Comscore Tracker

Lelah dengan Hidup? 5 Novel Ini Bisa Membangkitkan Kembali Semangatmu

Bagaimana cara hidup yang paling baik?

Dalam kehidupan, tak jarang manusia merasa lelah dengan segala hal yang ada di dunia ini. Kegagalan yang kerap menyapa, seakan tidak segan membuat manusia menjadi terpuruk. Semua hal tersebut kerap menjadi alasan manusia tidak menghargai kehidupan, bahkan enggan untuk meneruskan hidup. Apakah kamu sedang berada dalam fase ini?

Jika benar, kamu jangan menyerah, ya! Jika kamu benar-benar sangat lelah, kamu bisa beristirahat sejenak. Kamu bisa mengisi dengan kegiatan yang kamu senangi. Sebagai contoh, jika kamu suka membaca buku atau mungkin ingin kabur sejenak dari dunia, kamu bisa terjun ke 'dunia buku.' Tidak jarang pula, orang menjadikan buku sebagai sarana untuk menghilangkan stres.

Nah, jika kamu ingin mencobanya, ada beberapa novel yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan. Berikut tujuh rekomendasi novel yang bisa membangkitkan kembali semangat serta membuatmu sadar betapa berharganya hidupmu.

1. Midnight Library 

Lelah dengan Hidup? 5 Novel Ini Bisa Membangkitkan Kembali SemangatmuMidnigtht Library karya Matt Haig (instagram.com/papermoonpages)

Midnight Library merupakan hasil buah pikir Matt Haig, seorang penulis terkemuka di Inggris dan seorang jurnalis. Novel ini mengambil genre fantasi tapi sarat akan pelajaran hidup. Ia membuat cerita dengan tokoh utama yang memiliki banyak masalah hingga merasa depresi.

Novel ini menceritakan tentang Nora Seeds yang memutuskan untuk mengakhiri hidupnya. Dia melakukan upaya bunuh diri sebab dia sungguh merasa lelah dengan kehidupan yang dia jalani. Alih-alih meninggal, dia malah terjebak di sebuah perpustakaan tengah malam. Perpustakaan itu merupakan tempat di antara kehidupan dan kematian.

Berbagai buku yang berjajar rapi di beberapa rak buku ternyata mengisahkan cerita hidup Nora dengan beraneka kemungkinan. Dengan bantuan teman lama, dia mencoba segala kemungkinan tersebut hingga dia menemukan jawaban yang paling tepat atas pertanyaan, "Bagaimana cara hidup yang paling baik sehingga bisa membawanya kepada kebahagiaan?"

2. Funiculi Funicula 

Lelah dengan Hidup? 5 Novel Ini Bisa Membangkitkan Kembali SemangatmuFuniculi Funicula karya Toshikazu Kawaguchi (instagram.com/dd.reads)/

Funiculi Funicula merupakan novel karangan salah satu penulis di Jepang, Toshikazu Kawaguchi. Dia mengolah cerita di mana penyesalan-penyesalan menghantui setiap tokoh yang ada dalam novel ini karena tidak semua orang memiliki kisah masa lalu yang menyenangkan. Dari cerita yang dia buat, ada begitu banyak hikmah yang terselip dalam cerita tokoh-tokoh tersebut.

Novel ini menceritakan tentang sebuah kafe yang sudah berdiri cukup lama, di mana kafe tersebut mampu membuat pengunjung melintasi waktu. Namun, untuk melakukan hal tersebut, tidaklah mudah. Ada beberapa peraturan yang harus diingat dan tidak boleh dilanggar oleh pengunjung. Beberapa peraturan tersebut, antara lain pengunjung tetap duduk di kursi yang telah ditentukan, apa pun yang pengunjung lakukan di masa lalu tidak akan mengubah kenyataan di masa kini, dan pengunjung harus menghabiskan kopi khusus sebelum kopi tersebut dingin.

Keajaiban kafe tersebut pun menarik banyak pengunjung. Ada seorang wanita yang ingin memutar waktu untuk berbaikan dengan kekasihnya. Ada seorang perawat yang ingin membaca surat yang tidak sempat diberikan oleh suaminya yang sakit. Masih banyak pula orang-orang yang merasakan kejaiban tersebut. Namun, tetap saja masa lalu yang para pengunjung ubah tidak akan mengubah masa kini. Jadi, apakah layak menjalani semua itu?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Novel yang Kritik Kapitalisme dan Hustle Culture

3. They Both Die at The End 

Lelah dengan Hidup? 5 Novel Ini Bisa Membangkitkan Kembali SemangatmuThey Both Die at The End karya Adam Silvera (instagram.com/bookaddictjoline)

They Both Die at The End merupakan hasil buah pikir seorang penulis bernama Adam Silvera. Novel ini menceritakan tentang perjalanan antara dua orang asing yang tidak saling mengenal, tetapi memiliki nasib yang sama. Mereka divonis akan meninggal dalam kurun waktu 24 jam oleh Death Cast. Death Cast sendiri adalah sebuah perusahaan terkenal yang memprediksi kematian seseorang.

Novel ini dibuka dengan kisah Mateo, seorang tokoh utama yang telah divonis mati. Dia pun menjadi Deckers, lalu ingin menghabiskan waktu di kamar. Namun, tiba-tiba dia merasa bahwa dia ingin hidup meski hanya satu hari. Dia pun memasang Last Friend, sebuah aplikasi untuk mendapatkan teman di hari terakhir pengguna. Melalui perantara aplikasi tersebut, dia bertemu dengan Rufus.

4. Tentang Kamu 

Lelah dengan Hidup? 5 Novel Ini Bisa Membangkitkan Kembali SemangatmuTentang Kamu karya Tere Liye (instagram.com/vioreadsbooks)

Tentang Kamu merupakan salah satu novel karya penulis terkenal, Tere Liye, yang selalu best-seller. Tokoh utama dalam novel ini bernama Zaman Zulkarnaen, seseorang yang bekerja di sebuah firma hukum London tepatnya Thompson & Co. Dia berada di bidang Elder Law yang legendaris sebab prinsip yang dipegang teguh oleh firma hukum tersebut.

Novel ini menceritakan tentang Zaman yang harus menyelesaikan sebuah kasus. Itu adalah kasus pertama yang dipegang langsung olehnya. Kasus tersebut adalah persoalan tentang harta warisan yang ditinggalkan oleh sang klien. Jumlah harta warisan tersebut tidak main-main. Jika dijumlah, besarnya sekitar 19 triliun. Untuk menyelesaikan kasus tersebut tidaklah mudah sebab tidak ada satu pun petunjuk yang ditinggalkan oleh sang klien.

Hingga suatu hari, Zaman mengetahui bahwa sang klien, Sri Ningsih meninggal di sebuah panti jompo di Paris. Dia pun mengetahui bahwa sang klien berasal dari negara yang sama dengannya, yaitu Indonesia. Berbekal buku diari yang ada di panti jompo, dia mulai menyelidiki kasus tersebut. Namun, siapa sangka, ternyata banyak kejutan yang didapatkan olehnya dari kisah perjalanan hidup sang klien yang sangat jauh dari kata mudah.

5. Rembulan Tenggelam di Wajahmu 

Lelah dengan Hidup? 5 Novel Ini Bisa Membangkitkan Kembali SemangatmuRembulan Tenggelam di Wajahmu karya Tere Liye (instagram.com/lineisreading)

Sama seperti novel berjudul Tentang Kamu, Rembulan Tenggelam di Wajahmu merupakan hasil karangan Tere Liye yang berhasil menduduki kursi best-seller. Novel ini menceritakan tentang kisah seorang yang bernama Rehan Raujana atau Ray. Dia adalah seorang yatim piatu yang hidup di sebuah panti sosial. Suatu hari, dia memilih untuk beranjak dari panti asuhan sebab dia tidak begitu suka dengan penjaga panti yang selalu bertindak semena-mena.

Ray memulai hidup baru di jalanan, tetapi dia malah salah pergaulan. Dia menjadi seorang penjudi yang selalu menang hingga suatu hari, dia dikeroyok oleh preman yang iri dengan kemenangannya tersebut. Bahkan ia pun hampir tertangkap oleh polisi. Setelah itu, dia sadar bahwa dia harus menjalani hidup yang baik.

Ray pun bangkit. Dia mengalami masa-masa yang terkadang senang, terkadang susah, hingga dia berhasil sukses. Namun, ada kehampaan dalam hidupnya hingga dia bertemu dengan laki-laki tak dikenal yang begitu teduh. Laki-laki tersebut menjawab lima pertanyaan yang selalu bergumul dalam hatinya. Dibawalah dia mengarungi sebuah kisah masa lalunya yang sudah tenggelam.

Demikian beberapa rekomendasi novel yang bisa membangkitkan kembali semangatmu ketika mulai lelah dengan hidup. Ada banyak pelajaran atau hikmah yang bisa diambil, serta akan membuatmu tersadar betapa berharganya hidup ini. Selamat membaca!

Baca Juga: 7 Rekomendasi Film Studio Ghibli Adaptasi Novel, Masterpiece!

Ervina Emma Wardani Photo Verified Writer Ervina Emma Wardani

an ailurophile.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya