Comscore Tracker

Kamu Orang Baik, Ini 5 Alasan Simpel Jangan Berubah Jadi Orang Jahat

Tetap pada sifat dasarmu ya?

Berseliwerannya quotes ‘orang jahat terlahir dari orang yang baik yang tersakiti’ di media sosial mencuatkan beragam pendapat dari warganet. Ada yang terang-terangan menyetujui, namun tak sedikit juga yang ‘membanting’-nya dengan alasan-alasan yang masuk akal. Dari sekian banyak pro kontra yang terjadi, inti dari semua hal tersebut adalah: tetaplah berbuat kebaikan.

Nah, berikut ini alasan singkat mengapa kamu gak boleh jadi orang jahat karena kita semua terlahir sebagai orang baik.

1. Ini serius, hidup kamu tidak akan tenang karena dijajah emosi negatif

Kamu Orang Baik, Ini 5 Alasan Simpel Jangan Berubah Jadi Orang Jahatariananews.co

Ketika kamu menganggap berbuat jahat lumrah karena sering merasa tersakiti, maka pada detik itu emosi negatif sedang menjajah pikiranmu. Emosi negatif akan membuat hidupmu merasa tak tenang karena kerap diselimuti kebencian dan dendam.

Rasa benci dan amarah yang tak tertunai biasanya akan meledak pada titik tertentu jika tidak diikuti dengan kebesaran hati dan kesadaran jiwa.

2. Apa pun alasannya, perbuatan jahat tidak akan membuat hidup kamu bahagia

Kamu Orang Baik, Ini 5 Alasan Simpel Jangan Berubah Jadi Orang JahatPixabay.com/rickey123

Mau kamu dilecehkan, direndahkan, mendapat kekerasan fisik, dan sebagainya, jangan jadikan jalan sesat sebagai pilihan hidupmu. Selain akan membuat hidup tak tenang, kamu juga tak akan mendapat kebahagiaan sebagai bagian penting kehidupan. Jika hidupmu selalu diliputi dendam, emosi, amarah, kapan kamu akan merasa bahagia?

Baca Juga: 5 Alasan Logis Mengapa Orang Baik Bisa Berubah Jadi Orang Jahat

3. Saat kamu puas melakukan balas dendam, maka kepuasanmu saat itu hanya sesaat

Kamu Orang Baik, Ini 5 Alasan Simpel Jangan Berubah Jadi Orang Jahatthriveglobal.com

Jika kamu merasa puas setelah melakukan balas dendam kepada orang-orang yang menyakiti kamu, maka sejatinya kepuasanmu itu semu dan sesaat. Pada suatu titik, kamu akan merasa hidupmu hampa dan tak berarti apa-apa. Dendam dan amarah yang sudah merasuk dalam jiwa hanya akan membuatmu merasa menjadi manusia tak bermakna.

4. Ingat orangtua dan keluargamu yang ikut merasakan imbas dari sikap jahatmu

Kamu Orang Baik, Ini 5 Alasan Simpel Jangan Berubah Jadi Orang Jahatshutterstock.com

Ketika kamu melakukan kejahatan dengan alasan dendam karena sering tersakiti, maka yang merasakan dampaknya tentu saja orang-orang terdekatmu. Ayah, ibu, kakak, dan adik-adikmu akan terkena imbas atas perbuatan jahat yang sering kamu lakukan kepada orang banyak.

Sejahat-jahatnya orang, mereka tentu tak akan tega menyakiti hati keluarganya sendiri bukan?

5. Semua perbuatan jahat akan ada balasannya, baik di dunia maupun di akhirat

Kamu Orang Baik, Ini 5 Alasan Simpel Jangan Berubah Jadi Orang JahatPixabay.com/Fuzz

Sadari, kita hidup hanya sementara di dunia karena ada alam lain yang sedang menanti: akhirat. Ketika kamu berbuat jahat, kamu akan mempertanggungjawabkan perbuatan tak terpuji kamu di hadapan Yang Maha Kuasa saat hari akhir tiba.

Jadi putus mata rantai kejahatan dengan berhenti melakukan perbuatan tercela kepada setiap orang. Satu dendam akan berubah menjadi dendam-dendam lain yang dampaknya akan sangat berbahaya bagi kehidupanmu di dunia.

Ingat selalu ya, tak akan rugi orang yang selalu berbuat kebaikan dalam hidupnya. Sudah menjadi hukum alam, orang baik akan selalu dikenang karena kebaikannya. Jadi tak ada alasan untuk tidak berbuat kebaikan, kan?

Baca Juga: Alasan ‘Orang Jahat Lahir dari Orang Baik Tersakiti' Tak Selalu Benar

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You