Comscore Tracker

5 Tips Biasakan Diri Berprasangka Baik ke Orang Lain, Berempatilah

Pola pikir sederhana, tapi gak semua orang bisa melakukannya

Agar hubunganmu dengan yang lainnya dapat terjalin secara baik dan lancar, maka ada satu hal yang perlu kamu biasakan yaitu berprasangka baik terhadap orang lain dan kehidupan. Berikut lima tips yang bisa kamu lakukan untuk membiasakan diri memiliki prasangka baik.

1. Biasakan dirimu untuk selalu melihat niat baik seseorang

5 Tips Biasakan Diri Berprasangka Baik ke Orang Lain, Berempatilahilustrasi orang merenung (pexels.com/Mary Taylor)

Untuk memunculkan prasangka baik dari dalam diri, kamu perlu belajar membiasakan diri untuk melihat niat baik seseorang, bukan malah terus menerus menaruh rasa curiga kepadanya. Mencurigai orang lain justru akan membuatmu merasakan kecemasan berlebih dan rasa takut dalam diri.

Apabila kamu mulai muncul rasa curiga terhadap seseorang, cobalah untuk menenangkan dirimu agar lebih rileks, pergilah ke tempat yang tenang, merenunglah sambil melakukan latihan pernapasan. Tarik dan buang napasmu dalam-dalam, hal tersebut dapat membantu pikiran dan hatimu agar lebih tenang. Dengan begitu, rasa curiga terhadap orang lain akan mulai berkurang.

2. Lihat pula hal-hal baik yang orang tersebut lakukan 

5 Tips Biasakan Diri Berprasangka Baik ke Orang Lain, Berempatilahilustrasi melihat kebaikan yang dilakukan orang lain (pexels.com/Amina Filkins)

Tips berikutnya, setelah kamu melihat niat baik dari seseorang, apabila kamu masih berprasangka buruk padanya, maka cobalah untuk melihat atau mengingat kembali mengenai hal-hal baik yang orang tersebut lakukan. Jadi, bukan malah melihat kekurangan atau kesalahannya terus menerus, jika begitu nanti kamu justru akan semakin memiliki prasangka buruk terhadapnya.

Melihat kebaikan orang lain, selain akan membuatmu gak berprasangka buruk padanya, hal ini juga akan membantumu agar gak salah dalam menilai orang lain. Daripada terus berprasangka buruk yang belum tentu terbukti kebenarannya, lebih baik jika kamu melihat saja kebaikan-kebaikan yang orang tersebut lakukan. Jangan terlalu memusingkan kekurangan atau kesalahannya, fokuslah saja ke hal-hal baik dari orang itu.

Baca Juga: 5 Alasan Menjaga Prasangka Baik Bisa Bikin Hidup Kamu Lebih Bahagia

3. Jangan menghakiminya, namun tumbuhkanlah rasa empati 

5 Tips Biasakan Diri Berprasangka Baik ke Orang Lain, Berempatilahilustrasi menumbuhkan rasa empati terhadap orang lain (pexels.com/Ron Lach)

Membiasakan diri untuk berprasangka baik terhadap orang lain, kamu juga perlu menumbuhkan rasa empati dari dirimu sendiri. Dengan begitu, kamu gak akan mudah menghakimi orang lain dengan prasangka yang kurang baik terhadapnya. Bersikap empati akan membuatmu dapat mengenali, memahami, dan merasakan mengenai apa yang orang lain sedang rasakan.

Cobalah posisikan dirimu di posisi orang tersebut, rasakan ketulusan hatinya, nanti secara perlahan prasangka burukmu terhadapnya pasti akan memudar. Ketika kamu memosisikan diri seperti orang lain, maka kamu gak akan mudah untuk menghakiminya dan gak bersikap seenaknya. Ketahuilah bahwa hal-hal inilah yang kerap memunculkan prasangka buruk terhadap orang lain.

4. Hentikan kebiasaanmu yang suka mencela orang lain 

5 Tips Biasakan Diri Berprasangka Baik ke Orang Lain, Berempatilahilustrasi mencela orang lain (pexels.com/Budgeron Bach)

Belajarlah untuk menghargai orang lain, hentikan kebiasaanmu yang suka mencela sesama manusia. Jika kamu senang mencela orang lain, kebiasaan burukmu itu juga dapat terus memicumu untuk memiliki prasangka buruk terhadap mereka, lho. Oleh karena itu, hentikanlah kebiasaan mencela orang lain, agar kamu dapat menumbuhkan prasangka baik kepada siapa saja.

Hentikan segera kebiasaan buruk tersebut, entah itu mencela penampilan fisik maupun aspek-aspek lainnya dari seseorang. Sadarilah bahwa setiap manusia itu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika kamu ingin membiasakan diri berprasangka baik kepada siapa saja, maka jaga hati, pikiran, dan lisanmu agar gak terus menerus mencari celah untuk mencela orang lain.

5. Belajar mendengarkan dengan baik

5 Tips Biasakan Diri Berprasangka Baik ke Orang Lain, Berempatilahilustrasi orang mendengarkan (pexels.com/Liliana Drew)

Menjadi pendengar yang baik juga dapat membantumu dalam membiasakan diri berprasangka baik terhadap orang lain. Cobalah kecilkan egomu, belajarlah mendengarkan orang lain dengan baik, hal tersebut pasti akan memiliki manfaat positif untukmu. Kamu bisa mendapatkan informasi dengan jelas, serta dapat memahami dengan benar tentang apa yang orang lain katakan.

Dengan begitu, kamu gak akan salah paham padanya. Salah satu hal yang kerap memicu diri berprasangka buruk kepada orang lain adalah faktor kesalahpahaman. Oleh karena itu, belajar dan berlatihlah agar kamu bisa meningkatkan kemampuan mendengarkan orang lain secara lebih baik lagi. Sebelum kamu memiliki prasangka kepada orang lain, lebih baik dengarkan dulu informasi yang orang tersebut sampaikan secara tuntas.

Pola pikir ini memang terlihat sederhana, namun faktanya gak semua orang bisa melakukannya. Biasakan dirimu memiliki prasangka baik kepada siapa saja, maka dalam menjalani kehidupan ini, kamu dapat merasakan damai dan bahagia. Hal tersebut karena prasangka baik dapat berfungsi untuk membimbingmu agar memiliki hubungan sehat dengan orang lain.

Baca Juga: Perlu Tahu, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Dianjurkan untuk Berbaik Sangka

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya