Comscore Tracker

5 Hal yang Gak Bisa Menjatuhkan Harga Diri Seseorang

Melakukan tindakan dengan penuh keyakinan

Harga diri merupakan cara seseorang menilai suatu kepribadian. Ada yang memiliki nilai rendah, tapi ada juga yang tinggi. Setiap orang memiliki harga diri. Namun, terkadang ada beberapa orang yang kurang percaya diri terhadap dirinya sendiri. Inilah yang menyebabkan semakin turunnya harga diri seseorang.

Memang ada berbagai faktor penyebabnya seperti, pengalaman buruk di masa lalu, cara pandang terhadap sesuatu, hingga kekurangan yang dimilikinya. Harga diri adalah hal yang perlu kamu tingkatan. Bukan untuk menjadi sombong, tapi supaya kamu bisa lebih percaya diri dengan segala hal yang kamu miliki, terlepas dari apa pun jenis keterbatasan yang ada di dalam diri.

Nah, untuk memperjuangkan harga diri, maka kamu perlu mengetahui lima hal berikut ini. Hal-hal yang gak bisa menjatuhkan keberhargaan diri seseorang. Yuk, simak baik-baik, ya.

1. Memiliki kemandirian dalam menjalani kehidupan 

5 Hal yang Gak Bisa Menjatuhkan Harga Diri Seseorangilustrasi perempuan mandiri (pexels.com/John Diez)

Menjadi pribadi yang mandiri, itu artinya kamu gak bergantung kepada siapa pun. Kamu juga gak merasa keberatan, jika harus melakukan berbagai hal sendirian. Kemandirian diri ini, jika kamu miliki sejak dini, maka gak akan ada orang yang mampu menjatuhkan keberhargaan dirimu.

Memiliki kemandirian akan memberikan dampak positif bagi hidupmu. Kebahagiaanmu akan tetap ada di tanganmu. Kamu juga akan semakin mengetahui dan memahami apa yang sebenarnya hatimu inginkan, serta kamu pun akan mampu mewujudkannya menggunakan kemampuanmu sendiri secara lebih maksimal lagi.

2. Menjadi pribadi yang selalu bertanggung jawab 

5 Hal yang Gak Bisa Menjatuhkan Harga Diri Seseorangilustrasi orang bertanggung jawab dengan pekerjaannya (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tanggung jawab merupakan salah satu sikap yang perlu kamu miliki sejak kecil. Tujuan supaya kamu bisa mengiringi perjalanan hidupmu dengan penuh rasa tanggung jawab, entah itu kepada diri sendiri, keluarga, maupun sosial. Seseorang yang memiliki rasa tanggung jawab tinggi, harga dirinya gak akan mudah untuk dijatuhkan.

Milikilah sikap ini, agar kamu selalu berani dan senang hati, ketika mendapatkan tanggung jawab dalam bentuk apa pun. Ketika, orang lain selalu melempar kesalahan kepada yang lainnya, berarti itu menunjukkan bahwa dirinya gak berharga. Namun, ketika kamu mendapatkan masalah, lalu berusaha memperbaikinya, berarti kamu adalah orang yang penuh tanggung jawab. Menyelesaikan tanggung jawab dengan tuntas adalah ciri dari orang yang memiliki harga diri tinggi.

3. Memegang kendali atas hidupnya sendiri 

5 Hal yang Gak Bisa Menjatuhkan Harga Diri Seseorangilustrasi orang berpendirian teguh (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Hal berikutnya yang gak akan pernah bisa menjatuhkan keberhargaan diri seseorang yaitu, jika kamu mampu memegang kendali atas hidupmu sendiri. Keadaan yang terus maju dengan pesat, membuat beberapa orang hilang kendali atas hidupnya sendiri. Bisa karena banyaknya pekerjaan yang dia kerjakan, tekanan hidup yang terus datang, hingga permasalahan yang lainnya.

Ketika, kamu mulai hilang kendali, di saat itulah keberhargaan diri bisa terjatuh dengan mudahnya. Maka, bagi kamu yang tetap mampu memegang kendali hidup sendiri, itu artinya kamu memiliki harga diri yang tinggi. Menjadi pemegang kendali atas hidup yang kamu jalani, membuat orang lain gak mudah untuk menjatuhkanmu.

Baca Juga: 5 Cara Bangkit dari Kehidupan yang Tidak Seimbang, Yuk Terapkan!

4. Senang menerima tantangan baru 

5 Hal yang Gak Bisa Menjatuhkan Harga Diri Seseorangilustrasi menyukai tantangan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tantangan pastinya sangat menantang. Bagi kamu yang senang menerima tantangan baru, maka keberhargaan dirimu gak akan mudah dijatuhkan. Orang lain yang berusaha menjatuhkanmu, janganlah kamu anggap musuh. Namun, anggap saja mereka merupakan orang-orang yang selalu memberikanmu tantangan baru.

Dengan begitu, ketika mereka datang dan berupaya menjatuhkan harga dirimu, usaha keras mereka, gak akan bisa berhasil. Bagimu menerima tantangan baru adalah hal yang seru. Jadi, saat orang lain berusaha mengacaukan pikiran dan emosimu, dan berharap keberhargaan dirimu turun, itu gak akan bisa terjadi, karena kamu justru happy dan semakin percaya diri, karena mampu menghadapi segala tantangan dengan baik.

5. Memiliki emosi yang stabil 

5 Hal yang Gak Bisa Menjatuhkan Harga Diri Seseorangilustrasi menghadapi masalah dengan tenang (pexels.com/Luis Quintero)

Rasa berharga atas diri sendiri, jika gak dilengkapi dengan kemampuan mengelola emosi, itu dapat menurun nantinya. Keberhargaan diri berkaitan dengan kepercayaan diri yang kamu miliki. Seseorang yang memiliki rasa berharga tinggi, pasti dia telah memiliki banyak pengalaman yang menjadikannya percaya diri dengan kemampuannya sendiri.

Kedua hal tersebut membutuhkan proses, dan dalam menjalani prosesnya, kamu perlu memiliki emosi yang stabil. Stabil secara emosi, dapat memberikan perlindungan ke diri sendiri, untuk selalu melindungi dan menjaga keberhargaan diri. Maka, ketika ada orang yang ingin menjatuhkanmu, tentu saja gak akan semudah itu.

Harga diri memanglah penting, maka sudah seharusnya kamu memperjuangkannya. Dalam kehidupan ini, pasti ada orang yang menyukaimu, tapi ada pula yang selalu berusaha menjatuhkanmu. Lakukan lima hal di atas dengan penuh keyakinan, agar kamu semakin mengerti tentang bagaimana menjaga harga diri.

Keberhargaan diri juga bisa berubah, terkadang naik, tapi bisa juga turun. Apa pun kondisinya, yang terpenting kamu selalu berperilaku positif. Dengan begitu, kamu akan tetap mampu menjaga diri dari orang-orang yang berniat negatif untuk menjatuhkanmu.

Baca Juga: 5 Nilai Kehidupan dari Film Srimulat: Hil yang Mustahal, Inspiratif! 

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya