Comscore Tracker

Doa Ketika Melihat Ka'bah beserta Artinya, Momen Luar Biasa!

#IDNTimesLife Ada latin dan terjemahannya juga

Salah satu momentum yang dinanti jemaah ibadah haji saat mengunjungi tanah suci Mekkah adalah melihat Ka'bah. Pasalnya, melihat langsung bangunan istimewa bagi umat muslim ini, tentu akan memberi kesan tersendiri. 

Umat Islam selalu dianjurkan buat mengucapkan syukur dan pujian kepada Allah SWT ketika melihat sesuatu yang indah. Untuk itu, berikut kami berikan doa ketika melihat Ka'bah secara langsung. Simak selengkapnya di bawah ini, yuk!

1. Doa ketika melihat Ka'bah

Doa Ketika Melihat Ka'bah beserta Artinya, Momen Luar Biasa!Suasana Jamaah Haji di depan Ka'bah, Masjidil Haram, Makkah (IDN Times/Umi Kalsum)

Imam Syafi'i meriwayatkan dalam musnad dari Ibnu Juraij, bahwa Rasulullah SAW jika melihat Ka'bah kemudian mengangkat kedua tangan, lalu berdoa. Berikut amalan doa ketika melihat Ka'bah yang dapat jemaah haji lafalkan: 

                                     اللَّهُمَّ زِدْ هَذَا الْبَيْتَ تَشْرِيفًا وَتَعْظِيمًا وَتَكْرِيمًا وَمَهَابَةً وَزِدْ مَنْ شَرّفَهُ وَكَرّمَهُ مِمَّنْ حَجَّهُ

                                                                                           وَاعْتَمَرَهُ تَشْرِيفًا وَتَكْرِيمًا وَتَعْظِيمًا وَبِرًّا

2. Bacaan doa ketika melihat Ka'bah

Doa Ketika Melihat Ka'bah beserta Artinya, Momen Luar Biasa!Ilustrasi berdoa (IDN Times/Sukma Shakti)

Latin: Allahumma zid hadzal baita tasyrifan wa ta'dziman wa takriman wa mahabatan wa zid man syarrafahu wa adzamahu wa karramahu mim man hajjahu awi'tamarahu tasyrifan wata'dziman watakriimawwabirran. 

Baca Juga: Doa Ketika Berangkat dan Masuk Arafah, Wajib Dibaca saat Pergi Haji!

3. Arti doa ketika melihat Ka'bah

Doa Ketika Melihat Ka'bah beserta Artinya, Momen Luar Biasa!pixabay.com/Abdullah_Shakoor

Artinya: "Ya Allah, tambahkanlah kemuliaan, keagungan, kehormatan, dan wibawa pada Bait (Ka'bah) ini. Dan tambahkan pula pada orang-orang yang memuliakan, mengagungkan dan menghormatinya di antara mereka yang berhaji atau yang berumrah dengan kemuliaan, keagungan, kehormatan, dan kebaikan." 

Doa ketika melihat Ka'bah tergolong pendek dan mudah dilafalkan. Semoga doa baik ini bisa kamu amalkan pada momentum pertama ketika melihat Ka'bah, ya! Amin.

Baca Juga: Bacaan dan Arti Doa Sa'i, Rukun Ibadah Haji dan Umrah

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya