Comscore Tracker

5 Tips Mengurangi Stres, Terapkan Setiap Hari, ya!

Alami stres karena pekerjaan, cinta, maupun lainnya?

Stres bisa dialami oleh siapa saja, penyebabnya pun bermacam-macam, mulai dari pekerjaan, urusan asmara, hingga aspek kehidupan lainnya. Namun, tak perlu khawatir akan membahayakan diri, asalkan kamu mau mengatasinya sejak dini.

Mengurangi tingkatan stres pada diri, tak terlalu rumit dan berat untuk dilakukan. Kamu hanya perlu menerapkan beberapa tips mengurangi stres berikut ini di setiap harinya. Yuk, langsung saja dipelajari.

1. Berolahraga secara rutin 

5 Tips Mengurangi Stres, Terapkan Setiap Hari, ya!ilustrasi rutin berolahraga (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kegiatan fisik yang menghasilkan keringat, selain menyehatkan badan, hal tersebut juga dapat mengurangi tingkatan stres pada diri. Jadwalkan dirimu untuk berolahraga setiap harinya, tak harus berlama-lama, 10-15 menit juga bisa. Pilih jenis olahraga yang kamu suka, dan rasakan efeknya.

Kamu bisa berjalan santai mengelilingi rumah, bersepeda, berlari bersama hewan peliharaan, dan sebagainya. Badan sehat, pikiran segar, hati pun bergembira. Stres yang tadinya kamu rasakan, secara perlahan akan berkurang tingkatannya.

2. Digital detox secara rutin

5 Tips Mengurangi Stres, Terapkan Setiap Hari, ya!ilustrasi menikmati kegiatan digital detox (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Digital detox memiliki manfaat baik bagi kesehatan mentalmu. Salah satunya yaitu, untuk meredakan tingkatan stres yang dialami. Cobalah selama 1-2 jam untuk tidak menggunakan perangkat digital apa pun. Nikmati waktunya sambil menenangkan diri.

Semakin rutin melakukannya, dampak positifnya pun kian kamu rasakan. Stres dalam diri tak akan membuatmu semakin tertekan hingga berujung depresi. Sebab, ketenangan diri bisa dirasakan setiap hari dengan berupaya menjalankan kegiatan digital detox ini.

3. Cukupi kebutuhan air dalam tubuh 

5 Tips Mengurangi Stres, Terapkan Setiap Hari, ya!ilustrasi orang minum air mineral (pexels.com/Artem Podrez)

Tak hanya meningkatkan kesehatan dan daya fokus, cukup minum air putih setiap harinya, juga menjadi sarana mengurangi stres yang kamu alami. Air menjadi kebutuhan tubuh yang sebaiknya jangan sampai kekurangan, sebab dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Apabila kesehatan fisik dan mental terganggu, tingkatan stresmu akan semakin naik. Maka, jika sedang berupaya mengurangi rasa stres, mulailah membiasakan diri minum air putih yang cukup. Saat waktunya makan, beraktivitas, menjelang tidur, dan di setiap waktu lainnya.

Baca Juga: 10 Langkah Cerdas Mengatasi Stres di Tempat Kerja, biar Pikiran Tenang

4. Mencari tahu tentang informasi secukupnya saja 

5 Tips Mengurangi Stres, Terapkan Setiap Hari, ya!ilustrasi orang membaca (pexels.com/George Pak)

Informasi akan selalu ada yang baru di setiap jamnya. Bagi kamu yang sedang mengurangi tingkatan stres pada diri, jika ingin mencari tahu tentang berbagai informasi, lakukan dengan wajar dan secukupnya saja.

Hal ini sebagai upaya untuk mengistirahatkan pikiran. Selain itu, pilihlah juga informasi yang bernilai positif, agar tak menambah beban pada diri. Terkadang, berita yang muncul juga menjadi pemicu kenaikan stres yang dialami seseorang. Maka, solusinya konsumsilah informasi secara cukup.

5. Tarik napas secara dalam dan hembuskan perlahan 

5 Tips Mengurangi Stres, Terapkan Setiap Hari, ya!ilustrasi orang bernapas (pexels.com/Kelvin Valerio)

Melakukan teknik pernapasan juga menjadi tips berikutnya yang bisa membantumu mengurangi rasa stres. Tarik napas secara dalam, lalu hembuskan perlahan. Ulangi beberapa kali kurang lebih selama 5 menit. Lakukan dengan tenang dan pilih tempat yang nyaman.

Setelah selesai melakukannya, cobalah amati dan rasakan apa efeknya terhadap pikiran dan perasaan. Pasti akan ada perbedaan yang signifikan dengan sebelumnya. Jika awalnya sangat stres dan tertekan, sekarang semua kembali tenang dan bisa memfokuskan diri lagi untuk menjalani hari.

Stres tidak terlalu berefek negatif pada diri, selagi masih bisa kamu tangani. Justru, jika tidak ada stres yang dirasakan, kamu akan bersikap dan berpikir santai, tanpa ada kemajuan di dalam diri. Namun, memang tak semua orang bisa mengelolanya, sehingga menyebabkan peningkatan yang berujung pada depresi.

Jika kamu mulai uring-uringan dan lelah, terapkan tips mengurangi stres di atas, ya. Stres bisa terus meningkat, jika tak ada upaya pengurangan yang dilakukan. Sebab, permasalahan akan tetap ada di dalam kehidupan yang masih berjalan. Jangan sampai kamu diam saja, sehingga menjadikan tumpukan rasa tertekan terus meninggi.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Rasa Stres Berlebih saat Kuliah, Jangan Dibawa Beban!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya