Comscore Tracker

Tak Bisa Sembarangan, Ini 5 Cara Menggunakan Afirmasi yang Efektif

Terapkan supaya berhasil

Secara umum, afirmasi digunakan untuk memprogram ulang pikiran bawah sadar, yang mendorong kita agar percaya pada hal-hal tertentu tentang diri kita. Afirmasi juga digunakan untuk membantu menciptakan realitas yang kita inginkan, karena pikiran bawah sadar memainkan peran utama dalam aktualisasi kehidupan dan perwujudan keinginan kita. Apa yang kita yakini tentang diri kita di tingkat bawah sadar, dapat berdampak signifikan pada hasil dari suatu peristiwa.

Karenanya, banyak orang yang menggunakan afirmasi terkagum-kagum akan hasilnya yang menakjubkan. Tapi ternyata, agar afirmasi yang kita nyatakan bisa efektif, ada beberapa tips yang perlu dilalui. Dikutip dari laman Psychology Today dan Verywell Mind, berikut cara efektif menggunakan afirmasi.

1. Ungkapkan afirmasi menggunakan kata ganti orang pertama

Tak Bisa Sembarangan, Ini 5 Cara Menggunakan Afirmasi yang Efektifunsplash.com/Ben White

Mulailah afirmasi dengan kata ganti orang pertama, seperti "saya" atau "aku". Contoh afirmasi yang dengan kata ganti orang pertama ini adalah, "Saya orang yang percaya diri dan mudah bergaul", "Saya menikmati makanan sehat", "Aku orang yang rajin berolahraga," "Aku orang yang baik dan penyayang."

Jenis pernyataan dengan kata ganti orang pertama ini mengubah penegasan menjadi pernyataan identitas, yang merupakan motivator kuat untuk mengubah diri.

2. Hanya gunakan kata-kata positif

Tak Bisa Sembarangan, Ini 5 Cara Menggunakan Afirmasi yang Efektifunsplash.com/Priscilla Du Preez

Pastikan kamu selalu menyatakan afirmasi dengan positif. Misalnya, jangan mengatakan, "Aku tidak akan sakit", kamu harus menggantinya dengan "Aku selalu sehat". Atau kalimat "Aku tidak akan murung lagi" menjadi "Aku selalu ceria dan bersemangat".

Perlu diingat, dalam afirmasi positif, setiap detailnya juga harus positif. Jadi, kamu perlu menghindari kata-kata negatif, seperti "jangan" atau "tidak"

Baca Juga: 5 Hal Positif Ini Hanya akan Dirasakan oleh Seorang Deadliner

3. Masukkan emosi ke dalam afirmasi

Tak Bisa Sembarangan, Ini 5 Cara Menggunakan Afirmasi yang Efektifunsplash.com/Olia Nadya

Selalu berikan afirmasi dengan emosi. Menggunakan kata-kata emosional dalam afirmasi sangatlah penting, karena terdapat asosiasi mendalam antara kata-kata emosional dan pengalaman somatik.

Jadi, gunakan kata-kata yang menggambarkan perasaan positif dalam afirmasi, seperti "Aku bahagia bisa menghabiskan waktu bersama keluarga", "Aku bersyukur memiliki tubuh yang sehat", atau "Saya sangat bersemangat menjalani hari ini".

4. Nyatakan afirmasi dalam keadaan sekarang

Tak Bisa Sembarangan, Ini 5 Cara Menggunakan Afirmasi yang Efektifunsplash.com/Omid Armin

Kamu harus menyatakan afirmasi seolah-olah itu sudah terjadi. Jadi, kamu harus menghindari kalimat, seperti "Aku akan lebih menarik jika mampu menurunkan 10 kilogram berat badanku", "Mulai besok aku akan menjadi orang yang bahagia", "Bulan depan, aku harus jadi orang yang lebih percaya diri".

Sebaliknya, gunakan pernyataan seolah-olah hal tersebut sudah terjadi, seperti "Aku orang yang menarik", "Aku bahagia", "Aku selalu percaya diri", dan sebagainya.

Perlu kamu ingat, tujuan di balik afirmasi adalah untuk mensetting ulang pikiran bawah sadar. Jadi, kamu harus bertindak seolah-olah apa yang kamu harapkan benar terjadi, jika kamu mengalami perasaan yang terkait dengan hasil yang kamu inginkan, semakin besar kemungkinan hasilnya terwujud.

Artinya, jika kamu yakin bahwa kamu orang yang ceria dan menarik, secara otomatis kamu akan terlibat dalam perilaku yang terkait dengan itu, yang akan membantumu mencapai tujuan.

5. Gunakan kertas catatan

Tak Bisa Sembarangan, Ini 5 Cara Menggunakan Afirmasi yang Efektifunsplash.com/Kelly Sikkema

Selain dengan ucapan langsung, cara terbaik dan juga efisien untuk mengomunikasikan betapa positifnya dirimu adalah dengan menggunakan kertas catatan berisi afirmasi positif dan menempelkan di tempat yang kamu biasa menghabiskan banyak waktu di sana, seperti di cermin, meja kerja, komputer, atau dapur.

Untuk meningkatkan semangat, kamu bisa membuat catatan yang lebih kreatif, seperti gunakan bentuk yang unik, beri gambar-gambar atau emoticon, dan gunakan tinta berwarna-warni.

Kelebihan dari cara ini adalah, kamu tidak hanya bisa menggunakannya untuk memberikan afirmasi pada diri sendiri tapi juga orang lain yang mungkin sedang membutuhkan afirmasi positif.

Afirmasi memang terbukti ampuh untuk memperbaiki kondisi mental, pikiran, hingga tujuan hidup individu. Tapi supaya hasilnya lebih memuaskan, jangan lupa terapkan langkah-langkah di atas.

Baca Juga: 5 Ciri Menandakan Kamu Berada di Lingkungan Persahabatan yang Positif

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya