Comscore Tracker

Kamu Gak Sendiri, 5 Cara Sederhana Hilangkan Rasa Kesepian dalam Hidup

Kesepian gak selalu tentang kesendirian

Merasakan kesepian bukan selalu tentang kesendirian, melainkan adanya ruang hampa dalam hidup yang tidak terisi. Perasaan ini dirasakan hampir oleh setiap orang di muka bumi ini, bahkan bisa saja hadir saat kamu dalam sebuah keramaian.

Beberapa hal seperti tak adanya tujuan dalam hidup, masih terikat dengan masa lalu dan kurangnya pemahaman diri menjadi sebab utama munculnya perasaan ini. Tetapi ini tentu saja bisa kita atas dengan melakukan 5 hal sederhana ini. Yuk, disimak!

1. Akui emosi yang sedang kamu rasakan

Kamu Gak Sendiri, 5 Cara Sederhana Hilangkan Rasa Kesepian dalam Hidupinstagram.com/@tvndrama.official

Menerima dan mengakui setiap emosi yang kita rasakan terkadang sangat sulit dan aneh. Apalagi jika kita sudah terbiasa untuk menekan dan menyembunyikan setiap perasaan yang muncul. Namun daripada menyangkal rasa sakit yang kamu rasakan, jujurlah pada dirimu sendiri jika memang sedang tidak baik-baik saja.

Kamu bisa memulai sebuah jurnal dengan menuliskan setiap perasaan yang kamu rasakan, baik marah, sedih ataupun bahagia. Ini bisa membantu kita mendapatkan lebih banyak kejelasan tentang diri sendiri.

2. Sisihkanlah waktu untuk dirimu sendiri

Kamu Gak Sendiri, 5 Cara Sederhana Hilangkan Rasa Kesepian dalam Hidupdramabeans.com

Menghabiskan waktu bersama orang lain memang menyenangkan. Namun jika sebagian besar waktumu habis untuk pekerjaan, rumah tangga dan teman, kamu hanya akan kehilangan dirimu sendiri. Pada akhirnya merasakan kelelahan fisik, mental dan mulai merasa kesepian.

Me time merupakan bagian terpenting dari hidup kita. Sisihkanlah waktu sendirian melakukan apa yang disukai. Mungkin hanya dengan minum kopi sendiri, itu bisa membantumu mengintrospeksi hari-harimu dan membawa kejelasan dalam hidup. Sehingga kamu tidak bingung dengan arah yang dituju.

Baca Juga: 5 Pelajaran Berharga yang Bisa Dipetik Saat Kesepian, Ada Hikmahnya

3. Terbukalah dengan orang tercinta di sekelilingmu

Kamu Gak Sendiri, 5 Cara Sederhana Hilangkan Rasa Kesepian dalam Hidupdramabeans.com

Saat kita terjebak dalam perasan kesepian, kita akan cenderung untuk menjauhi kehidupan sosial bahkan dari orang-orang terdekat. Paksalah dirimu untuk keluar dari zona tersebut dan keluarlah temui orang-orang yang kamu cintai secara rutin.

Imbangilah waktu untuk diri sendiri dan waktu untuk bersama mereka. Terhubung dengan orang lain secara jujur dan terbuka mungkin akan berat pada awalnya. Namun seiring waktu kamu akan terbiasa dan meningkatkan kualitas hubunganmu.

Pada akhirnya kamu akan sadar jika akan selalu ada orang tercinta yang siap untukmu kapan pun kamu membutuhkannya.

4. Dapatkan cara pandang baru dengan mengikuti kegiatan volunteer

Kamu Gak Sendiri, 5 Cara Sederhana Hilangkan Rasa Kesepian dalam Hidupdramabeans.com

Jika kamu merasakan kehampaan dan terisolasi dalam hidupmu, kegiatan volunteer bisa jadi inspirasi untuk menemukan tujuan hidup. Dengan terhubung dengan orang lain yang kurang beruntung, kamu akan mendapatkan sudut pandang baru dalam kehidupan.

Setidaknya akan lebih mensyukuri apa yang kamu miliki saat ini. Terkadang rasa hampa muncul dalam diri dikarenakan kita terlalu sering membandingkan hidup dengan orang lain yang tampaknya serbaberlebih.

5. Penuh perhatian dengan saat ini

Kamu Gak Sendiri, 5 Cara Sederhana Hilangkan Rasa Kesepian dalam Hidupdramabeans.com

Fokuslah dengan apa yang kamu lakukan di saat ini. Sadari semua sensasi, pikiran, dan emosi di sekitar kehidupanmu. Saat bersama keluarga, fokuslah dengan mereka dan syukuri setiap keberadaan mereka. Fokuslah bahkan dengan setiap hal sederhana dalam hidup.

Jalanilah hidup saat ini tanpa terikat dengan peristiwa buruk di masa lalu. Untuk bisa perhatian penuh akan membutuhkan latihan dan kesabaran. Berlatih meditasi mindfulness 10 menit sehari bisa menjadi awal. Dengan begitu, segera kamu bisa dapatkan ketenangan berpikir dan merasa.

Itulah lima hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengusir segala rasa kesepian yang hinggap selama ini. Meski awalnya tidak akan mudah, namun mulailah dengan perlahan.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Kesepian dan Cemas Saat Physical Distancing

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya