Comscore Tracker

5 Pesan Untukmu yang Masih Ada Problem dengan Orang Masa Lalu

Selesaikan masalahmu, agar lebih dimudahkan ke depannya

Permasalahan yang belum diselesaikan, dapat menghambat segala langkah di depan. Untukmu yang sampai sekarang masih memiliki permasalahan dengan orang di masa lalu. Sebaiknya, tuntaskan dulu satu per satu, supaya perjalanan hidupmu tak dipenuhi bayangan kenangan menyedihkan.

Pesan-pesan berikut ini penting untuk direnungkan, demi kebahagiaan hidup di masa sekarang dan yang nanti akan datang. Yuk, simak sambil diresapi.

1. Supaya tak ada lagi keraguan dalam melangkah 

5 Pesan Untukmu yang Masih Ada Problem dengan Orang Masa Laluilustrasi melangkah maju meraih masa depan (pexels.com/Alena Darmel)

Melangkah ke masa depan, di setiap perjalanannya pasti akan bertemu dengan banyak orang. Tak menutup kemungkinan, bisa juga terjadi pertemuan antara kamu dengannya. Maka, jika masih ada permasalahan di antara kalian, tentu suasana yang tercipta penuh dengan kecanggungan.

Saat tak bisa membangun kenyamanan, untuk bekerja sama, berdiskusi, berkegiatan bersama, dan sebagainya, pasti akan ada sekat yang menjadi batasan. Batasan memang perlu, tapi bangunlah dengan dasar yang positif. Bukan membatasi karena ada permasalahan yang terjadi.

2. Bagaimanapun juga kehidupan sosial akan saling membutuhkan 

5 Pesan Untukmu yang Masih Ada Problem dengan Orang Masa Laluilustrasi kehidupan bertetangga (pexels.com/RODNAE Productions)

Siapa pun orangnya yang pernah bermasalah denganmu, ada baiknya jangan dibiarkan saja. Jika memang masih bisa diperbaiki, cari waktu yang tepat untuk saling berupaya menyelesaikannya. Sadarilah, bahwa bagaimanapun juga kehidupan sosial, itu akan saling membutuhkan.

Perselisihan yang ada, cobalah temukan jalan keluarnya yang terbaik untuk bersama. Sebab, akan semakin menyakitkan jika terus dibiarkan. Satu sama lain semakin tak nyaman dengan keadaan. Padahal, tak seorang pun yang bisa tahu akan apa yang terjadi di masa depan, dan siapa sosok yang bisa memberinya pertolongan, apabila hal buruk menimpanya.

Baca Juga: 5 Langkah Sederhana Terapkan Problem Solving di Berbagai Situasi 

3. Mengurangi rasa frustrasi 

5 Pesan Untukmu yang Masih Ada Problem dengan Orang Masa Laluilustrasi seseorang merasa frustrasi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mengalami permasalahan dengan orang lain, memang bisa menyebabkan kekecewaan di hati. Maka dari itu, jika masih punya masalah yang belum dituntaskan, segeralah cari solusi pemecahannya. Sebab, kekecewaan memicu kenaikan rasa frustrasi pada diri.

Segala kesakitan akibat kekecewaan yang masih disimpan, membuatmu kian terpuruk di masa depan. Namun, jika ada upaya untuk menyelesaikannya dan memperbaiki kesalahan masing-masing, kemungkinan terburuknya bisa diperkecil.

4. Selesaikan agar tak membebani pikiran 

5 Pesan Untukmu yang Masih Ada Problem dengan Orang Masa Laluilustrasi banyak beban pikiran (pexels.com/Kelly Lacy)

Masalah yang terus dibiarkan, tak akan hilang dengan sendirinya. Justru, bisa menyebarluas ke mana-mana. Nah, agar tak sampai menambah beban pikiran, maka menyelesaikannya dari sekarang adalah solusi terbaiknya.

Tak perlu terburu-buru, pikirkan terlebih dulu secara matang tentang caranya. Sehingga, saat tiba waktu yang tepat untuk mendiskusikannya, maka dapat ditemukan jalan keluar yang bisa disepakati bersama.

5. Hubungan yang harmonis bisa didapat saat tak lagi saling bermasalah 

5 Pesan Untukmu yang Masih Ada Problem dengan Orang Masa Laluilustrasi hubungan harmonis (pexels.com/Gustavo Fring)

Masalah memang tetap ada di dalam kehidupan sosial. Namun, saat hal tersebut terjadi, bukan berarti keharmonisan tak bisa tercipta. Hubungan harmonis bisa terjalin, meski pernah saling bermasalah. Tentu saja, syaratnya harus diselesaikan terlebih dulu apa yang menjadi sumber permasalahan.

Berhenti meninggikan gengsi untuk membuka kembali komunikasi. Hubungan sosial yang sehat dan harmonis, bisa didapatkan lagi saat kedua pihak yang berselisih mau untuk berbicara dari hati ke hati. Hidup rukun dan damai itu lebih menyenangkan, daripada berkeras diri untuk membiarkan masalah terus berlarut.

Perbaiki hubungan sosial yang sempat rusak. Pesan-pesan di atas, jangan hanya sekadar dibaca, cobalah renungkan, agar kehidupan yang kamu jalani semakin bermakna. Bagimu yang masih punya permasalahan dengan orang lain, niatkan hati untuk berani menyelesaikannya.

Masalah memang bagian dari kehidupan yang perlu dituntaskan. Maka, dengan siapa pun kamu bermasalahnya, itu juga menjadi bagian yang menjadi tanggung jawab individu untuk menemukan pemecahannya. Sebab, dari situlah kualitas manusia akan semakin meningkat. Entah, permasalahan dengan diri sendiri, pekerjaan, hingga sosial, baik yang terkait masa lalu maupun masa kini.

Baca Juga: 5 Cara Kembangkan Mindset untuk Jadi Problem Solver ala Nicky Clara

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya