Comscore Tracker

Tanamkanlah 7 Prinsip Ini Saat Kamu Merasa Ragu dalam Menjalani Hidup

#Goodlife Buatlah harimu-harimu berharga

Apakah kamu sedang merasa ragu dalam menjalani hidup? 

Entah apa yang ada di dalam pikiranmu dan apa yang kamu rasakan saat ini, tentunya hal itu merupakan salah satu masalah yang mengganggu segala aktivitasmu sehari-hari bahkan konsep dirimu. Jika kamu selalu merasa ragu dalam menjalani hidup, hidupmu tidak akan tenang bahkan yang lebih parahnya kamu bisa menjadi depresi.

Jika kamu sedang merasa ragu dalam menjalani hidup ini, tanamkanlah prinsip ini.

1. Menjalani hidup adalah sarana untuk melakukan sesuatu yang berharga

Tanamkanlah 7 Prinsip Ini Saat Kamu Merasa Ragu dalam Menjalani HidupPixabay/Free-Photos

Pernahkah kamu merasa tidak tahu apa yang harus kamu lakukan saat memasuki hari baru? Atau, setiap hari kamu selalu berkumpul dengan genk soulmate-mu disertai dengan canda tawa dan mengikuti kesibukan mereka, namun kamu merasa hampa? Kamu merasa hidupmu kosong dan diisi hal-hal yang tidak berguna, padahal perasaanmu ini berbeda dengan pandangan orang di sekitarmu.

Jika kamu merasakan hal itu, cobalah sesekali renungkan sesuatu mengenai dirimu. Apa yang kamu inginkan saat menjalani hidup? Bagaimana caranya kita bisa merasakan sesuatu yang berharga setiap menjalani hidup? Pertanyaan ini akan terjawab jika kamu berani melakukan sesuatu yang baru dan meninggalkan kebiasaanmu yang lama.

Jangan melakukan sesuatu yang berulang, tetapi membuatmu merasa hampa dalam menjalani hidup. Beranikan diri untuk melakukan hal baru dan sederhana, namun memberikan manfaat bagi banyak orang.

Jika biasanya kamu cuek dengan pengemis di jalanan, kamu memberikannya sebungkus roti dan uang kepadanya. Kegiatan sepele seperti ini tidak hanya membuatmu berharga, tetapi membuat orang lain merasa bahagia.

2. Membuat keputusan akan menghilangkanmu dari rasa ragu

Tanamkanlah 7 Prinsip Ini Saat Kamu Merasa Ragu dalam Menjalani HidupUnplash/Malvestida Magazine

Tanpa kamu sadari, setiap kamu mulai melangkah untuk menjalankan aktivitas di hari baru, pilihan akan selalu datang menghampirimu. Entah itu pilihan yang ringan atau berat, kamu akan terus menghadapinya setiap hari. Hal ini juga berkaitan dengan cita-citamu, tujuanmu, atau bisa saja, masalah cinta dan kesehatanmu. 

Kadang, kita merasa galau karena diri kita sendiri tidak punya keputusan tegas dalam menghadapi segala sesuatu.

Mulai sekarang, tanamkanlah keputusan yang kuat pada dirimu. Keputusan ini sebagai senjata ketika kamu dihadapkan pada beberapa pilihan. Kamu memiliki kriteria yang pasti dan solusi yang jitu jika dihadapkan suatu pilihan yang juga bagian dari sebuah masalah kehidupanmu. 

Meskipun tidak selalu berjalan dengan baik, jika kamu sudah yakin akan keputusan yang kamu buat, kamu tidak akan ragu dalam menjalani hidup. Kamu akan selalu yakin bahwa masalah tersebut akan berakhir dengan baik.

3. Kita punya hak untuk mempelajari banyak hal

Tanamkanlah 7 Prinsip Ini Saat Kamu Merasa Ragu dalam Menjalani HidupUnplash/Element5 Digital

Selama kita masih diberikan kesempatan untuk menjalani hidup, kamu memiliki hak untuk mempelajari banyak hal. Apakah kamu memiliki cita-cita dan tujuan yang ingin kamu capai? Belajarlah untuk menekuni bidang yang kamu suka! 

Tetapi, belajar disini bukan hanya untuk di bidang akademik saja. Sebenarnya, yang paling banyak yang harus kamu pelajari adalah masalah kehidupan di sekitarmu.

Masalah hidup tidak hanya tentang dirimu, tetapi tentang lingkungan di sekitarmu dan orang-orang terdekatmu. Dengan kamu peka terhadap dirimu sendiri dan sekitarmu, kamu bisa melakukan refleksi diri mengenai hidupmu. 

Dan, masalah di sekitarmu akan memberikan hikmah yang dalam untukmu sehingga kamu bisa belajar untuk menjadi orang yang lebih baik lagi.

4. Janganlah merasa sendiri saat kamu sedang ditimpa suatu ujian

Tanamkanlah 7 Prinsip Ini Saat Kamu Merasa Ragu dalam Menjalani HidupUnplash/Timothy Paul Smith

Kegagalan, ketidakadilan, kesepian adalah sebagian ujian hidup yang dihadapi oleh banyak orang. Perasaanmu saat mengalami ujian hidup adalah merasa kecewa sedangkan pikiranmu akan berkata bahwa kamu bodoh dan tidak berguna. Mindset seperti ini akan membuatmu semakin ragu dalam menjalani hidup. Cobalah hentikan sekarang dan pahamilah, bahwa kamu tidak sendirian di dunia ini.

Tuhan selalu mengawasimu setiap kamu menjalani hidup dan kamu juga masih memiliki keluarga yang selalu ada disampingmu. Ingatlah, ujian hidup tidak hanya diberikan oleh kepadamu saja, tetapi semua orang di dunia ini. Bahkan, ujianmu belum tentu seberat yang dirasakan oleh mereka.

Ingatlah, Tuhan memberikan ujian hidup padamu agar menjadi manusia yang lebih dewasa. Janganlah takut untuk menghadapi ujian hidup ini, tapi hadapilah dengan sabar dan pelajarilah setiap masalah yang kamu alami. Ingatlah, kamu masih diberikan kesempatan oleh Tuhan untuk menyelesaikan segala permasalahanmu, jadi lakukanlah!

Baca Juga: 7 Pelajaran Hidup yang Didapat Saat Jadi Penulis IDN Times Community

5. Kebahagiaan tidak akan membuatmu menjadi pribadi yang sombong

Tanamkanlah 7 Prinsip Ini Saat Kamu Merasa Ragu dalam Menjalani HidupPexels/ Leah Kelley

Kamu diberikan posisi tertinggi di kantor atau kamu masuk dalam kategori Mahasiswa dengan nilai IPK tertinggi di angkatanmu. Jika kamu mengalami hal ini, apa yang kamu rasakan? Senang atau bahagia? Ingat, senang dan bahagia itu berbeda, lho. 

Ketika kamu merasa senang, tentunya kamu berhasil mendapatkan apa yang kamu inginkan, atau segala usahamu sudah terbayar untuk mewujudkan impianmu. Hal itu bisa menjadi statusmu di lingkungan sosialmu dan dapat membuatmu bersyukur atau bisa menjadi orang yang sombong karena status itu.

Sedangkan, kebahagiaan bukanlah sesuatu yang harus dicari dan tidak memerlukan segala usaha untuk mendapatkannya. Kebahagiaan selalu datang setiap hari jika kita selalu bersyukur dan bersabar dalam menjalani hidup. Kita tidak terlalu senang dan terlalu sedih menghadapi suatu hal, tetapi semuanya akan menjadi hikmah kehidupan yang bisa kita pelajari.

Jadi, kalau ingin hidupmu lebih berharga, cobalah untuk merasa bahagia dalam menghadapi segalanya. Kelak, kamu akan menjadi orang yang lebih bijaksana dalam menghadapi hidup.

6. Terkadang, kita harus istirahat dari rutinitas sehari-hari

Tanamkanlah 7 Prinsip Ini Saat Kamu Merasa Ragu dalam Menjalani HidupUnplash/ kevin laminto

Setiap hari, kita selalu disibukkan oleh aktivitas yang berhubungan dengan cita-cita, tujuan, bahkan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Kita dituntut untuk profesional dalam menghadapi segala hal dan menaati segala aturan yang ada di tempat kerja atau di sekolah kita. 

Setiap hari, kita selalu bersaing untuk mendapatkan status yang lebih tinggi dibandingkan yang lain. Tapi, pernahkah kita berpikir untuk menjadi diri kita seutuhnya?

Maksudnya adalah, kamu menyendiri untuk merefleksi dirimu sebagai dirimu yang seutuhnya. Kamu tidak terpaku pada statusmu saat ini, tetapi berpikir mengenai tujuan hidupmu, kebahagiaan yang kamu rasakan, merasakan aktivitas yang santai terlepas dari pekerjaan dan kewajibanmu sehari-hari, olahraga, atau menikmati apa yang terjadi di sekitarmu.

Terkadang, dari hal-hal sepele seperti itu, jika kamu sungguh-sungguh melakukannya, kamu tidak akan merasa ragu dalam menjalani hidupmu. Justru, kamu akan semakin bersyukur dan memandang bahwa hidup ini indah untuk dijalani.

7. Beribadah, berdoa, dan selalu bersyukur setiap hari akan membuatmu tenang

Tanamkanlah 7 Prinsip Ini Saat Kamu Merasa Ragu dalam Menjalani HidupPexels/3Motional Studio

Inilah yang harus kamu lakukan setiap hari. Dengan kamu melakukan ini, apa yang sudah kamu jalani setiap hari tidak akan sia-sia. Dari setiap kegiatan yang kamu lakukan, kamu selalu berdoa untuk diberikan petunjuk dan tak lupa kamu mensyukuri segala nikmat yang sudah kamu miliki. Kamu juga tidak merasa sendirian, karena kamu yakin bahwa Tuhan akan selalu membantumu dalam menghadapi setiap masalahmu setiap hari. 

Jika kamu melakukan ini dengan sungguh-sungguh, kamu akan selalu ditanamkan keyakinan hati yang kuat dan jauh dari kata menyesal dalam menjalani hidupmu sehari-hari.

Inilah prinsip yang harus kamu tanamkan pada dirimu saat kamu sedang merasa ragu dalam menjalani hidup. Untuk apa kamu terus menanamkan rasa ragu dalam dirimu pada suatu hal? Hadapi segala keraguanmu dan hapuskanlah rasa ragumu! Semoga, hidupmu menjadi lebih indah dan bermakna, ya.

Baca Juga: Walau Sakit, 5 Pelajaran Hidup Ini Bisa Kamu Petik Saat Patah Hati

Starlight Photo Verified Writer Starlight

"Let's enjoy the journey and hope, we still have a chance to be exist."

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya