Comscore Tracker

5 Batasan yang Harus Kamu Punya Biar Hati tetap Damai

Ada batas yang dibuat bertujuan untuk melindungi diri 

Setiap orang memiliki batasan yang tidak ingin diganggu oleh orang lain. Begitupun ketika kamu melakukan suatu hal untuk orang lain, yang mana akan membuatmu kewalahan ketika sudah melewati batas kapasitas diri. Oleh karena itu, kamu perlu menentukan lima batasan berikut agar tidak mengancam kedamaian hatimu. 

1. Mengetahui batas untuk berjuang atau rehat

5 Batasan yang Harus Kamu Punya Biar Hati tetap Damaiinstagram/roadparty.id

Pertama, tentu setiap orang memiliki mimpi, hobi, pekerjaan maupun aktivitas lainnya. Selama kamu masih menyukainya meskipun dirundung lelah, tidaklah menjadi masalah. Namun sebaliknya, ketika kamu mudah stes karena aktivitas tersebut, maka kamu perlu mengetahui batasan kapan untuk berjuang dan waktu untuk rehat. 

2. Membatasi diri ikut campur masalah orang lain

5 Batasan yang Harus Kamu Punya Biar Hati tetap DamaiUnsplash/Cowomen

Tidak diragukan lagi rasa empati membuatmu merasa ingin membantu sesama dengan penuh ketulusan. Namun kamu juga perlu menyadari batasan sejauh mana kamu bisa ikut campur. Sebab, setiap orang memiliki sifat dan cara pandangnya sendiri, ketika kamu memaksakan mereka mengikuti prinsipmu, yang ada malah akan timbul perdebatan. 

Baca Juga: Waspada! Ini 5 Tanda Bibit Kesombongan Mulai Tumbuh dalam Dirimu

3. Mengendalikan diri atas hal yang tidak dapat di kontrol

5 Batasan yang Harus Kamu Punya Biar Hati tetap DamaiUnsplash/Austin Distel

Kemandirian membuatmu melakukan segala hal dengan mengandalkan diri sendiri. Namun terkadang kamu lupa bahwa ada hal yang bisa kamu kontrol dan ada hal yang memang diluar kendalimu. Maka kamu perlu menetapkan batasan atas hal diluar kendalimu dan mengelola ekspektasi agar saat realita tidak sesuai harapan, kamu menjadi lebih siap menghadapinya. 

4. Membatasi overthinking

5 Batasan yang Harus Kamu Punya Biar Hati tetap DamaiUnsplash/Carolina Heza

Overthinking tentu akan membuat siapa saja merasa tidak nyaman dan tertekan. Pasalnya hasil dari buah pikiran yang negatif yang berlebihan akan berdampak pada kesehatan fisik maupun mental. Oleh karena itu, kamu perlu membatasi diri dalam mengendalikan pikiran agar tidak terlarut dalam pikiran negatif yang berlarut-larut. 

5. Batasan privasi

5 Batasan yang Harus Kamu Punya Biar Hati tetap DamaiUnsplash/Sherise VD

Setiap orang memiliki privasi atau rahasia yang tidak ingin diketahui orang lain. Sekalipun itu pada orang terdekat, kamu juga perlu menjunjung tinggi privasi yang kamu miliki. Contohnya saja, ponsel beserta kata sandi untuk mengakses segala sesuatunya. Biarkan kamu saja yang mengetahuinya dan jangan dengan mudah membaginya pada orang lain, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan kedepannya. 

Itulah lima batasan yang perlu kamu tegakkan agar merasa nyaman dan terhindar dari ancaman yang mengganggu kedamaian hati. Menurutmu mana saja yang paling penting untuk dirimu? 

Baca Juga: 5 Dampaknya pada Hidup Kalau Kebiasaan Overthinking Gak Kamu Hilangkan

Hesti Mahmudah Photo Verified Writer Hesti Mahmudah

Belajar meracik kata-kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya