Comscore Tracker

5 Cara Berpikir Objektif ke Berbagai Hal, biar Gak Salah Interpretasi

Dengan objektif, maka kamu akan jadi netral

Berpikir secara objekti  perlu kamu kembangkan terus setiap hari untuk menjalani hidup ini. Terkadang, ada beberapa orang yang merasa dirinya sudah objektif dalam segala hal, namun pada kenyataannya dia masih subjektif.

Sering terjadi seseorang merasa sudah berlaku adil kepada siapa saja, tapi setelah dijalani ternyata tindakan yang dilakukannya masih memiliki kecenderungan positif yang lebih banyak ke dirinya sendiri.

Misalnya dalam diskusi pekerjaan. Kamu merasa sudah membagi tugas masing-masing anggota secara adil. Namun, ternyata tetap saja ada satu orang, bisa itu kamu yang lebih terbantu karena tugas yang dikerjakan terhitung mudah, sedangkan yang lainnya lagi ada yang terlalu sulit.

Supaya gak menimbulkan kesalahan dalam menginterpretasi, maka cobalah berpikir objektif terhadap berbagai hal. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Belajar terbuka terhadap kritik dan saran dari orang lain 

5 Cara Berpikir Objektif ke Berbagai Hal, biar Gak Salah Interpretasiilustrasi bersikap terbuka terhadap kritik dan saran (pexels.com/RODNAE Productions)

Setiap orang pasti ingin bisa meraih sukses dalam hidupnya. Berbagai cara pun dilakukan seperti belajar agar wawasannya bertambah luas, mengikuti banyak pelatihan pengembangan diri, dan cara-cara yang lainnya.

Namun, ada satu hal yang sebenarnya bisa membantumu untuk meraih sukses tapi sering terabaikan. Hal itu adalah berpikir objektif.

Kembangkan juga cara berpikirmu agar bisa selalu objektif dalam memandang berbagai hal. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan belajar terbuka terhadap kritik dan saran dari orang lain.

Apabila kritik dan saran tersebut positif dan membangun, maka ada baiknya kamu dengarkan dan laksanakan juga. Memang butuh menekan ego untuk dapat menerima dan menyikapinya dengan positif sehingga pikiran dan hatimu bisa terbuka.

2. Memandang sebuah permasalahan dari berbagai sisi 

5 Cara Berpikir Objektif ke Berbagai Hal, biar Gak Salah Interpretasiilustrasi memandang (pexels.com/Katerina Holmes)

Membiasakan diri agar selalu berpikir objektif terhadap segala hal juga bisa kamu lakukan dengan cara memandang sebuah permasalahan dari berbagai sisi. Hal ini akan membuatmu menjadi lebih objektif lagi dan menghindarkanmu dari kekeliruan saat pengambilan keputusan dan tindakan nantinya.

Setiap orang pasti memiliki permasalahan dalam hidupnya, entah itu dalam porsi besar maupun kecil. Segala jenis permasalahan yang dihadapi, sebenarnya ada banyak solusinya, namun itu semua juga tergantung dengan bagaimana cara kamu memandang sebuah permasalahan.

Jika kamu mampu berpikir objektif dengan cara memiliki sudut pandang dari berbagai sisi terhadap masalahmu, maka solusi yang tepat pun bisa didapat.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Orang yang Objektif dalam Memandang Segala Hal, Salut!

3. Jangan menyerah untuk mendapatkan informasi dari orang-orang yang memang dipercaya 

5 Cara Berpikir Objektif ke Berbagai Hal, biar Gak Salah Interpretasiilustrasi orang berdiskusi (pexels.com/Henri Mathieu-Saint-Laurent)

Mencari sumber informasi dari orang-orang yang terpercaya itu sama pentingnya dengan informasi itu sendiri. Orang yang mampu berpikir objektif di mana dia selalu berusaha mencari fakta yang sebenarnya, pasti gak akan mudah menyerah begitu saja saat sedang berusaha mendapatkan informasi yang valid.

Punya semangat dalam diri untuk terus mendapatkan informasi dari ahli yang terpercaya membantumu dalam membentuk pola pikir objektif. Hal ini juga dapat memberikan keuntungan padamu. Kamu akan menjadi lebih waspada dan berhati-hati dalam menerima berbagai informasi yang kurang valid sehingga kamu gak akan mudah terjerumus nantinya.

4. Terus belajar tentang banyak hal baru 

5 Cara Berpikir Objektif ke Berbagai Hal, biar Gak Salah Interpretasiilustrasi mencoba hal baru (pexels.com/cottonbro)

Gak bosan dalam belajar mengenai hal-hal baru akan membuat pola pikirmu semakin bertumbuh menjadi lebih objektif, apalagi di saat kamu sedang mengalami banyak permasalahan rumit. Ketika muncul rasa bosan dalam menjalani kehidupan dengan berbagai permasalahannya, maka cobalah belajar tentang hal-hal yang baru.

Selain akan mengusir rasa bosan, terus semangat belajar hal baru juga akan membuat pola pikir objektifmu semakin terasah.

Belajar hal baru akan memberikanmu banyak sudut pandang baru, sehingga nantinya kamu gak akan terjebak dalam pola pikir yang hanya di satu sisi saja. Lakukanlah banyak hal baru yang kamu sukai, ya.

5. Menyadari bahwa kekurangan dalam diri pasti ada 

5 Cara Berpikir Objektif ke Berbagai Hal, biar Gak Salah Interpretasiilustrasi menerima kekurangan diri (pexels.com/Dmitry Egorov)

Untuk belajar melatih pikiran agar selalu objektif dalam memandang berbagai hal, kamu perlu menyadari bahwa kekurangan dalam diri sendiri itu pasti ada. Setelah kamu menyadarinya, hal berikutnya yang perlu dilakukan adalah mencari cara untuk mengatasi kekurangan dalam dirimu tersebut.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan meminta bantuan kepada orang lain untuk membantumu mengoreksi diri. Tindakan ini selain akan meningkatkan hubungan sosial, ternyata juga dapat membantumu melatih pola pikir objektif.

Dengan hati yang lapang meminta bantuan kepada orang lain untuk melakukan perbaikan diri, itu artinya kamu bersedia menerima masukan dari mereka juga. Orang yang objektif pasti selalu terbuka dan senang hati jika mendapatkan masukan positif dari orang lain untuk kebaikan dirinya.

Memiliki kemampuan berpikir objektif terhadap berbagai hal akan menjadikanmu orang yang selalu mempertimbangkan terlebih dulu banyak fakta dan aspek lainnya terkait suatu permasalahan. 

Kelima cara berpikir objektif di atas perlu kamu lakukan supaya saat menghadapi berbagai jenis permasalahan hidup, kamu gak akan salah dalam menginterpretasikannya.

Memiliki pemikiran objektif dapat membuatmu menjadi lebih bijak dalam menanggapi berbagai macam persoalan yang ada.

Baca Juga: 7 Tips Menghindari Bias Agar Kamu Lebih Objektif Menilai Sesuatu

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya