Comscore Tracker

5 Cara Realistis Mengubah Kebiasaan Negatif jadi Lebih Positif

Tetap semangat untuk mencobanya lagi dan lagi

Setiap manusia dalam menjalani hidupnya, pasti memiliki kebiasaan yang dilakukannya pada kesehariannya, entah itu kebiasaan negatif atau yang positif. Tindakan yang dilakukan secara berulang-ulang, memiliki kecenderungan sulit untuk melepaskannya, apalagi tindakan tersebut dilakukan oleh dirinya secara gak sadar.

Jika tindakan tersebut adalah kebiasaan yang positif, maka itu artinya baik untukmu. Namun, jika tindakan yang dilakukan berulang-ulang tersebut merupakan kebiasaan negatif, maka harus segera kamu ubah menjadi lebih positif. Kebiasaan positif akan membuat hari-harimu menjadi semakin produktif. Bagi kamu yang merasa masih kesulitan mengubahnya. Coba ikuti kelima cara realistis berikut ini.

1. Mulailah dulu dari hal-hal yang kecil 

5 Cara Realistis Mengubah Kebiasaan Negatif jadi Lebih Positifilustrasi bangun lebih awal (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Cara realistis pertama yang perlu kamu lakukan untuk mengubah kebiasaan negatif menjadi lebih positif yaitu, dengan memulai dari hal-hal yang kecil terlebih dulu. Misalnya, kamu memiliki kebiasaan sulit bangun pagi, kamu sudah lama berusaha untuk mengubah kebiasaan negatif tersebut supaya bisa bangun pagi, tapi tetap saja masih sulit untuk dilakukan.keb

Kebiasaan bangun siang setiap hari, memang gak bisa diubah dalam waktu yang singkat. Nah, solusi untuk hal tersebut adalah cobalah kamu memulainya secara bertahap. Jika biasanya kamu bangun jam 11 siang, maka saat pertama akan mengubah kebiasaan, coba bangun dulu pada jam 8 pagi. Setelah satu minggu berjalan, barulah kamu tingkatkan lagi menjadi bangun jam 5 pagi. Intinya lakukanlah secara bertahap saja, supaya badan kamu juga gak terkejut dengan perubahan kebiasaan tersebut.

2. Mengubah cara berpikirmu selama ini 

5 Cara Realistis Mengubah Kebiasaan Negatif jadi Lebih Positifilustrasi berpikir (pexels.com/Mike Jones)

Mengubah pola pikir adalah salah satu cara realistis yang bisa kamu lakukan untuk membantumu dalam mengubah kebiasaan yang telah lama ada. Kendala dalam mengubah kebiasaan negatif menjadi lebih positif disebabkan karena kamu kesulitan mengubah gaya hidup dalam keseharianmu selama ini.

Apalagi jika selama ini kamu memiliki pemikiran untuk mengubah kebiasaan negatif menjadi positif itu terlalu dalam. Bukan malah sukses mengubahnya, yang akan terjadi justru kamu malah semakin terbebani dengan pikiranmu sendiri. Jadi, agar kamu berhasil mengubah kebiasaan burukmu itu, maka mulailah terlebih dulu dengan mengubah cara berpikirmu pada hal-hal yang sedang kamu hadapi saat ini.

Jika kamu terlalu fokus pada hasil perubahannya, maka kamu malah akan semakin sulit mengubahnya. Oleh karena itu, ubah cara berpikirmu agar kamu gak terlalu terobsesi ingin segera bisa mengubah kebiasaan negatif menjadi positif secara cepat.

Baca Juga: Jangan Diulangi, Ini 5 Kebiasaan Buruk Saat Membersihkan Rumah

3. Selalu mengingat tujuanmu dalam menjalani hidup ini 

5 Cara Realistis Mengubah Kebiasaan Negatif jadi Lebih Positifilustrasi orang yang memiliki tujuan hidup jelas (pexels.com/RODNAE Productions)

Salah satu cara realistis berikutnya, agar kamu dapat mengubah kebiasaan negatif menjadi lebih positif yaitu, dengan cara selalu mengingat tujuanmu dalam menjalani hidup ini. Jika kamu belum tahu apa yang menjadi tujuan hidupmu, maka cari dan tetapkanlah dulu, setelahnya barulah kamu gunakan untuk menjadi motivasimu dalam usaha mengubah kebiasaan negatif menjadi lebih positif.

Misalnya, tujuan hidupmu adalah ingin mempunyai rumah pribadi sebelum menikah. Nah, ingatlah tujuan tersebut, karena saat kamu mengingatnya, maka pikiran dan hatimu akan secara otomatis terdorong dan berkeyakinan bahwa kamu harus selalu berusaha untuk mewujudkan tujuan hidupmu tersebut. Dengan begitu, kebiasaan negatifmu seperti rasa malas secara perlahan akan berubah menjadi lebih rajin.

4. Menambah kebiasaan positif bersamaan dengan kebiasaan negatif yang masih sulit diubah 

5 Cara Realistis Mengubah Kebiasaan Negatif jadi Lebih Positifilustrasi kebiasaan berolahraga (pexels.com/Nathan Cowley)

Apabila dirasa sulit untuk mengubah kebiasaan negatif yang telah lama kamu lakukan, maka solusinya adalah tambahkan kebiasaan baru yang positif. Meskipun, masih sulit kamu melepaskan kebiasaan negatif karena sudah terlalu lama dan terbiasa dilakukan, tetaplah berupaya untuk menambahkan kebiasaan baru yang lebih positif setiap harinya.

Hal tersebut akan membantumu secara perlahan menghilangkan kebiasaan negatif. Secara bertahap kamu akan bisa menjadi pribadi yang lebih baik dengan kebiasaan baru yang positif. Tindakan yang sudah berulang-ulang dilakukan memang sulit untuk langsung dicegah, karena semua hal pasti membutuhkan proses. Jadi, jangan memaksakan diri, tapi teruslah semangat dalam menambahkan kebiasaan positif dalam kehidupan sehari-harimu.

5. Berkomitmenlah dalam melakukannya 

5 Cara Realistis Mengubah Kebiasaan Negatif jadi Lebih Positifilustrasi orang berkomitmen (pexels.com/Thirdman)

Cara realistis berikutnya agar tujuanmu dalam mengubah kebiasaan negatif menjadi lebih positif dapat terwujud nyata yaitu, berkomitmenlah dalam melakukannya. Setelah kamu bertekad untuk mengubah kebiasaan buruk yang selama ini terbiasa kamu lakukan, berusahalah untuk berkomitmen dengan apa yang telah kamu putuskan.

Untuk menambah semangatmu dalam berkomitmen, buatlah target kapan kebiasaan negatifmu bisa berubah. Namun, tetaplah ingat untuk gak terfokus pada hasil akhirnya, nikmati saja setiap tahapan prosesnya. Dengan begitu, kamu gak akan terbebani oleh perubahan yang sedang kamu usahakan.

Mengubah kebiasaan negatif menjadi lebih positif memang gak mudah dan gak bisa berubah dalam waktu yang singkat juga. Maka dari itu, gunakanlah cara-cara yang realistis seperti kelima cara yang sudah dijelaskan di atas. Menghadapi kendala saat melakukannya pun, itu adalah hal yang wajar. Jangan langsung menyerah ketika kamu merasa kesulitan. Kuatkan tekad dan semangat dalam menjalankannya. Tetaplah semangat untuk mencobanya lagi dan lagi.

Baca Juga: Ingin Mengubah Kebiasaan Buruk? Coba Terapkan 6 Tips Ini! 

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya