap yang satu ini jika kamu nggak mau temanmu juga melakukan hal sebaliknya terhadapmu. 

3. Ditunggu, malah nunggu

5 Sikap yang Patut Kamu Hindari Agar Gak Dijauhi TemanUnsplash/Kyle Broad

Temanmu sudah merelakan waktunya untuk menunggumu, tapi kamu malah asyik santai-santai melakukan hal lain, tanpa memikirkan temanmu yang barangkali sudah terlalu lama dan mulai bosan menunggumu. Jika kamu nggak mau temanmu meninggalkanmu, mulailah mengubah kebiasaan semacam ini.

Jika bagimu waktu itu penting, semestinya kamu juga paham bahwa waktu juga penting bagi orang lain.

Baca Juga: Yakin Kamu Teman yang Baik? 5 Sikapmu Ini Membuktikan Sebaliknya

4. Ingin menang sendiri

5 Sikap yang Patut Kamu Hindari Agar Gak Dijauhi TemanUnsplash/rawpixel

Temanmu sudah sering mengalah untukmu, kamu kapan mau mengalah untuk dia?

Untuk menjaga hubungan pertemanan tetap baik, dibutuhkan sikap saling pengertian antara kedua belah pihak. Kamu dan temanmu mesti tahu kapan waktunya saling mengalah. Lagi pula, mengalah kan, nggak selalu berarti kalah.

Hubungan baik pertemananmu jauh lebih penting ketimbang meributkan siapa yang kalah siapa yang menang.

5. Datang hanya kalau lagi butuh

5 Sikap yang Patut Kamu Hindari Agar Gak Dijauhi TemanUnsplash/Alexis Brown

Teman semestinya bisa menjadi kawan saat senang dan bisa saling membantu saat dia butuh pertolongan.

Temanmu sudah berkali-kali bersedia menolongmu ketika kamu membutuhkan bantuannya, tapi kamu sebaliknya, malah cuek ketika dia membutuhkan pertolonganmu. Lalu kamu datang kepadanya saat kamu membutuhkan pertolongannya lagi. Lalu ketika temanmu menolak membantumu, dengan tanpa merasa bersalah kamu menganggap temanmu itu telah bersikap jahat padamu.

Sadarilah bahwa mungkin selama ini justru kamulah yang sebenarnya jahat terhadapnya.

Untuk mengakui bahwa memang kamulah yang selama ini menjengkelkan, memang nggak mudah karena manusia memang cenderung merasa bahwa dirinya, sikapnya, sudah baik terhadap orang lain. Namun, jika ingin menjaga hubungan dengan temanmu tetap baik, apa salahnya introspeksi diri.

Jika yakin kamu nggak pernah melakukan kelima hal menjengkelkan itu, bagus. Namun, tetaplah waspada dari kelima sikap yang patutnya kamu hindari itu demi menjaga hubungan pertemananmu tetap berjalan baik. Kamu pasti nggak mau kan, temanmu malah berbalik menjadi musuhmu?

Baca Juga: Yuk, Coba Ciptakan Lingkaran Pertemanan Sehat dengan 6 Cara Ini!

El Rui Photo Verified Writer El Rui

Penghuni Pluto. Gemar menulis hal-hal remeh dan berpikir aneh-aneh.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You