Comscore Tracker

7 Tipe Istirahat yang Bisa Kamu Coba Saat Burnout, Jaga Kondisi Tubuh!

Tubuh bisa kembali prima, produktivitas pun meningkat

Beban kerja yang berat dan penuh tekanan bisa menyebabkan burnout. Itu adalah sebuah sinyal dari tubuhmu untuk mengisi ulang daya dengan cara beristirahat. Jadi, jangan dibiarkan sampai berlarut-larut, ya.

Jika kamu saat ini sedang burnout, yuk coba tujuh tipe istirahat berikut yang bisa kamu lakukan agar badan kembali prima. Kalau sudah bugar, pekerjaan dan tugas yang menumpuk pun bisa selesai dengan cemerlang.

1. Istirahat fisik

7 Tipe Istirahat yang Bisa Kamu Coba Saat Burnout, Jaga Kondisi Tubuh!ilustrasi istirahat fisik (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Energi kita terus terkuras saat bekerja, terlebih bagi yang menggunakan tenaga. Maka dari itu, perlu istirahat fisik saat energimu terasa mulai menurun. Kalau dipaksakan malah bikin performa jadi kurang bagus.

Untuk istirahat fisik pasif, tidurlah enam sampai delapan jam setiap malam. Jika diperlukan, ambil jam tidur ekstra. Sementara istirahat fisik aktif bisa lewat olahraga dan pijat.

2. Istirahat sosial

7 Tipe Istirahat yang Bisa Kamu Coba Saat Burnout, Jaga Kondisi Tubuh!ilustrasi istirahat sosial (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ada banyak pekerjaan yang memaksa untuk bertemu banyak orang. Hal tersebut bisa menyebabkan kita kehabisan energi, terlebih bagi para introver. Jika sudah sampai burnout, cobalah untuk beristirahat sosial. 

Kamu bisa menemui atau membuat panggilan dengan orang-orang yang bisa mengembalikan energimu. Misalnya anak, pasangan, orangtua atau sahabat. Kurangi menghabiskan waktu dengan orang yang menguras energimu. Jika kamu seorang introver garis keras, buat waktu khusus di mana kamu bisa benar-benar sendiri.

3. Istirahat sensorik

7 Tipe Istirahat yang Bisa Kamu Coba Saat Burnout, Jaga Kondisi Tubuh!ilustrasi istirahat sensorik (pexels.com/Thought Catalog)

Hampir semua pekerjaan kini berbasis digital. Kita pun dituntut menatap layar ponsel, laptop dan komputer selama berjam-jam hampir setiap hari. Hal tersebut sering banget bikin burnout.

Jika kamu sudah merasakan burnout, saatnya sensorik kamu diajak beristirahat. Ambillah jeda dari media sosial, matikan notifikasi hingga kurangi video meeting. Kamu juga bisa mencoba berjalan di atas tanah tanpa alas kaki.

Baca Juga: 5 Hal Ini Pertanda Kamu Butuh Istirahat, Stop Memaksa Diri Bekerja!

4. Istirahat mental 

7 Tipe Istirahat yang Bisa Kamu Coba Saat Burnout, Jaga Kondisi Tubuh!ilustrasi istirahat mental (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ayo angkat tangan, siapa yang mentalnya terbantai karena beban pekerjaan? Wah, kalau disuruh berbaris, pasti bakal panjang banget, ya. Pantas banyak yang hobi jajan sama jalan-jalan dengan alasan healing.

Jika sudah burnout, istirahatkan mengalami dengan beberapa hal berikut. Mulai dari meditasi hingga mengambil jeda dari pemecahan masalah yang menuntut banyak berpikir. Selain itu, buatlah semacam ritual penutupan pekerjaan untuk memisahkan urusan profesional dan kehidupan pribadi. 

5. Istirahat spiritual 

7 Tipe Istirahat yang Bisa Kamu Coba Saat Burnout, Jaga Kondisi Tubuh!ilustrasi istirahat sosial (pexels.com/Ric Rodrigues)

Spiritualitas gak bisa terlepaskan dari kehidupan manusia. Beristirahat karena burnout secara spiritual bisa jadi langkah yang baik. Kamu bisa melakukannya sesuai dengan kepercayaan yang dianut.

Pergilah ke tempat ibadah dan lakukan sembahyang. Bisa juga dengan membaca kitab suci dan membaca pujian-pujian untuk Tuhan. Alternatif lain mungkin bisa ikut tenaga sukarela untuk aktivitas amal. 

6. Istirahat emosional

7 Tipe Istirahat yang Bisa Kamu Coba Saat Burnout, Jaga Kondisi Tubuh!ilustrasi istirahat emosional (pexels.com/cottonbro)

Saat bekerja tentu kita berhadapan dengan banyak orang yang memiliki kepribadian beragam. Gak sedikit yang memancing emosi. Terlebih bagi para customer service. Pasti capek banget setiap hari mendengar komplain.

Sisi emosionalmu juga perlu istirahat jika sudah mulai burnout. Menghabiskan waktu dengan orang-orang di mana kamu bisa jadi diri sendiri mungkin mampu membantu melepaskan emosi negatif. Kamu bisa juga berkonsultasi ke psikolog atau terapis jika ingin lebih aman dan profesional. 

7. Istirahat kreatif 

7 Tipe Istirahat yang Bisa Kamu Coba Saat Burnout, Jaga Kondisi Tubuh!ilustrasi istirahat kreatif (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Sejak dulu seni sudah jadi media penyaluran emosi. Beristirahat lewat kreativitas bakal membantumu lepas dari burnout, apalagi jika pekerjaanmu monoton.

Ada banyak sekali kesenian dan aktivitas kreatif yang bisa kamu coba. Jika kamu suka seni rupa, ambil peralatan melukis dan buatlah lukisan. Jika hobi menari, putar musik yang sesuai dengan suasana hati kamu dan ikuti alunan nada hingga kamu bisa kembali fresh

Ketujuh tipe istirahat di atas bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Semoga kamu bisa segera keluar dari fase burnout. Selalu jaga diri baik-baik, ya.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Rusak Kualitas Tidurmu, Efeknya Jadi Kurang Istirahat

Alfikri Saga Photo Verified Writer Alfikri Saga

Aktif menulis artikel humor, pengembangan diri, arsitektur, entertainment dan wisata.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya