Comscore Tracker

Apa Itu Potensi Diri? 5 Hal Perlu Kamu Pahami

Setiap orang memiliki potensi, yuk, kenali

Apakah kamu sudah menemukan potensi yang ada di dalam diri? Ini sangat berguna, lho untukmu menjalani kehidupan sehari-hari. Mulai dari berkarier, berkehidupan sosial, bahkan hingga hubungan asmara. Setiap orang memiliki potensinya masing-masing, hanya saja ada yang sudah terlihat, tapi ada yang masih tersembunyi.

Potensi diri dapat bermanfaat baik dan membantumu untuk meraih cita-cita masa depan. Tentu saja, kamu perlu mengenalinya terlebih dulu, agar kamu mampu mengembangkannya secara optimal. Namun, sebelumnya, apakah kamu sudah tahu tentang apa potensi diri itu?

Berikut ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui dan pahami terkait potensi diri. Tujuannya yaitu, supaya kamu mudah dalam mengenalinya, hingga terus mengembangkannya.

1. Kemampuan terpendam yang dimiliki setiap orang 

Apa Itu Potensi Diri? 5 Hal Perlu Kamu Pahamiilustrasi berlatih keterampilan berbicara (pexels.com/RODNAE Productions)

Potensi diri adalah kemampuan terpendam yang dimiliki oleh setiap orang. Ada yang sudah bisa digunakan untuk memudahkan aktivitas dalam keseharian. Namun, ada pula yang belum ditemukan, sehingga belum bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Kemampuan tersebut bermacam-macam, bisa berupa kepribadian, minat dan bakat akan suatu hal, kecerdasan intelektual dan emosional, bahkan faktor fisik yang kamu miliki. Jika, kamu sudah menemukan apa saja kemampuanmu, maka teruslah asah dan kembangkan, hingga memberikan kebermanfaatan bagi kehidupan yang kamu jalani.

Kemampuan diri yang sudah ada, sangat disayangkan, apabila dibiarkan saja. Temukanlah dan olah dengan baik, karena ini merupakan potensi diri yang kamu miliki, di mana bisa bermanfaat untuk menggapai masa depan yang cemerlang.

2. Kekuatan di dalam diri yang masih bisa dikembangkan lagi 

Apa Itu Potensi Diri? 5 Hal Perlu Kamu Pahamiilustrasi orang mengendalikan emosi diri (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Memiliki kekuatan atau kelebihan dalam bidang-bidang tertentu, merupakan sebuah tanda bahwa ada potensi di dalam dirimu. Maka, carilah hal-hal atau kegiatan, di mana saat kamu melakukannya, ada sebuah kekuatan dari dalam diri untuk melakukannya dengan baik dan maksimal.

Baik itu kekuatan secara fisik, mental maupun pikiran, teruslah berlatih dalam menggunakannya. Sebab, potensi diri adalah kekuatan yang masih bisa kamu kembangkan lagi. Asalkan, kamu mau terus melatihnya dengan penuh kedisiplinan dan ketekunan. Selain itu, kamu juga perlu mempersiapkan beberapa hal yang mendukung proses latihanmu.

Supaya kamu semakin mendapatkan dorongan kekuatan tersebut. Dengan begitu, seiring berjalannya waktu, potensi berupa kekuatan di dalam diri akan semakin besar, hingga menjadi sesuatu yang akan memberikan jalan kepadamu, untuk meraih apa yang kamu impikan selama ini.

Baca Juga: 5 Kerugian Mengintai di Balik Self-Criticism, Menghambat Potensi Diri

3. Kemampuan dasar manusia yang masih tersembunyi dan memerlukan upaya untuk menemukannya 

Apa Itu Potensi Diri? 5 Hal Perlu Kamu Pahamiilustrasi orang termotivasi menjadi lebih baik (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Ketika, dalam bekerja, belajar, atau kegiatan lainnya, kamu merasa senang saat melakukannya, serta merasa termotivasi untuk melakukannya kembali. Maka, itu merupakan tanda bahwa sesungguhnya ada sebuah potensi yang masih tersembunyi di dalam diri.

Rasa senang yang kamu alami dan motivasi yang muncul dari dalam diri, ketika menjalani aktivitas tertentu. Itu menunjukkan, bahwa kamu memiliki kemampuan dasar dalam hal tersebut. Setiap manusia memiliki kemampuan dasar yang berbeda-beda.

Ketika, diri merasa semakin termotivasi untuk melakukannya kembali. Maka, yakinlah bahwa kamu berpotensi dalam aktivitas tersebut. Kondisi seperti itu, menandakan bahwa kamu harus berupaya untuk menemukannya. Setiap manusia memang memiliki potensi diri, tapi jika gak ada upaya untuk mewujudkannya menjadi nyata, maka selamanya itu hanya akan menetap di dasar dirimu.

4. Sebuah daya yang ada di dalam diri, tapi belum bermanfaat secara maksimal 

Apa Itu Potensi Diri? 5 Hal Perlu Kamu Pahamiilustrasi orang berhasil menyelesaikan pekerjaannya (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Potensi diri merupakan sebuah daya yang ada di dalam diri manusia. Akan tetapi, daya tersebut belum bermanfaat secara maksimal. Sebab, seseorang belum memaksimalkannya secara serius. Daya adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk melakukan sesuatu dengan sebaik mungkin.

Misalnya, ketika rekan kerjamu membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikan proyek pekerjaan tertentu. Namun, kamu bisa menyelesaikannya secara tepat dan cepat. Ini artinya, kamu memiliki daya dalam proyek pekerjaan tersebut.

Penting untukmu menyadari hal ini sebagai sebuah potensi diri. Lalu, tumbuhkan niat dan tekad untuk terus melatih dan mengembangkannya secara optimal. Percayalah, suatu saat nanti, kamu bisa menjadi ahli dalam bidang tersebut.

5. Aset berharga yang sayang jika tak diasah 

Apa Itu Potensi Diri? 5 Hal Perlu Kamu Pahamiilustrasi potensi adalah aset masa depan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Salah satu aset berharga untukmu di masa depan yaitu, potensi diri. Maka, ketika kamu sudah memilikinya dan berhasil menemukannya, akan sangat disayangkan, jika kamu membiarkannya saja. Sadarilah sejak dini setiap kelebihan yang ada di dalam diri. Kelebihan yang kamu miliki itulah yang dinamakan potensi diri.

Segala jenis kekuatan, kemampuan melakukan sesuatu, hingga kecerdasan, itu bisa menjadi potensi bagi seseorang. Potensi diri adalah salah satu hal yang bisa terus dikembangkan. Tentu saja, melalui berbagai usaha dan kerja keras, serta latihan yang rutin. Sebab, sehebat apa pun bakat yang kamu miliki sejak lahir, jika tak pernah diasah, maka bakatmu gak akan bermanfaat di dalam kehidupan nyata.

Apakah kamu sudah menemukannya? Coba sebutkan apa saja. Apakah keahlian dalam berbahasa? Apakah keahlian dalam hal gerak tubuh? Apakah kamu orang yang tertarik dengan sesuatu yang membutuhkan logika? Atau, kamu orang yang ahli dalam bermusik, atau mungkin kamu itu seseorang yang pandai mengatur emosi, mampu menjadi mandiri, dan memiliki jiwa kepemimpinan tinggi? Serta masih banyak lagi.

Sekarang, kamu sudah mulai paham, kan terkait potensi diri? Maka, setelah ini cobalah renungkan kembali dan temukanlah potensi yang masih tersembunyi. Ketika, kamu sudah mengenalinya, maka mudah untukmu dalam mengembangkannya. Ingatlah selalu, bahwa talenta itu hanya berperan kecil terhadap masa depanmu.

Sebab, ketekunan dalam berlatih mengembangkan potensi dirilah yang berperan paling besar terhadap perjalanan kesuksesan setiap orang.

Baca Juga: 5 Keuntungan Membaca Buku dalam Pengembangan Potensi Diri 

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya