Comscore Tracker

5 Pola Pikir yang Bikin Kamu Mudah Dimanfaatkan Orang Lain, Waspada!

Sebaiknya segera benahi pola pikir tersebut

Pada dasarnya, berusaha bersikap dan berbuat baik pada semua orang adalah hal yang patut dipuji. Namun pada kenyataannya, kebaikan yang kamu lakukan mungkin bisa dimanfaatkan orang lain dengan berbagai alasan dan tujuan.

Bukan untuk berprasangka buruk ya, namun alangkah baiknya kalau kamu mewaspadai beberapa pola pikir yang bikin kamu mudah dimanfaatkan orang lain. Yuk langsung simak!

1. Menjadi lengah karena berpikir semua orang pasti selalu berniat tulus

5 Pola Pikir yang Bikin Kamu Mudah Dimanfaatkan Orang Lain, Waspada!ilustrasi sedang mengobrol (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Memang benar kalau kita seharusnya berusaha untuk selalu berprasangka baik pada orang lain. Tapi bukan berarti kita boleh bersikap lengah, 'kan? Menjadi lengah karena berpikir semua orang pasti selalu berniat tulus, tentu bukanlah hal yang bijak.

Kita tidak pernah mengetahui dengan persis apa yang orang lain sedang pikir dan rasakan. Kita hanya bisa menebak-nebak berdasarkan perkiraan dan pemahaman kita saja. Oleh karena itu, tetap berprasangka baik sekaligus bersikap waspada adalah hal yang juga perlu dilatih.

2. Berpikir kalau rasa percaya saja sudah cukup tanpa perlu lagi bersikap waspada

5 Pola Pikir yang Bikin Kamu Mudah Dimanfaatkan Orang Lain, Waspada!ilustrasi orang merenung (pexels.com/Quốc Bảo)

Perlu diakui kalau rasa percaya memang merupakan hal yang penting dalam hubungan sosial. Rasa percaya juga bikin hubungan sosial semakin kuat dan erat terjalin.

Namun perlu disadari kalau rasa percaya saja sebenarnya tidak cukup dan diperlukan juga sikap waspada. Keseimbangan antara rasa percaya dan sikap waspada akan membuatmu lebih peka dan berhati-hati saat mencoba untuk mempercayai orang lain.

3. Berpikir kalau kebaikan hanya cukup dilakukan dengan perasaan dan tanpa perlu logika lagi

5 Pola Pikir yang Bikin Kamu Mudah Dimanfaatkan Orang Lain, Waspada!ilustrasi orang merenung (pexels.com/Pixabay)

Berbuat baik memang perlu dilakukan dengan niat hati yang tulus, ya. Namun hal ini malah mungkin diartikan kalau berbuat baik cukup hanya dengan perasaan. Padahal nih, melakukan kebaikan juga sebaiknya disertai dengan logika dan akal sehat.

Sehingga kebaikan yang hendak dilakukan sudah dipikirkan dengan baik dan bisa benar-benar membawa manfaat. Selain itu, diharapkan juga agar kebaikan tersebut jangan sampai dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bijak.

Baca Juga: 5 Ciri yang Tunjukkan Kalau Kamu Cuma Dimanfaatkan oleh Pacar

4. Tidak pernah mau menolak atau berkata tidak karena terlalu memikirkan bagaimana penilaian orang lain nantinya

5 Pola Pikir yang Bikin Kamu Mudah Dimanfaatkan Orang Lain, Waspada!ilustrasi kata tidak (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Salah satu pola pikir yang bikin kamu mudah dimanfaatkan orang lain adalah pemikiran untuk tidak pernah mau menolak atau berkata tidak pada orang lain. Padahal pastinya kamu juga punya hak dan alasan untuk berkata tidak, 'kan?

Apalagi jika kamu benar-benar tidak mau atau merasa tidak nyaman dengan ajakan atau tindakan orang lain. Bersikaplah bijak dan tegas tanpa harus terlalu memikirkan bagaimana penilaian orang nantinya, ingat kalau keputusan tetap ada di tanganmu.

5. Kamu sangat sering merasa ragu karena terlalu memikirkan pendapat orang lain tentang dirimu

5 Pola Pikir yang Bikin Kamu Mudah Dimanfaatkan Orang Lain, Waspada!ilustrasi orang sedang berpikir (pexels.com/Rein Krijgsman)

Jangan salah nih, keraguan akibat pola pikir yang tidak tepat juga mungkin bikin kamu mudah dimanfaatkan orang lain. Rasa ragu yang sering muncul akibat terlalu memikirkan pendapat orang lain tentangmu, tentunya sangat perlu direnungkan kembali.

Sudah tepatkah kamu membiarkan rasa ragu itu menguasai dirimu? Sebab bagi orang-orang yang berniat tidak baik, mungkin saja akan mencoba memengaruhimu untuk kepentingan mereka sendiri. Pastinya kamu tak ingin hal itu terjadi, 'kan?

Jadi, sekali lagi perlu ditegaskan kalau membenahi pola pikir di atas bukan berarti berprasangka buruk terhadap orang lain ya. Tidak ada salahnya kan untuk bersikap waspada dan hati-hati? Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat, ya!

Baca Juga: 5 Zodiak yang Terlalu Polos dan Sering Dimanfaatkan karena Kebaikannya

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya