Comscore Tracker

Dragon Tree hingga Song of India, Ini 5 Jenis Dracaena Paling Populer 

#IDNTimesLife Ada yang berwarna pink kemerahan lho

Dracaena dikenal sebagai tanaman yang memiliki daun atraktif dengan berbagai corak dan warna. Cocok diletakkan dalam ruangan, tanaman ini sempurna untuk kamu yang baru belajar merawat tanaman.

Jenis paling digemari dari tanaman yang memiliki bunga warna putih ini, adalah Dragon Tree dan Song of India. Berikut kami bagikan ulasan singkat jenis dracaena paling populer yang bisa kamu koleksi untuk tanaman indoor

1. Dracaena marginata 'tricolor'

Dragon Tree hingga Song of India, Ini 5 Jenis Dracaena Paling Populer pulpygarden.com

Memiliki nama lain sebagai Madagascar Dragon Tree, Dracaena marginata tricolor hadir sesuai namanya, yakni dengan tiga warna daun. Kombinasi warna daun hijau, putih, dan pink kemerahan, membuat tanaman ini cocok kamu taruh di meja atau sudut ruang. 

Tanaman dengan nama lain Dracaena reflexa angustifolia tricolor ini, membutuhkan sinar matahari secara tidak langsung. Kamu bisa menyiram Dracaena marginata tricolor setiap 5-7 hari sekali. 

2. Dracaena marginata 'colorama'

Dragon Tree hingga Song of India, Ini 5 Jenis Dracaena Paling Populer sunsetblvdnursery.com

Jenis Dracaena marginata 'colorama' memiliki daun yang bertekstur agak keras dibanding lainnya. Warna daunnya merah dengan sisi lain hijau yang apik. Colorama membutuhkan sinar cahaya dengan tingkatan rendah. Namun semakin ia mendapat sinar matahari, semakin cerah pula warna daunnya.

Tanah yang gembur dan kering sangat cocok untuk tanaman Dragon Tree ini. Tapi, hati-hati apabila kamu memiliki anjing atau kucing di rumah! Ini karena Colorama mengandung racun, jadi cukup berbahaya bagi hewan peliharaan. 

3. Dracaena marginata 'bicolor'

Dragon Tree hingga Song of India, Ini 5 Jenis Dracaena Paling Populer reddit.com

Dracaena marginata ''bicolor' merupakan varietas dari Dragon Tree yang paling populer dengan warna daun hijau bergaris tepi putih dan merah. Tanaman dengan nama lain sebagai Dracaena refleza angustifolia bicolor ini, bisa tumbuh hingga 6 kaki.

Bicolor membutuhkan sinar matahari penuh dengan media tanah kering. Tanaman ini bisa kamu taruh di ruang tamu, kamar, atau di area jendela sebagai dekorasi ruang.

Baca Juga: Mudah Dirawat, Ini 5 Tanaman Sukulen Indoor untuk Hiasi Rumahmu

4. Tarzan Plant

Dragon Tree hingga Song of India, Ini 5 Jenis Dracaena Paling Populer plantz.com

Tak seperti daun lain dengan kombinasi warna, Tarzan Plant tumbuh elegan dengan satu warna hijau. Tanaman yang masih dalam keluarga Dracaena marginata ini, membutuhkan cahaya sedang, maka kamu bisa menempatkan dalam ruangan atau teras rumah. 

Ahli botani sering menyebutnya sebagai King of Plantae yang merujuk pada salah satu karakter fiksi. Jika kamu menginginkan Tarzan Plant awet, kamu bisa menambahkan pupuk dengan durasi 6 bulan sekali. 

5. Song of India

Dragon Tree hingga Song of India, Ini 5 Jenis Dracaena Paling Populer gardenista.com

Song of India dikenal sebagai Dracaena reflexa variegata dan cukup populer sebagai tanaman hias dalam ruangan. Warna daunnya hijau dengan garis putih yang membentuk spiral. 

Song of India berasal dari dataran Samudra Hindia seperti Madagaskar dan Mozambik. Jika dirawat dengan benar, Song of India dapat tumbuh hingga 6 kaki selama beberapa tahun. Selain dijadikan hiasan dalam ruang, tanaman ini bisa kamu tempatkan di taman.

Itu tadi beberapa jenis Dracaena yang paling populer di kalangan pencinta tanaman. Mana nih yang belum kamu punya? 

Baca Juga: 5 Jenis Dusty Miller, Tanaman Putri Salju yang Makin Diburu

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya