Comscore Tracker

Tata Cara, Niat, Doa, dan Waktu Pelaksanaan Salat Istikharah

#RamadandiRumah Buat kamu yang bingung menentukan pilihan

Dalam ajaran umat muslim, salat lima waktu merupakan salah satu rukun islam yang hukumnya wajib. Selain itu, ada beberapa salat yang hukumnya sunah dan memiliki tujuan tertentu.

Salah satunya adalah salat istikharah yang biasa dipakai untuk menentukan pilihan saat sedang bimbang. Salat istikharah memiliki tata cara, niat, doa, serta waktu pelaksanaan sendiri. Berikut IDN Times berikan pedoman salat istikharah untuk kamu.

1. Salat istikharah adalah salat yang diajarkan Rasulullah SAW untuk memohon agar diberikan petunjuk untuk memilih yang terbaik

Tata Cara, Niat, Doa, dan Waktu Pelaksanaan Salat Istikharahunsplash/ Aliko Sunawang

Imam Nawawi dalam bukunya Al-Adzkar, menyebutkan bahwa hukum melakukan salat istikharah adalah sunah yang sangat dianjurkan. Terlebih bagi kamu yang mengalami kebimbangan tengah memutuskan satu hal.

Salah satu hadis Nabi Muhammad SAW dalam riwayat Jabir Ibn Abdillah ra, Rasulullah SAW bersabda :

                                                                       اذا هم أحد كم بالأمر فليركع ركعتين ثم ليقل: أللهم... (رواه البخاري)

"Jika di antara kalian hendak melakukan perkara atau urusan, maka rukuklah      (salatlah) dua rakaat, kemudian berdoa". (HR. Bukhori, HR. Ahmad, Ibn Hibban, Al-Baihaqi dan lainnya)

Setelah melaksanakan salat istikharah, biasanya muncul ketenangan dan kemantapan dalam menentukan pilihan. Salat istikharah merupakan jawaban untuk masyarakat Jahiliyah yang saat itu masih menggunakan azlam atau undian ketika ingin sesuatu.

Petunjuk setelah melaksanakan salat istikharah bisa berupa mimpi dengan simbol tertentu. Pelaksanaannya dilakukan dua atau tiga kali jika dirasa masih ada keraguan.

2. Adapun niat salat sunah istikharah adalah sebagai berikut

Tata Cara, Niat, Doa, dan Waktu Pelaksanaan Salat Istikharahpexels/Ali Arapoğlu

Seperti salat lainnya yang memiliki bacaan niat tertentu, salat istikharah diawali dengan membaca niat yang biasa diucapkan dalam hati. Berikut adalah bacaan surat istikharah yang bisa kamu terapkan sebelum takbir:

                                                                                                             أصلى سنة الإستخارة ركعتين لله تعالى

Apabila dijadikan latin menjadi:

"Usshollisunnatan istikhoroti rak’ataini lillahi ta’ala"

Artinya:

"Saya berniat salat sunah istikharah dua rakaat karena Allah Ta’ala."

3. Waktu paling dianjurkan melaksanakan salat istikharah

Tata Cara, Niat, Doa, dan Waktu Pelaksanaan Salat Istikharahunsplash/ Fahrul Azmi

Waktu pelaksanaan salat istikharah boleh dilakukan kapan pun, kecuali waktu yang dilarang untuk salat sunah yaitu selepas salat subuh sampai matahari meninggi dan sesudah salat Ashar sampai matahari tenggelem.

Sementara anjuran melaksanakan salat istikharah dikerjakan di waktu malam atau sekurang-kurangnya setelah mengerjakan salat wajib Isya, hingga sebelum masuk waktu salat wajib subuh. 

Berdasarkan hadis sahih dari Riwayat Imam Bukhari dan Muslim, Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa :

"Di setiap malam Allah SWT turun ke langit dunia sampai tersisa sepertiga malam terakhir. Dan Allah SWT berkata, 'Adakah hambaku yang meminta sehingga pasti akan Aku berikan apa yang ia pinta. Adakah hambaku yg berdoa hingga pasti Aku akan kabulkan doanya. Adakah hambaku yang memohon ampunan (dengan istighfar) sehingga aku akan ampuni dosanya." -HR. Bukhari dan Muslim-

Baca Juga: Niat, Doa, dan Tata Cara Mandi Wajib Bagi Perempuan Setelah Haid

4. Berikut tata cara pelaksanaan salat istikharah

Tata Cara, Niat, Doa, dan Waktu Pelaksanaan Salat IstikharahIDN Times/Rizka Yulita

Fikih sunah karya Sayyid Sabiq menerangkan bahwa salat istikharah boleh dilakukan seperti salat sunah yang lain. Seperti misalnya, salat sunah rawatib atau salat sunah Tahiyatul masjid.

Menurut Syaikh Wahbah, disunahkan membaca surat Al-Kafirun setelah membaca surat Al-Fatihah pada rakaat yang ke pertama. Berikut adalah urutan salat sunah Istikharah:

  • Niat
  • Takbiratul ihram, diikuti dengan doa Iftitah
  • Membaca surat Al Fatihah
  • Membaca surat dari Alquran, diutamakan Surat Al-Kafirun
  • Ruku' dengan tuma'ninah
  • I'tidal dengan tuma'ninah
  • Sujud dengan tuma'ninah
  • Duduk di antara dua sujud dengan tuma'ninah
  • Sujud kedua dengan tuma’ninah
  • Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua
  • Membaca surat Al Fatihah
  • Membaca surat dari Alquran, diutamakan Surat Al-Ikhlas
  • Ruku' dengan tuma'ninah
  • I'tidal dengan tuma'ninah
  • Sujud dengan tuma'ninah
  • Duduk di antara dua sujud dengan tuma'ninah
  • Sujud kedua dengan tuma’ninah
  • Tahiyat akhir dengan tuma'ninah
  • Salam

5. Doa setelah salat sunah istikharah

Tata Cara, Niat, Doa, dan Waktu Pelaksanaan Salat IstikharahIDN Times/Rizka Yulita

Setelah melaksanakan salat Istikharah, dianjurkan membaca bacaan doa sebagai berikut :

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ، وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ، وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ.

     اَللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ -وَيُسَمَّى حَاجَتَهُ- خَيْرٌ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاقْدُرْهُ لِيْ وَيَسِّرْهُ لِيْ ثُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْهِ،

     وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ شَرٌّ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاصْرِفْهُ عَنِّيْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ

                                                                                                                                                   أَرْضِنِيْ بِهِ

Artinya:

"Ya Allah, sesungguhnya, aku memohon kebaikan kepada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kemampuan kepada-Mu dengan kekuasaan-Mu, dan aku memohon kepada-Mu dari anugerah-Mu yang Agung. Sesungguhnya, Engkau Mahakuasa sedang aku tidak kuasa, Engkau Mahatahu sedang aku tidak mengetahui, Engkaulah Dzat yang Maha Mengetahui perkara yang gaib.

Ya Allah, apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini (menyebutkan persoalannya) adalah baik bagiku dalam agamaku, kehidupanku, dan akhir urusanku, maka tentukanlah untukku, mudahkan jalannya dan berkahi aku di dalamnya.

Dan apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini adalah buruk bagiku dalam agamaku, kehidupanku dan akhir urusanku, maka jauhkanlah ia dariku dan jauhkanlah diriku darinya, tentukanlah untukku apa pun yang terbaik, kemudian jadikanlah aku ridha dengannya."

Berikut tadi pedoman pelaksanaan salat istikharah yang bisa kamu coba praktikan untuk memantapkan hati ketika memilih sesuatu. Semoga mendapatkan pilihan terbaik, ya!

Baca Juga: Kumpulan Doa Lengkap Selama Puasa Ramadan dari Hari 1-30

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya