Comscore Tracker

7 Cara Paling Sederhana biar Kamu Makin Menghargai Diri Sendiri

Menghargai diri sendiri bukan berarti egois, kok!

Saat sedang disibukkan dengan pekerjaan, terkadang kita sulit menghargai diri sendiri. Self-esteem atau penghargaan terhadap diri sendiri itu harus dibangun sehingga kita bisa menghargai hal kecil yang ada di diri sendiri.

Mempunyai harga diri yang rendah memang melelahkan. Kita sulit mencintai diri sendiri dan menghargai diri sendiri. Apakah kamu juga merasa demikian? Tenang, kita bisa membangunnya secara perlahan dengan cara-cara ini.

1. Jangan membandingkan dirimu dengan orang lain

7 Cara Paling Sederhana biar Kamu Makin Menghargai Diri Sendiripexels.com/@rethaferguson

Kita memulai perjalanan hidup kita dengan cara yang berbeda dengan orang lain. Saat kita membandingkan diri dengan orang lain, kita tidak membandingkan bentuk yang sama.

Daripada menyiksa diri membandingkan dengan orang lain, kita bisa memotivasi diri untuk lebih baik. Lalu, bandingkan posisi dirimu sekarang dengan dirimu di masa lalu. Apresiasi segala pencapaian dan kemajuan kecil yang sudah kamu capai sekarang.

2. Buatlah tujuan-tujuan kecil untuk mencapai tujuan besar

7 Cara Paling Sederhana biar Kamu Makin Menghargai Diri Sendiripexels.com/@daria

Kalau kita membuat tujuan yang terlalu besar dan sulit dicapai, ini bisa menghabiskan rasa kepercayaan diri dan menurunkan self-esteem. Dengan membuat tujuan-tujuan kecil, kita bisa mencapai tujuan besar secara bertahap.

Tujuan yang bertahap menjadikan harga diri lebih tinggi karena bisa mencapai sesuatu. Kita tahu apa yang jadi tujuan besarnya, tetapi mulailah dari hal kecil.

3. Buatlah dirimu sebagai prioritas

7 Cara Paling Sederhana biar Kamu Makin Menghargai Diri SendiriPexels.com/AndreaPiacquaido

Menjadikan diri sebagai prioritas bukanlah hal yang egois. Kamu tetap penting, berhak untuk didahulukan, dan lakukan sesuatu untuk itu. Kalau kamu menjadikan dirimu yang terakhir, orang lain akan memperlakukan hal yang sama.

Baca Juga: 8 Langkah Mudah Self-Love, Bikin Kamu Tambah Bahagia

4. Hilangkan kebiasaan komunikasi diri yang negatif

7 Cara Paling Sederhana biar Kamu Makin Menghargai Diri Sendiripexels.com/@jill-wellington-1638660

Kita seringkali mengatakan pada diri sendiri kalau tidak bisa melakukan sesuatu. Tubuh pun secara tidak sadar mengamini hal tersebut dan menjadi percaya kalau kamu tidak bisa.

Kita bisa mulai dengan memerhatikan kapan kita mulai mengatakan hal negatif kepada diri kita sendiri dan berusaha menghentikannya. Setelahnya, cobalah untuk mengatakan hal yang positif tentang dirimu.

5. Memaafkan dirimu atas kesalahan di masa lalu

7 Cara Paling Sederhana biar Kamu Makin Menghargai Diri Sendiripexels.com/@hazardos

Kesalahan adalah cara untuk memberi kita pelajaran hidup berikutnya. Jangan hukum dirimu selamanya atas kesalahan di masa lampau. Kita bisa mengambil pelajaran dari kesalahan dan tinggalkan sisanya.

Memaafkan dirimu bisa membuatmu maju ke depan. Menghukum diri terus-menerus hanya membuatmu merendahkan diri dan merasa buruk.

6. Fokus pada perubahan

7 Cara Paling Sederhana biar Kamu Makin Menghargai Diri Sendiripexels.com/Miguel Arcanjo Saddi

Cobalah untuk fokus kepada perubahan-perubahan yang baik. Buatlah hidup yang kita inginkan. Jangan biarkan dirimu larut dalam hidup yang tidak diinginkan.

Perbaiki kesalahan yang dilakukan dan lakukan hal yang positif. Hal kecil pun bisa membuat perubahan dalam hidup sehingga bisa membantu lebih baik lagi.

7. Cobalah melihat dari kacamata orang lain

7 Cara Paling Sederhana biar Kamu Makin Menghargai Diri Sendiriunsplash.com/@christianw

Berikan dirimu waktu untuk bisa melihat dari sisi orang yang mengapresiasi dirimu. Kita bisa melihat bahwa mungkin ada hal yang kamu lihat dengan cara yang salah, tetapi orang lain fokus pada hal baik.

Terkadang, apa yang menjadi masalah untukmu belum tentu diperhatikan oleh orang lain. Saat mulai bisa melihat dari sisi orang lain, kita bisa kritis kepada diri ktia sendiri bahwa ada hal-hal baik yang belum kamu sadari.

Mungkin tidak semua orang bisa langsung mempraktikkan cara ini. Kita bisa mulai perlahan-lahan sampai bisa menghargai proses yang sudah dilalui diri kita sampai hari ini.

Baca Juga: Memahami Self-Care dan Self-Love, Meski Berbeda Tapi Sama Pentingnya

Topic:

  • Gabrielle Marsha
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya