Comscore Tracker

10 Doa Pagi Hari Sesuai dengan Ajaran Rasulullah SAW, Amalkan!

Dibaca agar kita senantiasa dilindungi Allah SWT

Doa merupakan cara manusia untuk berkomunikasi dengan Sang Pencipta, Allah SWT. Ada banyak doa yang sebaiknya rutin diamalkan, salah satunya adalah doa pagi hari.

Tidak hanya menambah berkah, doa pagi hari juga bisa melindungimu dari hal-hal yang buruk. Bahkan, Rasulullah SAW juga telah meriwayatkan sejumlah doa yang dibaca di pagi hari. Yuk, simak kumpulan doa pagi hari di bawah ini.

Baca Juga: Ada Doa Minta Keturunan, Ini Doa-Doa Nabi Ibrahim di Alquran 

1. Doa pagi hari untuk berserah diri kepada Allah SWT

10 Doa Pagi Hari Sesuai dengan Ajaran Rasulullah SAW, Amalkan!ilustrasi berdoa (pixabay.com/Javad_esmaeili)

Dikutip dari laman islam.nu.or.id, Imam An-Nawawi dalam kitab Al-Adzkar mengutip doa Rasulullah yang mengawali pagi dengan berserah diri hanya kepada Allah SWT sebagai Tuhan Yang Maha Esa.

Berikut bacaan doanya:

Allāhumma bika ashbahnā, wa bika amsainā, wa bika nahyā, wa bika namūtu, wa ilaikan nusyūru.

Artinya, “Ya Allah, dengan-Mu aku berpagi hari, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali,” (HR Abu Dawud, At-Turmudzi, Ibnu Majah, dan lainnya).

2. Doa pagi hari untuk memohon perlindungan Allah SWT

10 Doa Pagi Hari Sesuai dengan Ajaran Rasulullah SAW, Amalkan!ilustrasi berdoa (pexels.com/Thirdman)

Selain doa di atas, ada juga doa lain yang dibaca Rasulullah di pagi hari sebagaimana diriwayatkan oleh Sahabat Ibnu Mas‘ud dalam Sahih Muslim sebagai berikut:

Ashbahnā wa ashbahal mulku lillāhi wal hamdu lillāhi, lā ilāha illallāhu wahdahū lā syarīka lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘alā kulli syai‘in qadīr. Rabbi, as’aluka khaira mā fī hādzihil lailata wa khaira mā ba‘dahā, wa a‘ūdzu bika min syarri mā fī hādzihil lailata wa khaira mā ba‘dahā. Rabbi, a‘ūdzu bika minal kasli wa sū’il kibari. A‘ūdzu bika min ‘adzābin fin nāri wa ‘adzābin dil qabri.

Artinya, “Kami dan kuasa Allah berpagi hari. Segala puji bagi Allah. Tiada tuhan selain Allah yang maha esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kuasa dan puji. Dia kuasa atas segala sesuatu. Tuhanku, aku memohon kepada-Mu kebaikan malam ini dan malam sesudahnya. Aku memohon perlindungan-Mu kejahatan malam ini dan malam sesudahnya. Tuhanku, aku memohon perlindungan-Mu dari kemalasan dan kedaifan masa tua. Aku memohon perlindungan-Mu dari siksa neraka dan siksa kubur,”

Baca Juga: Ini 5 Kunci Sukses Rasulullah dalam Menjalankan Bisnisnya 

3. Doa meminta perlindungan yang dibaca setiap pagi dan sore

10 Doa Pagi Hari Sesuai dengan Ajaran Rasulullah SAW, Amalkan!ilustrasi berdoa (pexels.com/RODNAE Productions)

Tidak hanya berdoa di pagi hari, Rasulullah SAW juga senantiasa berdoa di sore hari. Sebab, pagi dan sore dianggap sebagai momentum yang baik untuk memohon kemaslahatan dan meminta perlindungan Allah SWT untuk 12 jam ke depan. Adapun doa yang dibaca Rasul baik di pagi dan sore hari antara lain:

  • Doa perlindungan dari segala ciptaan Allah yang dapat mencelakakan (dibaca 3 kali):

A‘ūdzu bi kalimātillāhit tāmmāti min syarri mā khalaq.

Artinya, “Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan ciptaan-Nya,” (HR Muslim dan Ibnu Sinni).

4. Doa perlindungan dari nafsu, setan, dan sekutunya

10 Doa Pagi Hari Sesuai dengan Ajaran Rasulullah SAW, Amalkan!ilustrasi berdoa (unsplash.com/Masjid Pogung Dalangan)

Allāhumma fāthiras samāwāti wal ardhi, ‘ālimal ghaibi was syahādah, rabba kulli syai’in wa malīkah, asyhadi an lā ilāha illā anta. A‘ūdzu bika min syarri nafsī wa syarris syathāni wa syirkih.

Artinya, “Tuhanku, pencipta langit dan bumi, yang mengetahui hal yang ghaib dan nyata, tuhan dan penguasa segala sesuatu. Aku bersaksi tiada tuhan selain Kau. Aku berlindung kepada-Mua dari kejahatan nafsuku, kejahatan setan dan sekutunya,” (HR Abu Dawud dan At-Turmudzi).

5. Doa meminta agar terhindar dari keburukan

10 Doa Pagi Hari Sesuai dengan Ajaran Rasulullah SAW, Amalkan!ilustrasi berdoa (pexels.com/RODNAE Productions)

Bismillāhil ladzī lā yadhurru ma‘as mihī syai’un fil ardhi wa lā fis samā’i wa huas samī‘ul ‘alīm. (dibaca 3 kali)

Artinya, "Dengan nama Allah, Zat yang apa pun di bumi dan di langit tidak mudharat dengan asma-Nya. Dia Maha Mendengar dan Maha Tahu," (HR: Abu Dawud dan At-Tirmidzi). 

6. Membaca dua kalimat syahadat dengan Allah dan malaikat sebagai saksi

10 Doa Pagi Hari Sesuai dengan Ajaran Rasulullah SAW, Amalkan!ilustrasi berdoa (pexels.com/Anna Tarazevich)

Allāhumma innī ashbahtu asyhaduka wa asyhadu hamalata ‘arsyika wa malā’ikatika wa jamī‘a khalqika annaka antallāhul ladzī lā ilāha illā anta, wa anna Muhammadan ‘abduka wa rasūluk.

Artinya, “Tuhanku, aku berpagi hari, aku menyaksikan-Mu dan menyaksikan malaikat penanggung arasy, malaikat-Mu, dan semua makhluk-Mu bahwa Kau adalah Allah, tiada tuhan selain-Mu, dan Muhammad adalah hamba dan rasul-Mu,” (HR Abu Dawud dan At-Turmudzi).

7. Memanjatkan pujian untuk Allah agar mendapatkan perlindungan

10 Doa Pagi Hari Sesuai dengan Ajaran Rasulullah SAW, Amalkan!ilustrasi berdoa (pexels.com/Alena Darmel)

Allāhumma mā ashbaha bī min ni‘matin fa minka wahdaka lā syarīka laka, lakal hamdu wa lakas syukru. 

Artinya, "Tuhanku, nikmat yang menyertaiku berpagi hari ini semata berasal dari-Mu yang esa, tiada sekutu bagi-Mu. Bagi-Mu segala puji dan syukur," (HR Abu Dawud). 

8. Doa agar mendapat jaminan masuk surga

10 Doa Pagi Hari Sesuai dengan Ajaran Rasulullah SAW, Amalkan!ilustrasi membaca doa (pexels.com/RODNAE Productions)

Allahumma anta robbii laa ilaha illa anta, kholaqtanii wa anaa ‘abduka wa anaa ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mas-tatho’tu. A’udzu bika min syarri maa shona’tu. Abu-u laka bi ni’matika ‘alayya wa abu-u bi dzambii. Fagh-firlii fainnahu laa yagh-firudz dzunuuba illa anta.

Artinya, “Ya Allah, Engkau adalah Rabbku, tidak ada hal yang berhak disembah kecuali Engkau, Engkaulah yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku akan setia pada perjanjianku pada-Mu (yaitu aku akan mentauhidkan-Mu) semampuku dan aku yakin akan janji-Mu (berupa surga untukku)."

Keutamaan dari doa sayyidul istighfar tersebut juga sempat dijelaskan dalam Hadis Bukhari yang berbunyi "Barangsiapa mengucapkan dzikir sayyidul istighfar di siang hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati pada hari tersebut sebelum petang hari, maka ia termasuk penghuni surga. Barangsiapa yang mengucapkannya di malam hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati sebelum shubuh, maka ia termasuk penghuni surga,” (HR. Bukhari: 6306).

9. Doa meminta penjagaan

10 Doa Pagi Hari Sesuai dengan Ajaran Rasulullah SAW, Amalkan!ilustrasi berdoa (pexels.com/Alena Darmel)

Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim.

Artinya, “Allah tidak ada Ilah (yang berhak diibadahi) melainkan Dia Yang Hidup Kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang ada di langit dan di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang (berada) dihadapan mereka, dan dibelakang mereka dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari Ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, Allah Maha tinggi lagi Maha besar,” (QS. Al-Baqarah:255).

10. Doa meminta perlindungan

10 Doa Pagi Hari Sesuai dengan Ajaran Rasulullah SAW, Amalkan!ilustrasi membaca doa (pexels.com/Michael Burrows)

Allahumma innii as-alukal ‘afwa wal ‘aafiyah fid dunyaa wal aakhiroh. Allahumma innii as-alukal ‘afwa wal ‘aafiyah fii diinii wa dun-yaya wa ahlii wa maalii. Allahumas-tur ‘awrootii wa aamin row’aatii. Allahummahfazh-nii mim bayni yadayya wa min kholfii wa ‘an yamiinii wa ‘an syimaalii wa min fawqii wa a’udzu bi ‘azhomatik an ughtala min tahtii.

Artinya, “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kebajikan dan keselamatan di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kebajikan dan keselamatan dalam agama, dunia, keluarga dan hartaku. Ya Allah, tutupilah auratku (aib dan sesuatu yang tidak layak dilihat orang) dan tentramkan-lah aku dari rasa takut. Ya Allah, peliharalah aku dari depan, belakang, kanan, kiri dan dari atasku. Aku berlindung dengan kebesaran-Mu, agar aku tidak disambar dari bawahku (aku berlindung dari dibenamkan ke dalam bumi).”

Nah, itu dia kumpulan doa pagi hari yang sesuai dengan sunah Rasulullah SAW. Jangan lupa dipraktikkan setiap pagi, ya!

Topic:

  • Anata Siregar
  • Rochmanudin
  • Dinda Trisnaning Ramadhani
  • Yunisda D. Saputri
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya