Comscore Tracker

Jarang Marah, Ini 6 Tanda Kamu Memiliki Kecerdasan Emosional Tinggi

Bukan sosok yang mudah diadu domba

Banyak sekali studi ilmiah yang membuktikan kecerdasan emosional (EQ) gak kalah penting dari IQ. Karena tidak peduli seberapa cerdas kamu, jika tidak bisa mengontrol emosi maka malah akan berakhir menjadi bumerang bagi diri sendiri. Karena banyak kasus mereka yang memiliki IQ tinggi hidupnya sengsara karena tidak diimbangi oleh EQ.

Kecerdasan emosional sendiri dapat dilihat dari banyak hal. Berikut ini 6 tanda yang biasanya dimiliki oleh mereka yang memiliki kecerdasan emosional tinggi. Apakah kamu salah satunya? Yuk, simak di bawah ini.

1. Tidak gampang terpancing emosi

Jarang Marah, Ini 6 Tanda Kamu Memiliki Kecerdasan Emosional Tinggipixabay.com/allinoch

Mereka yang memiliki EQ tinggi cenderung dapat mengontrol emosi dengan baik. Mereka jarang mengeluarkan tantrum meski semarah apapun itu. Sangat sulit juga untuk memprovokasi mereka. Karena orang yang memiliki EQ tinggi tidak mudah untuk terpancing emosi.

Mereka juga bukan tipe orang yang mudah untuk diadu domba. Karena merka selalu memikirkan matang-matang omongan orang lain sebelum memercayainya. Bisa dibilang mereka memiliki self-aware yang baik.

2. Tahu kelebihan dan kelemahan diri sendiri

Jarang Marah, Ini 6 Tanda Kamu Memiliki Kecerdasan Emosional Tinggipixabay.com/free-photos

Orang yang memiliki EQ tinggi sangat tahu diri mereka sendiri. Mereka tahu apa yang menjadi kelebihan dan juga sebaliknya. Sehingga mereka dapat memanfaatkan kekuatan mereka dengan optimal tanpa merasa malu akan kekurangan yang dimilikinya. Karena fokus dengan kelebihannya, biasanya orang-orang sering tidak menyadari kekurangan mereka.

3. Sosok pendengar yang baik

Jarang Marah, Ini 6 Tanda Kamu Memiliki Kecerdasan Emosional Tinggipixabay.com/mirceaianc

Alasan orang yang ber-EQ tinggi selalu menjadi pendengar yang baik adalah karena mereka pandai memosisikan dirinya sebagai orang lain. Mereka juga tidak gampang menghakimi orang karena perbuatannya. Mereka paham betul jika manusia dapat berubah. Sehingga orang seperti ini biasanya dikenal sangat pemaaf.

Tidak hanya aktif mendengar keluhan orang lain, biasanya mereka juga akan memberi solusi berupa nasihat maupun bantuan.

Baca Juga: Selain Intelektual, Ini 5 Cara untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional

4. Selalu termotivasi

Jarang Marah, Ini 6 Tanda Kamu Memiliki Kecerdasan Emosional Tinggipixabay.com/pexels

Mereka yang memiliki kecerdasan emosional tinggi sangat jarang menyerah dengan keadaan. Karena mereka selalu termotivasi untuk bangkit dan kembali bersemangat. Mereka tahu betul jika kesuksesan tidak dapat diraih dengan cara mudah. Selalu ada hal yang harus dikorbankan untuk bisa sukses. Sehingga  menyerah tidak pernah menjadi pilihan mereka.

5. Pandai membaca karakter orang lain

Jarang Marah, Ini 6 Tanda Kamu Memiliki Kecerdasan Emosional Tinggipixabay.com/free-photos

Percaya atau tidak, mereka yang ber-EQ tinggi sangat mudah untuk mengetahui sifat orang lain. Mereka dikenal memiliki intuisi tinggi. Sehingga saat ada temannya yang sedang kesusahan, mereka cepat sekali mengetahuinya. Bisa dibilang mereka memiliki kepekaan tinggi. 

Jadi, saat mereka menanyakan keadaanmu dan kamu menjawab baik-baik saja padahal tidak, mereka dapat mudah mengetahui kamu sedang berbohong. Jadi, hati-hati nih ketika kamu tidak jujur dengan mereka.

6. Mudah mengetahui apa yang membuat mereka kesal

Jarang Marah, Ini 6 Tanda Kamu Memiliki Kecerdasan Emosional Tinggipixabay.com/ivanovgood

Orang yang memiliki kecerdasan emosional tinggi memiliki kelebihan untuk introspeksi diri. Mereka mudah mencari tahu apa yang mengganggunya selama ini. Sehingga mereka dikenal sangat cepat untuk menyelesaikan masalahnya. Tidak butuh waktu lama bagi mereka untuk mencari tahu akar persoalan yang membuat mereka kesal.

Itulah 6 tanda kamu memiliki kecerdasan emosional tinggi. Dari keenam tanda di atas, nomor berapa saja yang kamu punyai di dirimu?

Baca Juga: 5 Tanda Tersirat Bahwa Kamu Sebenarnya Pemalas yang Cerdas

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya