Comscore Tracker

5 Kerugian Punya Sifat Gak Enakan, Kamu Harus Tahu!

Bahan instrospeksi diri

Sifat orang yang terlalu baik adalah gak enakan atau sungkan jika menolak sesuatu ataupun mengambil keputusan. Susah memang, jika berbicara tentang sifat. Namun, tidak selamanya kita harus pasrah untuk tidak memperbaiki diri.

Karena ternyata ada dampak negatif sifat gak enakan atau sungkan ini, lho. Berikut penulis akan jelaskan beberapa kerugian orang-orang yang punya sifat gak enakan. Simak, ya! 

1. Susah mengambil keputusan

5 Kerugian Punya Sifat Gak Enakan, Kamu Harus Tahu!ilustrasi mengambil keputusan (pexels.com/Andres Ayrton)

Hal pertama adalah susahnya mengambil keputusan. Ya, sifat gak enakan ini akan mengganggu kita untuk menentukan pilihan mana yang akan kita ambil.

Cenderung untuk mengalah, sehingga terkesan pasrah dan tidak punya ketegasan diri dalam mengambil keputusan. Hal ini tentu berefek buruk pada diri kamu.

2. Krisis percaya diri

5 Kerugian Punya Sifat Gak Enakan, Kamu Harus Tahu!ilustrasi minder (pexels.com/Pixabay)

Hal kedua selanjutnya adalah krisis percaya diri. Ini bahaya, lho. Kenapa? Karena akan membuatmu terus merasa minder, menganggap diri paling payah, merasa tidak berkembang dan terlalu banyak menghabiskan waktu untuk memikirkan orang lain. 

Hal ini akan terlihat ketika kamu sedang berkumpul dengan banyak orang. Merasa diri tidak layak, bahkan kamu cenderung menarik diri. Jangan sampai seperti ini, ya.

Baca Juga: 5 Mindset untuk Menghilangkan Sifat Gak Enakan

3. Mudah dimanfaatkan orang lain

5 Kerugian Punya Sifat Gak Enakan, Kamu Harus Tahu!ilustrasi minder (pexels.com/Keira Burton)

Hal ketiga selanjutnya adalah mudah dimanfaatkan orang lain. Hal ini sangat cocok, karena kemampuan mu dalam hal mengambil keputusan terasa dijajah oleh mereka. 

Bahkan mereka menganggap bahwa kamu adalah sasaran empuk, yang tidak akan bisa menolak keinginan mereka. Belajar tegas, yuk!

4. Susah untuk mandiri

5 Kerugian Punya Sifat Gak Enakan, Kamu Harus Tahu!ilustrasi merengek (pexels.com/Liza Summer)

Hal selanjutnya akan membuatmu menjadi tidak mandiri. Terbiasa memenuhi apa yang orang lain inginkan, dan selalu mendengar apa yang orang lain bilang menjadikanmu seseorang yang merasa lemah dan tidak mandiri. 

Ya, ini adalah benar adanya. Kamu ketergantungan orang lain. Merasa tidak bisa menentukan hidup sendiri. Dan terus mendengarkan apa yang menurut orang lain benar. Padahal belum tentu apa yang mereka katakan sesuai dengan keinginanmu.

5. Jadi suka membanding-bandingkan diri

5 Kerugian Punya Sifat Gak Enakan, Kamu Harus Tahu!ilustrasi melamun (pexels.com/Liza Summer)

Hal terakhir selanjutnya adalah suka mencari-cari kesalahan dan membandingkannya dengan diri sendiri. Merasa senang ketika ada orang punya kekurangan yang sama dengan diri kita. Merasa sedih ketika orang lain ternyata lebih baik dari pada kita.

Padahal kita diciptakan dengan bentuk dan sifat masing-masing, tidak akan sama. Konflik batin yang seperti ini yang harus dihindari, karena akan membuatmu susah untuk menjadi diri kamu sendiri. 

Sesekali kamu harus lebih tegas dalam mengambil keputusan, ya. Apalagi menurut kamu tidak sesuai dengan keinginan kamu. Kamu harus lebih berani dan bijak dalam menyuarakan pendapat, jika tidak ingin tertekan dan terus-terusan disetir oleh orang lain. Jadilah seorang yang berani versi dirimu sendiri. Berani mengambil keputusan, dan berani menjadi diri sendiri. Semangat!

Baca Juga: 6 Tips agar Terhindar dari Mindset Gak Enakan biar Gak Rugi Sendiri!

hayyu wardana Photo Verified Writer hayyu wardana

menjadi diri sendiri dan mensyukuri segalanya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya