Comscore Tracker

IWF 2021: Mitos-Fakta Community Writer dan Launching IDN Times Korea  

#IWF2021 Ada bocoran artikel yang biasa diincar editor

Indonesia Writers Festival 2021 (IWF 2021) by IDN Times telah memasuki hari ketiga pada Rabu (27/10/2021). Untuk sesi pertama kali ini mengambil tema Editor's Talk: Mitos & Fakta Community Writer dan Launching IDN Times Korea.

Dalam pemaparannya, editor menyuguhkan jawaban atas rasa penasaran penulis terkait penerbitan artikel hingga bocoran topik artikel yang ramai. Selain itu, ada sesi pengenalan kanal baru IDN Times Korea pada community writers. Berikut ulasan selengkapnya!

1. Kilas balik platform menulis IDN Times Community

IWF 2021: Mitos-Fakta Community Writer dan Launching IDN Times Korea  Manager IDN Times Community Ernia Karnia dalam IWF 2021 Mitos-Fakta Community Writer dan Launching IDN Times Korea. Rabu (27/10/2021). IDN Times/ Fajar Laksmita

Dalam sambutannya, Manager IDN Times Community, Ernia Karina mengatakan bahwa keunggulan paltform IDN Times Community adalah bisa mewadahi penulis belajar karena ada saringan langsung dari editor. Menurutnya, belajar menulis membutuhkan mentor. Animo penulis waktu itu juga cukup besar dari tahun pertama berdiri sejak 8 Februari 2017.

"Awalnya sehari 30-50 artikel sehari, sekarang kita bisa menerima lebih dari 500 artikel yang masuk dalam meja redaksi dalam sehari. Ini juga berkat semangat teman-teman community writer," terangnya.

Platform menulis IDN Times Community memiliki sistem redeem poin dari besarnya jumlah pageviews (PV) dan penulis memperoleh kredit dalam tulisan mereka. Ernia menambahkan bahwa IDN Times Community sekarang makin mudah diakses karena ada IDN Times App, jadi bisa menulis sambil rebahan, di mana pun, dan kapan pun.

"Sekarang member IDN Times Community ada 45 ribu lebih dan setiap minggu ada tambahan sekitar 200 orang. Ada banyak topik yang dapat ditulis melalui IDN Times Community seperti movie, Korea, humor, science, lifestyle, hype, bahkan fiksi seperti cerpen dan puisi," tambahnya.

2. Apakah boleh mengirim tulisan topik life berdasarkan pengalaman penulis?

IWF 2021: Mitos-Fakta Community Writer dan Launching IDN Times Korea  Editor IDN Times Community Merry Wulan dalam IWF 2021 Mitos-Fakta Community Writer dan Launching IDN Times Korea. Rabu (27/10/2021). IDN Times/ Fajar Laksmita

Editor IDN Times Community yang biasa memegang kanal Life dan subkanal terkait, Merry Wulan, memaparkan bahwa tulisan di kanal Life sendiri kebanyakan berdasarkan pengalaman dari penulis dan sesuatu yang relevan sama mereka. Jadi jawabannya boleh berdasarkan pengalaman, hanya pastikan ada tambahan data pendukung.

Misalnya, ketika menulis tentang Quarter Life Crisis maka disertai data studinya. Sehingga, harapannya teman-teman pembaca lain bisa terinspirasi dari tulisan. 

"Kalau di IDN Times Community ada kanal opini yang lebih membahas ke sosial dan politik. Itu teman-teman boleh menulis pandangan teman-teman semua dan misalnya ada perbedaan sudut pandang bisa dibagikan. Kalau di opini bisa murni pribadi dan pembaca gak harus setuju apa yang disampaikan," ujarnya. 

3. Kesalahan apa yang biasanya sering dibuat penulis di kanal News World?

IWF 2021: Mitos-Fakta Community Writer dan Launching IDN Times Korea  Editor IDN Times Community Siantita Novaya dalam IWF 2021 Mitos-Fakta Community Writer dan Launching IDN Times Korea. Rabu (27/10/2021). IDN Times/ Fajar Laksmita

Editor IDN Times Community yang biasa memegang kanal News World, Siantita Novaya, menjelaskan bahwa ada beberapa faktor yang perlu diperhitungkan ketika menulis di kanal News World. Yang mana terdiri dari kecepatan waktu dan tidak boleh salah tafsir.

Ketika artikel News World telah dikirim, ada beberapa kesalahan yang kerap dilakukan penulis. Kesalahan itu biasanya bersumber dari gambar dan caption, referensi yang salah, hingga kesalahan ketika menulis nama tokoh atau tanggal ketika peristiwa terjadi. 

Baca Juga: IWF 2021: 5 Suka Duka jadi Penulis Skenario Film Seperti Gina S. Noer

4. Topik-topik yang ramai pembaca di kanal Food

IWF 2021: Mitos-Fakta Community Writer dan Launching IDN Times Korea  Editor IDN Times Community Naufal Al Rahman dalam IWF 2021 Mitos-Fakta Community Writer dan Launching IDN Times Korea. Rabu (27/10/2021). IDN Times/ Fajar Laksmita

Editor IDN Times Community yang biasa menyunting artikel kanal Food, Naufal Al Rahman, memberi bocoran mengenai artikel yang mendulang banyak PV. Menurutnya, yang paling banyak dicari pembaca itu adalah tentang makanan di Indonesia. 

"Di IDN Times sendiri kalau yang ramai, ada rekomendasi makanan, tempat makan, dan makanan daerah atau makanan viral seperti croffle. Yang penting makanan dari daerah kita dulu karena itu yang benar-benar ditandai dan dibaca. Kalian bisa mengulik makanan legendaris dari kota kalian sendiri," tambah Naufal.

Dari beberapa pertanyaan oleh peserta, editor menjawab dengan pilihan jawaban mitos dan fakta. Misalnya, artikel yang diunggah di pagi hari lebih cepat terbit daripada di malam hari merupakan mitos. Ketika penulis yang plagiat akan di-blacklist atau ditandai, itu merupakan fakta.

5. Peluncuran kanal baru IDN Times Korea

IWF 2021: Mitos-Fakta Community Writer dan Launching IDN Times Korea  Editor Hype IDN Times Zahro dalam IWF 2021 Mitos-Fakta Community Writer dan Launching IDN Times Korea. Rabu (27/10/2021). IDN Times/ Fajar Laksmita

Menurut Editor Hype IDN Times, Zahrotustianah, ada alasan yang melatarbelakangi peluncuran kanal baru IDN Times Korea. Beberapa di antaranya adalah makin ramainya penggemar dari KPop dan KDrama serta banyaknya community writer yang mengirim artikel topik Korea.

"Jadi, ini kayaknya seru kalau kita punya wadah sendiri untuk menampung artikel-artikel jenis Korea. Bagi pembaca dan juga penulis, itu akan merasa lebih nyaman untuk cari update terkini tentang dunia hiburan Korea di IDN Times," tambahnya.

Saat ditanya, apa saja yang bisa ditulis di kanal IDN Times Korea, Zahro menambahkan bila penulis dapat mengunggah tulisan tentang KPop yang berupa profil penyanyi dan lagu, KDrama tentang tv drama dan variety show, serta KNews tentang peristiwa dan trivia.

Selain itu, penulis dapat mengambil topik seperti rekomendasi drama dan film serta membedah per karakter dalam drama. Misalnya, artis yang biasa menjadi ahjumma di drama. "Apa pun bisa ditulis sepanjang itu faktual dan unik," tambahnya.

Lebih lanjut lagi, Editor IDN Times Community, Izza Namira yang biasanya mengurasi artikel tentang Korea di IDN Times, mengatakan bahwa akan ada profil, lirik lagu, dan banyak widget baru yang sebelumnya belum ada di kanal. "Profil artis ini juga menyambung dengan kompetisi menulis yang tengah diselenggarakan oleh IDN Times Community," tambahnya.

IDN Times menggelar Indonesia Writers Festival 2021. Acara yang juga dikenal dengan IWF 2021 ini adalah pertemuan independen yang berkomitmen untuk memberdayakan Indonesia melalui bidang menulis. Acara dengan slogan Empowering Indonesians Through Writing ini dilangsungkan pada 25 hingga 30 Oktober 2021 melalui Zoom dan Youtube channel IDN Times.

IWF 2021 sendiri menghadirkan lebih dari 20 pembicara kompeten di berbagai latar belakang seperti Gina S. Noer, AULION, Zarry Hendrik, Kevindra Soemantri, Sri Izzati, dan masih banyak lainnya.

Baca Juga: IWF 2021: 8 Tips Gunakan IG Story untuk Melatih Keterampilan Menulis

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya