Comscore Tracker

5 Tips Mengatasi Overthinking yang Menghantui Sebelum Tidur

Jangan dihindari datangnya pikiran itu

Sebelum tidur, kamu tidak jarang memikirkan apa yang terjadi di media sosial, deadline tugas atau kerjaan, ataupun hal-hal yang tidak sejalan dengan bayanganmu. Kamu pun menjadi sulit untuk memejamkan matamu untuk tidur karena terlalu banyak pikiran yang menghantuimu.

Memang sulit untuk bisa mengatasi pikiran yang datang berlomba, tapi kamu bisa mencoba beberapa hal agar tidak kebablasan dan begadang. Yuk, simak cara agar tidak ovethinking di malam hari.

1. Tuliskan apa yang membuatmu khawatir dan kepikiran terus-menerus

5 Tips Mengatasi Overthinking yang Menghantui Sebelum Tidurunsplash.com/@noemieke

Menulis adalah cara yang menenangkan. Kamu bisa meluangkan sekitar 20 menit waktumu untuk mengeluarkan semua pikiranmu diatas kertas. Dilansir TheCut, Kathryn Pinkham, spesialis insomnia National Health Services di Amerika, mengatakan bahwa setelah menulis, kamu bisa melihat kekhawatiran mana yang hanya di pikiranmu dan belum terjadi, mana yang nyata dan terjadi.

Kalau kekhawatiran yang nyata, kamu bisa membuat rencana dan tindakan yang akan kamu lakukan keesokan harinya untuk mengatasinya sehingga kamu tidak khawatir. Sedangkan, kekhawatiran yang belum terjadi harus kamu coba untuk lepaskan.

2. Jangan menghentikan pikiran itu

5 Tips Mengatasi Overthinking yang Menghantui Sebelum Tidurunsplash.com/@tjump

Kalau kamu mencoba untuk menghalangi pikiran negatif itu, kamu bisa menimbulkan kerugian. Pikiran sebelum tidur ini justru terkadang datang dari penolakanmu untuk merasakan hal yang negatif itu.

Kamu terlalu terikat pada kesenangan dan takut kehilangannya. Padahal, untuk menuju kebahagiaan, kamu juga harus melewati rasa sakit itu.

3. Mengalihkan perhatian dengan hal lain yang tidak berhubungan

5 Tips Mengatasi Overthinking yang Menghantui Sebelum Tidurunsplash.com/@avasol

Mengalihkan perhatian bukan berarti kamu menghindari pikiran negatif itu, kamu hanya mencoba membuat pikiranmu lelah. Dilansir TheCut, Neil Stanley, sleep expert, mengatakan bahwa salah satu syarat untuk tidur adalah pikiran yang tenang. Kamu bisa mengalihkan pikiranmu kepada hal-hal lain yang dapat membuat energi otakmu lelah.

Curahkan energimu kepada hal yang membuatmu lebih tenang daripada memikirkan yang membuatmu khawatir. Coba deh, mengkhayal pergi ke tempat yang jauh, membayangkan pergi ke konser musik, atau membaca buku untuk mengalihkan pikiranmu.

Baca Juga: 7 Cara Tidur yang Salah Menurut Sains, Segera Perbaiki! 

4. Luangkan waktu untuk bersantai sebelum tidur

5 Tips Mengatasi Overthinking yang Menghantui Sebelum Tidurunsplash.com/@joeel56

Kamu bisa mencoba meluangkan waktu sejam sebelum tidur untuk bersantai. Ini sangat penting. Kamu memerlukan waktu untuk memproses apa yang kamu lakukan seharian sehingga waktu satu jam itu bisa dimaksimalkan untuk bersantai sebelum tidur. Usahakan untuk melakukan ini secara teratur sehingga tubuhmu terbiasa.

5. Lakukan pernapasan mendalam

5 Tips Mengatasi Overthinking yang Menghantui Sebelum Tidurunsplash.com/@goldcircuits

Pernapasan mendalam bisa menjadi pengalih perhatianmu. Kamu bisa memikirkan untuk menghirup dan menghembuskan lebih lama dalam hitungan. Saat kamu benar-benar fokus pada napasmu, pikiranmu akan teralihkan. Dilansir TheCut, Christabel Majendie, terapis tidur, menyarankan untuk melakukan pernapasan mendalam selama sepuluh menit atau lebih.

Itu dia cara agar tidak overthinking yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi pikiran berlebihmu sebelum tidur. Memang tidak bisa dihindari, tapi kamu bisa mencoba hal-hal ini.

Baca Juga: Jam Tidur Kacau Balau Setelah Liburan? Ini 8 Tips Agar Benar Kembali

Topic:

  • Gabrielle Marsha
  • Pinka Wima
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya