Comscore Tracker

5 Tips Mudah Menjaga Hapalan Al-Quran Biar Gak Cepat Lupa

Wajib banget diterapkan, nih! #IDNTimesLife

Suka heran gak sih punya hapalan tapi kok suka cepat lupa lagi. Apalagi bagi yang ingin jadi seorang hafidz Al-Quran agar cepat bisa menghapal seluruh isi Al-Quran.

Walau terus berusaha, tapi rasanya sangat sulit sekali untuk mempertahankan hapalan yang ingin dihapalkan. Kalau kamu juga sering merasakan hal seperti ini, jangan khawatir, kami berikan tips menarik untuk meningkatkan kemampuan hapalanmu terhadap bacaan-bacaan surat Al-Quran.  

Kita belajar bersama-sama, ya!

1. Muroja'ah setiap habis salat

5 Tips Mudah Menjaga Hapalan Al-Quran Biar Gak Cepat Lupailustrasi membaca dan menghafal Al-Quran (pexels.com/Abdullah Ghatasheh)

Muroja'ah artinya mengulang pelajaran yang telah dihapalkan. Muroja'ah seringkali dijadikan metode pengulangan secara berkala dalam menghapal Al-Quran dan salah satu cara yang ampuh untuk menjaga hapalan.

Oleh karena itu, muroja'ah sangat bermanfaat dalam pengulangan bacaan sampai hapal serta dapat memahaminya dan mengamalkannya dengan baik. Jadi, biar hapalanmu tetap terjaga, biasakan setelah habis salat dibaca kembali, ya!

2. Baca hapalanmu dalam salat

5 Tips Mudah Menjaga Hapalan Al-Quran Biar Gak Cepat LupaIlustrasi sedang salat berjamaah (Pexels.com/Alena Darmel)

Dalam salat kita biasanya membaca ayat-ayat suci Al-Quran, yang terdiri dari bacaan niat, surat Al-Fatihah, hingga surat-surat Al-Quran lainnya. Nah, kamu bisa juga sekalian menyelipkan surat hapalanmu di dalam salat.

Supaya hapalanmu tetap terjaga dan gak gampang hilang. Meskipun begitu, tetap jangan lupa untuk memulai salat dengan niat beribadah dan menunaikan kewajiban sebagai Muslim. Jangan mulai salat dengan niat mau hapalan, ya!

Baca Juga: Ayat-Ayat Al-Quran tentang Cinta yang Bisa Menenangkan Hati Kamu

3. Perbanyak melakukan tindakan positif

5 Tips Mudah Menjaga Hapalan Al-Quran Biar Gak Cepat Lupailustrasi tempat hiburan malam (pexels.com/Edoardo Tommasini)

Menjaga hapalan surat Al-Quran tentu perlu didasari dengan niat yang baik dan positif. Menjauhi larangan-Nya adalah salah satu strategi ampuh untuk menjaga niat baik kita sekaligus menjaga hapalan tetap bersenyam di kepala.

4. Sering mendengarkan murottal

5 Tips Mudah Menjaga Hapalan Al-Quran Biar Gak Cepat Lupailustrasi membaca Al-Quran (pexels.com/Pok Rie)

Sama seperti mendengarkan lagu, orang akan senantiasa menyerap semua untaian, isi, lirik lagu yang didengarkannya sampai tanpa terasa ia sudah hapal lagu tersebut di luar kepala. Murottal pun konsepnya sama seperti ketika kita sedang mendengarkan sebuah lagu.

Selain dapat membantu menjaga hapalan Al-Quran kita semakin meresap ke dalam sanubari, Murottai juga merupakan salah satu metode ampuh untuk menentramkan hati dan jiwa kita. 

5. Cari motivasi agar tetap istiqomah dalam menghapal dan mengingat hapalan

5 Tips Mudah Menjaga Hapalan Al-Quran Biar Gak Cepat LupaIlustrasi sedang menghafal Al-Quran (pexels.com/Monstera)

Motivasi merupakan sebuah dorongan dari keinginan seseorang untuk mencapai tujuannya. Apa keinginanmu maka kejarlah terus sampai dapat. Begitu pun dengan hapalan. Memiliki tujuan untuk bisa menghapal, yakinkan diri untuk terus mempelajarinya. Jadikan tujuanmu itu sebagai motivasi untuk bisa.

Itulah kelima tips biar hapalanmu bisa tetap terjaga dengan baik. Semoga kamu menjadi seorang hafidz atau hafidza yang bermanfaat di dunia dan akhirat, ya. Semangat!

Baca Juga: Ada Hafal Alquran, Lho! 10 Aktor Indonesia Rajin Mengaji

Gebialya R. Photo Verified Writer Gebialya R.

Allah swt said, "compete in goodness."

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya