Comscore Tracker

5 Tips Praktis Tingkatkan Rasa Syukur dalam Diri agar Hidup Bermakna

Apapun kondisinya, jangan lupa bersyukur 

Bersyukur merupakan cara terbaik yang mampu membuatmu merasa damai, hidup lebih tenang dan bahagia. Dengan bersyukur atas apa yang kamu miliki akan membuatmu merasa cukup dan gak akan pernah mengkhawatirkan tentang segala hal yang akan datang padamu ataupun yang akan pergi.

Belajarlah mensyukuri semua nikmat yang telah kamu dapatkan. Meskipun hal tersebut sederhana, faktanya gak semua orang pandai bersyukur. Hal itu dibuktikan dengan masih banyak orang yang selalu mengeluh, terus menerus membandingkan diri dengan orang lain dan berpikir negatif ke orang lain. Apakah kamu juga seperti itu? Hal tersebutlah yang menyebabkan kamu menjadi kurang mensyukuri atas segala yang telah kamu dapatkan. Berikut adalah lima tips praktis yang bisa meningkatkan rasa syukur dalam diri, agar kamu bisa menikmati kebahagiaan hidup.

1. Selalu berpikir positif 

5 Tips Praktis Tingkatkan Rasa Syukur dalam Diri agar Hidup Bermaknailustrasi berpikir positif (pexels.com/Radu Florin)

Segala hal yang terjadi bisa memengaruhi pola pikirmu, tips pertama yang harus kamu lakukan agar bisa membiasakan diri untuk bersyukur adalah belajar untuk selalu berpikir positif. Kelola pola pikir negatif menjadi lebih positif. Belajar juga untuk melihat sisi positif dari segala hal negatif yang terjadi.

Jika kamu sedang mengalami banyak permasalahan, maka cobalah melihat sisi baik dan manfaat dari masalah yang kamu hadapi. Dengan cara ini, kamu akan pandai dalam bersyukur. Bagaimanapun kondisi yang sedang kamu hadapi, berusahalah mensyukurinya, karena akan selalu ada kebahagiaan di balik kesedihan.

2. Menulis segala hal yang menjadi rasa syukurmu 

5 Tips Praktis Tingkatkan Rasa Syukur dalam Diri agar Hidup Bermaknailustrasi menulis (pexels.com/Mikhail Nilov)

Manusia pasti bisa merasa lupa akan nikmat-nikmat yang sudah diterima, sehingga akan lupa juga untuk mensyukurinya. Supaya kamu gak lupa lagi dengan hal-hal yang seharusnya bisa kamu syukuri. Cobalah menuliskannya, bisa kamu tulis di buku maupun gawai kamu.

Lakukan kebiasaan ini setiap hari menjelang tidur. Kamu tuliskan hal-hal apa saja yang sudah kamu syukuri hari ini. Misalnya, bangun pagi dengan kondisi badan yang sehat, pekerjaan di kantor lancar, perjalanan menuju pulang ke rumah gak macet atau mendapatkan teman baru yang baik. Buatlah daftar tersebut sebanyak 5-10 hal yang kamu syukuri dalam satu hari.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk yang Mengikis Rasa Syukur, Yuk Jauhi!

3. Jangan banyak berandai-andai 

5 Tips Praktis Tingkatkan Rasa Syukur dalam Diri agar Hidup Bermaknailustrasi orang berkhayal (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Apakah kamu sering berkhayal tentang sesuatu yang terjadi dalam hidupmu? Kamu selalu memikirkan bagaimana jika seandainya seperti ini atau seandainya saja seperti itu. Kurangi kebiasaan ini mulai dari sekarang juga. Mengkhayalkan sesuatu dalam hidup, akan membuat kamu menjadi gak realistis.

Oleh karena itu, cobalah untuk lebih fokus kepada hal-hal yang sedang kamu kerjakan atau ingin kamu lakukan dan fokus juga pada sesuatu yang memang kamu miliki. Apa pun yang terjadi dalam hidupmu, hanyalah kamu yang akan mampu mengendalikan keadaan, apabila kamu ingin mengubah sesuatu yang ada dalam hidupmu sendiri.

4. Hentikan membandingkan diri dengan siapa saja 

5 Tips Praktis Tingkatkan Rasa Syukur dalam Diri agar Hidup Bermaknailustrasi orang saling menatap (pexels.com/Ron Lach)

Disadari atau gak, dampak buruk dari kebiasaan kamu yang sering membanding-bandingkan diri dengan orang lain adalah akan merasa seolah-olah orang lain memiliki kehidupan yang lebih beruntung, sedangkan hidupmu biasa saja. Percayalah bahwa jalan hidup setiap orang itu gak pernah sama.

Apa yang kamu saksikan di media sosialnya atau apa yang kamu lihat secara langsung tentang seseorang itu terkadang bukanlah kondisi yang sesungguhnya. Bisa saja seseorang terlihat senang dan berbahagia, karena kamu gak tahu keadaan yang sebenarnya dari dia. Bisa jadi dalam hatinya menangis karena merasa sepi dan sedih. Ada kemungkinan juga bahwa ternyata hidupmu jauh lebih berbahagia darinya. Inilah mengapa sekecil apa pun nikmat yang kamu rasakan, maka bersyukurlah atas itu.

5. Teruslah berbuat baik kepada banyak orang 

5 Tips Praktis Tingkatkan Rasa Syukur dalam Diri agar Hidup Bermaknailustrasi membantu orang lain (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Salah satu cara ampuh yang bisa membuat suasana hati menjadi riang dan gembira adalah berbuat kebaikan kepada siapa saja. Hatimu akan merasa bahagia setiap kali mampu membuat orang lain merasa senang. Sadarilah bahwa di luar sana masih ada banyak orang yang membutuhkan bantuan dan perhatian.

Berbuat baik gak selalu harus dengan memberi uang. Lakukanlah hal-hal sederhana, seperti membantu tetangga yang baru saja pindah rumah, mendengarkan teman yang ingin curhat atau ikut serta aktif dalam kegiatan sosial di sekitar rumah. Dengan berbuat baik, kamu akan menyadari bahwa kamu mungkin saja bisa lebih beruntung dari orang lain.

Bagaimanapun kondisinya berusahalah melihat sisi positifnya, ya. Ini yang akan meningkatkan rasa syukur dalam diri, sehingga rasa tenang, nyaman dan bahagia pun akan kamu dapatkan setiap harinya. Hidupmu akan lebih bermakna dan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Sudahkah kamu bersyukur hari ini?

Baca Juga: 5 Manfaat Terbiasa Bersyukur, Gak Pernah Merasa Kekurangan!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya