Comscore Tracker

5 Tahap Membuat Afirmasi Positif yang Tepat, Pikiran Negatif Tumbang!

#IDNTimesLife Tekanan hidup siapa takut?

Afirmasi positif adalah cara untuk membuat alam bawah sadar mengubah pikiran negatif menjadi positif. Kamu bisa membuat afirmasi positif dari apa yang ingin kamu wujudkan dan mengulanginya secukupnya.

Menurut Elizabeth Scott, Wellness Coach dalam verywellmind.com, pengulangan afirmasi itu masuk alam bawah sadar dan jadi bagian dari cara berpikir sehingga bisa mengurangi stres dan memotivasi untuk mewujudkan keinginan. Karenanya, kamu harus membuat afirmasi positif yang tepat. Yuk, simak tahapannya!

1. Pikirkan apa yang ingin kamu wujudkan dalam hidup

5 Tahap Membuat Afirmasi Positif yang Tepat, Pikiran Negatif Tumbang!pexels.com/@monstera

Dalam hidupmu, kamu mungkin menetapkan keinginan-keinginan tertentu yang ingin diciptakan atau diwujudkan. Kamu bisa melihat ke dalam dirimu, apakah ingin mengubah sifatmu, mengubah gaya hidup lebih sehat, atau lainnya.

Kamu bisa menuliskannya dan mencari tahu apa yang penting untukmu. Dengan cara ini, kamu jadi mengetahui inti dari yang ingin kamu wujudkan dalam hidupmu.

2. Buatlah pernyataan dari keinginanmu!

5 Tahap Membuat Afirmasi Positif yang Tepat, Pikiran Negatif Tumbang!pexels.com/@liam-anderson-411198

Setelah mendapat gambaran akan apa yang ingin diwujudkan, kamu bisa memasukkan ide itu ke dalam beberapa pernyataan sederhana. Kamu menuliskan pernyataan itu seolah-olah sudah terjadi.

Hal ini akan membuat penegasan pada pikiran bawah sadar agar perlahan memercayai dan mewujudkannya. Kamu tidak hanya punya keinginan, tetapi kamu berusaha untuk membuatnya menjadi nyata.

3. Pastikan pernyataanmu positif

5 Tahap Membuat Afirmasi Positif yang Tepat, Pikiran Negatif Tumbang!pexels.com/@cottonbro

Saat membuat pernyataan afirmasi, kamu harus memastikan itu positif. Kamu sebaiknya tidak menggunakan kata-kata yang berkonotasi negatif.

Seperti "Aku tidak mau merasa stres" bisa diubah menjadi "Aku merasa tenang". Pikiranmu pun akan menghindari hal yang tidak kamu inginkan dengan tidak mengatakannya ke dirimu sendiri.

Baca Juga: Tak Bisa Sembarangan, Ini 5 Cara Menggunakan Afirmasi yang Efektif

4. Buatlah afirmasi yang realistis!

5 Tahap Membuat Afirmasi Positif yang Tepat, Pikiran Negatif Tumbang!pexels.com/@stockphotoartist

Sebisa mungkin, kamu membuat afimasi positif yang realistis, tapi penuh harapan sehingga berhasil tercapai. Kamu bisa melihat perbedaan antara "Aku bisa jadi lebih baik dalam semua hal" dan "Aku bisa belajar dari kesalahanku".

Pernyataan kedua terasa lebih realisitis dibandingkan yang pertama karena tidak menuntut semua hal menjadi baik. Pilihlah kata yang sesuai untukmu! Apa pun itu, pastikan positif!

5. Carilah inspirasi dari orang lain!

5 Tahap Membuat Afirmasi Positif yang Tepat, Pikiran Negatif Tumbang!pexels.com/@olly

Kalau ingin afirmasi positif untuk mengurangi stres dan meningkatkan rasa tenang dalam dirimu, kamu bisa mencari inspirasi dari orang lain. Orang yang menginginkan hal yang sama tentunya.

Ada orang yang menyampaikan afirmasi itu melalui karya atau moto kesukaannya. Contohnya, "Aku bisa melalui hari ini" atau "Aku bersyukur akan apa yang aku miliki".

Afirmasi positif akan mendorongmu untuk bisa melalui hari seberat apa pun. Selama kamu percaya akan apa yang kamu ingin dan wujudkan, ini pasti akan terjadi.

Baca Juga: Ini 8 Afirmasi Positif untuk Lebih Mencintai Dirimu

Topic:

  • Gabrielle Marsha
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya