Comscore Tracker

5 Manfaat Berbuat Baik ke Orang Lain, Gak Rugi Sama Sekali

Kamu akan merasakan ketenangan dan kedamaian hati

Berbuat kebaikan kepada orang lain ternyata membawa banyak dampak positif bagi orang lain dan diri sendiri. Dengan menghargai orang lain, bersikap baik ke siapa saja, membuat orang lain merasa bahagia, dan sebagainya, itu dapat berefek positif untuk banyak orang. Perlu kamu ketahui, bahwa orang yang paling mendapatkan efek positifnya adalah dirimu sendiri, lho.

Berbuat baik memiliki efek yang sangat besar untuk menjaga kesehatan mental seseorang. Kamu menjadi orang yang lebih berempati, memiliki belas kasih, dan pastinya akan lebih pandai dalam hal bersyukur. Berbuat baik tak selalu dilakukan melalui memberikan materi saja, melainkan memberikan perhatian, membantu sesama melalui tenaga pun termasuk dalam berbuat kebaikan.

Efek paling besar yang akan kamu rasakan yaitu ketenangan dan kedamaian hati. Selain itu, tentu masih banyak lagi dampak positif lainnya. Secara lebih jelas, berikut lima manfaat yang akan kamu rasakan setelah berbuat kebaikan kepada orang lain.

1. Meningkatkan suasana bahagia dalam hati 

5 Manfaat Berbuat Baik ke Orang Lain, Gak Rugi Sama Sekaliilustrasi bahagia (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sudah banyak yang merasakan dan membuktikannya sendiri, bahwa dengan berbuat baik kepada orang lain itu mampu meningkatkan suasana bahagia dalam hatinya. Nah, bagi kamu yang sering merasa takut, cemas, khawatir, dan sebagainya, cobalah untuk mulai berbuat kebaikan, ya. Kemudian, rasakan dalam hati, pasti kamu menjadi lebih tenang dan bahagia.

Hal ini juga berlaku bagi kamu yang sering merasakan stres disebabkan oleh banyak hal. Kamu bisa mengatasinya dengan mulai berbuat kebaikan kepada sesama. Cara ini ampuh banget mengalihkan fokusmu dari segala permasalahan yang dihadapi ke berbuat kebaikan. Stres pasti akan berkurang dan hidup bisa menjadi lebih tenang.

2. Hubungan sosial menjadi lebih kuat 

5 Manfaat Berbuat Baik ke Orang Lain, Gak Rugi Sama Sekaliilustrasi pertemanan (pexels.com/Diva Plavalaguna)

Jika kamu selama ini merasa kurang baik dalam hal berhubungan sosial, lakukanlah kebaikan-kebaikan kepada sesama. Cara ini juga mampu menguatkan hubungan sosial yang sebelumnya lemah. Mulailah berbuat baik kepada keluarga, teman-teman, orang-orang sekitar. Bahkan, lakukanlah juga kepada orang yang gak kamu kenal.

Apabila kamu bingung bagaimana caranya, mudah sekali, kok. Mulailah dari hal-hal yang mendasar dan paling sederhana dulu seperti, tersenyum, menyapa orang lain, atau mengucapkan terima kasih saat mendapatkan pertolongan dari mereka. Bahkan sekecil apa pun jenis bantuan atau pertolongan yang orang lain berikan kepadamu, tetaplah mengucapkan terima kasih sebagai bentuk menghargai ketulusan mereka.

3. Kesehatan fisik dan mentalmu akan semakin baik 

5 Manfaat Berbuat Baik ke Orang Lain, Gak Rugi Sama Sekaliilustrasi berenergi positif sepanjang hari (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Salah satu dampak terbesar dari melakukan kebaikan kepada orang lain bagi diri sendiri yaitu mampu meningkatkan kesehatan fisik dan mental menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. Berbuat baik memang dapat meringankan beban orang lain, namun sebenarnya dirimu sendirilah yang paling tertolong dalam hal ini.

Ketika kamu berbuat kebaikan, maka dirimu akan mendapatkan energi positif dan menyebar ke seluruh bagian tubuhmu, termasuk ke suasana hati juga, lho. Jelas hal ini dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mentalmu. Saat suasana hati bahagia karena bisa memberikan kebaikan kepada orang lain, maka berbagai hal baik pun akan kamu terima dan sangat berdampak kepada kesehatanmu sendiri.

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Tebarkan Kebaikan via Online, Cobain, yuk!

4. Menjadikanmu gak mudah terpengaruh oleh hal-hal negatif 

5 Manfaat Berbuat Baik ke Orang Lain, Gak Rugi Sama Sekaliilustrasi orang berpendirian kuat (pexels.com/Rene Asmussen)

Seseorang yang mampu berbuat kebaikan kepada orang lain, pasti memiliki keteguhan hati yang kuat. Sehingga, hal tersebut mampu menghindarkanmu dari berbagai pengaruh negatif yang ada. Berbuat kebaikan selain akan membuatmu lebih tenang dan damai, tentunya juga dapat menjauhkanmu dari berbagai hal buruk.

Orang yang selalu berbuat kebaikan biasanya memiliki cara pandang dalam melihat suatu permasalahan dengan bijak. Dia gak akan mudah terpengaruh oleh hal negatif. Jika sedang tertimpa masalah, dia akan melihat permasalahan yang terjadi sebagai sebuah pembelajaran kehidupan. Jadi, jika kamu mampu berbuat kebaikan, maka kamu gak akan terjebak dalam hal-hal negatif. Kamu akan berusaha merasa nyaman dengan segala situasi dan kondisi.

5. Menjadikanmu lebih bisa menyayangi diri sendiri 

5 Manfaat Berbuat Baik ke Orang Lain, Gak Rugi Sama Sekaliilustrasi menyayangi diri sendiri (pexels.com/Jeffrey Reed)

Dengan memberikan banyak kebaikan kepada orang lain, itu juga akan memberikan banyak hal baik kepada diri sendiri. Selama kamu mengetahui bagaimana caranya berbuat baik kepada orang lain dengan bijak, maka kamu pun akan mengerti bagaimana caranya berbuat baik kepada diri sendiri. Dengan demikian kamu akan menjadi lebih mudah menyayangi diri sendiri.

Oleh karena itu, jangan ragu untuk memberikan kebaikan kepada sesama, ya. Karena dari situ kamu akan belajar juga tentang bagaimana caranya berbuat atau bersikap baik kepada diri sendiri. Dengan membantu orang lain, mereka akan menyayangimu dan di saat bersamaan, kamu pun akan semakin menyayangi dirimu sendiri.

Itulah kelima manfaat berbuat kebaikan kepada orang lain. Setelah membaca dampak berbuat baik di atas, apa yang bisa kamu simpulkan? Salah satunya adalah kamu menjadi lebih peka terhadap lingkungan dan diri sendiri. Jadi, masihkah kamu ragu untuk berbuat baik?

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya