Comscore Tracker

5 Cara Menerima Kenyataan Bahwa Kamu Gak Bisa Penuhi Tuntutan Dunia

Supaya kamu bisa menghargai kelebihan dan kekurangan diri 

Apakah kamu selalu teringat atas kesalahan yang pernah terjadi di masa lalu? Misalnya, kamu pernah secara gak sengaja berkata kasar atau melakukan hal-hal yang menyakitkan lainnya ke orang lain. Biasanya setelah kejadian itu kamu menjadi merasa bersalah, marah, dan kecewa ke dirimu sendiri.

Gak sedikit orang yang merasa kesulitan untuk bisa menerima kenyataan hidup bahwa setiap manusia gak akan pernah mampu memenuhi semua tuntutan dunia. Lalu, bagaimana caranya agar kamu bisa berdamai dengan diri sendiri dan bertahan dengan berbagai rintangan yang datang ke hidupmu? Bagaimana kamu menjalani hidup itu tergantung dari cara memandang hidup.

Kalau kamu memandang kehidupan dengan penuh keceriaan, maka hari-harimu pun akan selalu berwarna. Namun, apabila kamu memandangnya dengan terlalu fokus pada kesalahan-kesalahan di masa lalu, yang akan dirasakan adalah rasa tertekan dan merasa dipaksa untuk bisa selalu sempurna.

Berikut adalah lima cara agar kamu bisa menerima kenyataan bahwa sebagai manusia, kamu gak akan pernah bisa penuhi semua tuntutan dunia.

1. Belajar menerima diri apa adanya 

5 Cara Menerima Kenyataan Bahwa Kamu Gak Bisa Penuhi Tuntutan Duniailustrasi tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Terimalah kondisi dirimu apa adanya, termasuk segala kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki. Tips agar kamu bisa menerima diri sendiri adalah milikilah keyakinan bahwa kamu memang pantas untuk dicintai, terlepas dari semua kekurangan yang kamu punya.

Ketika hal tersebut benar-benar sudah kamu miliki dalam diri, maka kamu gak akan kesulitan lagi untuk melepaskan rasa bersalah saat kamu melakukan kesalahan. Dengan begitu, tentu kamu akan mudah untuk memaafkan diri sendiri

Ingatlah, segala kesalahan yang pernah kamu lakukan itu membutuhkan proses untuk memperbaikinya. Gak bisa langsung saat itu juga, pasti ada proses yang harus dilalui. Bahkan, ada kesalahan-kesalahan diri yang memang gak bisa lagi untuk diperbaiki. Maka dari itu, pahami bahwa manusia itu memiliki keterbatasan, dan akhirnya kamu akan lebih mudah untuk bisa menerima diri secara apa adanya.

2. Cari tahu lagi tentang kelebihan dan kekurangan diri 

5 Cara Menerima Kenyataan Bahwa Kamu Gak Bisa Penuhi Tuntutan Duniailustrasi berpikir (pexels.com/Mikhail Nilov)

Apabila kamu merasa kurang mampu dalam beberapa hal, sehingga membuatmu merasa rendah diri. Percayalah bahwa kamu pun pasti juga memiliki kelebihan, hanya saja mungkin belum terlihat dan kamu juga belum menyadarinya. Cari tahu lagi tentang apa saja kelebihan serta kekurangan yang kamu miliki.

Biasanya kebanyakan orang terlalu fokus pada kekurangan diri dan akhirnya sampai mengabaikan kelebihan yang dimiliki. Oleh karena itu, mulai dari sekarang cobalah untuk memberikan perhatian lebih kepada kelebihan yang ada dalam dirimu. Semakin kamu mengetahui apa yang menjadi kelebihanmu, maka kamu pun akan lebih mudah dalam menerima diri sendiri secara utuh dan apa adanya.

3. Memperbaiki yang masih kurang dan melatih lagi kelebihanmu 

5 Cara Menerima Kenyataan Bahwa Kamu Gak Bisa Penuhi Tuntutan Duniailustrasi menulis (pexels.com/Artem Podrez)

Setelah kamu mengetahui apa saja yang menjadi kekurangan dan kelebihan diri, maka kamu akan lebih mudah dalam menentukan sebuah langkah. Cobalah untuk memperbaiki hal-hal yang menjadi kekurangan diri, kemudian latihlah lagi dan maksimalkan apa yang menjadi kelebihanmu.

Misalnya, kamu adalah tipe orang yang pendiam dan kurang suka berada di tengah keramaian dan kamu memiliki hobi menulis. Coba tingkatkan lagi keterampilanmu dalam menulis. Selain senang karena menjalankan hobi, kamu pun juga bisa menjadikan hobi menulismu sebagai sebuah profesi yang menjanjikan. Asalkan kamu terus semangat dalam berlatih dan meningkatkan wawasan.

Baca Juga: 5 Tips Temukan Kelebihan agar Tak Menyesal Ambil Keputusan 

4. Jadilah pribadi yang berani berekspresi 

5 Cara Menerima Kenyataan Bahwa Kamu Gak Bisa Penuhi Tuntutan Duniailustrasi tersenyum bahagia (pexels.com/Alena Darmel)

Mengapa untuk bisa menerima diri kamu harus belajar untuk berekspresi? Karena biasanya, seseorang yang sulit menerima kenyataan akan dirinya sendiri, dia akan sulit untuk mengekspresikan perasaannya. Orang-orang tersebut biasanya akan seperti orang yang pemalu, selalu merasa canggung saat bertemu orang lain, dan bahkan sering mengalami kebingungan dalam berbagai kondisi.

Berbeda dengan orang yang berani berekspresi, dia gak akan merasa tertekan karena takut jika melakukan kesalahan. Saat kamu sudah di tahap berani untuk mengekspresikan segala hal yang dirasa dengan baik, maka kamu pun akan lebih mampu untuk menghargai diri sendiri, meski banyak kesalahan yang kamu lakukan di masa lalu.

5. Gak perlu mencari pengakuan dari orang lain 

5 Cara Menerima Kenyataan Bahwa Kamu Gak Bisa Penuhi Tuntutan Duniailustrasi perempuan mandiri (pexels.com/John Diez)

Beberapa orang masih sangat haus dengan pengakuan dari orang lain. Bahkan, mereka sampai rela melakukan berbagai cara demi mendapatkan pengakuan dari orang lain. Terkadang pun mereka gak memedulikan bahwa apa yang telah dilakukan itu merugikan diri sendiri.

Meski terlihat sepele, namun perilakumu ini menunjukkan bahwa kamu belum bisa menerima dirimu secara utuh dan apa adanya. Ingatlah bahwa hanya dirimu sendirilah yang mampu menerima diri secara apa adanya. Jadi, cukuplah dirimu sendiri yang akan menerima dirimu. Dengan begitu kamu gak akan haus lagi untuk sekadar mencari muka.

Itulah kelima cara yang bisa kamu lakukan agar bisa menerima kenyataan bahwa sebagai manusia itu memang gak akan pernah mampu untuk memenuhi semua tuntutan dunia. Kuncinya adalah berdamailah dengan dirimu sendiri. Maafkanlah segala kesalahan yang pernah kamu lakukan di masa lalu.

Dengan begitu, setiap harinya kamu akan bisa lebih menghargai kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki. Berusaha memperbaiki diri itu akan lebih baik dan membuat hidupmu tenang, dibandingkan jika kamu terus mengejar kesempurnaan.

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya