Comscore Tracker

5 Situasi yang Bikin Kamu Gampang Tersinggung, Banyak Pikiran! 

Lapar bikin emosi 

Ih, sensi amat sih, jadi orang? Sering sekali kita mendengar kalimat ini. Rasanya hampir setiap orang pernah marah. Ada kalanya seseorang bisa menjadi gampang tersinggung. Padahal hanya sepele, tapi bisa berbuntut panjang, yang lebih ekstrem lagi bisa menjurus ke tindakan kriminal. Ih, seram banget, ya. Ada hal yang dapat membuat emosi menjadi tidak stabil. Berikut adalah situasi yang sering bikin gampang tersinggung.

1. Lapar 

5 Situasi yang Bikin Kamu Gampang Tersinggung, Banyak Pikiran! ilustrasi marah (pexels.com/Craig Adderley)

Tahukah kamu kalau perut kosong alias belum makan apalagi kalau sampai kelaparan, bisa bikin orang jadi uring-uringan, gampang tersinggung dan cepat marah? Bayangkan saja ketika perut krucuk-krucuk butuh asupan, tiba-tiba ada orang ngeselin. Sudah kelaparan, malah dibikin kesal. Kondisi ini umum terjadi, namun jarang disadari. Bahkan, seorang yang penyabar sekali pun bisa berubah menjadi agresif saat perutnya keroncongan.

Ya, rasa lapar dapat mempengaruhi suasana hati dan bahkan perilakunya menjadi sangat emosional. Marah saat lapar adalah reaksi alami tubuh yang memberitahu untuk segera makan. Saat kekurangan nutrisi, otak juga ikut 'lapar' dan bekerja lebih lambat untuk mengontrol emosi, seperti rasa marah. Solusinya adalah makanlah sebelum terlalu lapar dan jangan biarkan perut kosong terlalu lama.

2. Saldo rekening kosong  

5 Situasi yang Bikin Kamu Gampang Tersinggung, Banyak Pikiran! ilustrasi dompet kosong (pexels.com/Nicola Barts)

Seperti kata pepatah, gak ada uang serasa mau mati. Gak punya uang memang bikin uring-uringan. Hal ini wajar, karena uang merupakan salah satu hal yang paling penting dalam hidup. Jika mendapati saldo rekening kosong atau belum gajian pasti bikin bete.

Situasi ini seringkali menimpa karyawan maupun mahasiswa rantau di akhir bulan atau tanggal tua. Cadangan makanan mulai menipis namun kebutuhan meningkat, bikin auto bingung mencari tambahan pemasukan. Lagi pusing begini, ada kejadian sepele saja bisa bikin mudah tersinggung.

Baca Juga: 5 Tips Memberi Feedback Negatif tanpa Membuat Tersinggung

3. Sedang berada di kondisi tertekan 

5 Situasi yang Bikin Kamu Gampang Tersinggung, Banyak Pikiran! ilustrasi tertekan (pexels.com/Nicola Barts)

Orang yang sedang berada di kondisi tertekan juga bisa gampang tersinggung. Misalnya saat kerjaan menumpuk, terjebak dalam kemacetan lalu lintas yang panjang sedangkan kamu sedang ditunggu atasan, atau baru belajar bawa mobil dalam keadaan muterin kendaraan namun diklaksonin terus oleh kendaraan lain. Jika sudah demikian, ingin rasanya meluapkan emosi pada mereka dan menunjukkan sisi ganas diri kita yang dikubur dalam-dalam.

Kondisi ini juga bisa membuat seseorang merespons dengan perilaku atau ucapan kasar hingga kecenderungan melakukan kekerasan. Emosi yang muncul terjadi karena ketidakmampuan seseorang untuk mengendalikan pikiran dan tindakan repetitif. Salah satu cara untuk mengatasinya bisa dengan rutin melakukan yoga, meditasi, atau teknik pernapasan.

4. Lagi banyak pikiran 

5 Situasi yang Bikin Kamu Gampang Tersinggung, Banyak Pikiran! ilustrasi banyak pikiran (pexels.com/Inzmam Khan)

Situasi lainnya yang bikin mudah tersinggung adalah di saat sedang pusing dengan berbagai macam persoalan. Yang namanya orang hidup pasti gak bisa jauh dari masalah. Pasti ada saja yang terjadi. Misalnya sedang dalam proses perceraian, bos uring-uringan, dicuekin teman, anak sakit atau kematian keluarga terdekat.

Ketika ada ratusan hal yang ada di pikiran kita, alih alih mengabaikannya, ketegangan dalam pikiran justru membuat makin parah. Lingkaran setan inilah yang membuat pikiran tidak bisa tenang. Maka ketika muncul situasi yang tidak mengenakkan, meski hanya masalah kecil, jadi terpancing, tersinggung dan meluapkannya dengan kemarahan.

5. Kurang tidur 

5 Situasi yang Bikin Kamu Gampang Tersinggung, Banyak Pikiran! ilustrasi kurang tidur (pexels.com/Karolina Grabowska)

Istirahat yang cukup termasuk salah satu faktor penting untuk memperoleh pola hidup sehat. Otak yang kurang istirahat karena kurang tidur menyebabkan hormon menjadi terganggu. Ketidakseimbangan hormon inilah yang bikin orang jadi uring-uringan dan gampang tersinggung.

Orang yang kurang tidur juga tidak mampu mengontrol suasana hati dan emosinya, sehingga menimbulkan rasa frustrasi dan mudah marah. Makin sedikit waktu istirahat, makin sulit pula untuk berpikir jernih. Akibatnya orang yang sering kurang tidur menjadi rentan depresi. Jadi, pastikan tidurmu berkualitas, ya!

Orang yang sensitif akan sangat mudah tersinggung oleh hal-hal kecil yang dianggap biasa oleh orang lain. Meditasi dapat membantu meningkatkan kesehatan mental dengan mengontrol pikiran dan emosi sehingga tidak mudah tersinggung. Jadi, situasi mana yang paling gampang bikin kamu tersulut?

Baca Juga: 5 Tips Memulai Hidup Santai Biar Gak Mudah Tersinggung Perkataan Orang

Malika Nabilla Larasati Photo Verified Writer Malika Nabilla Larasati

keep calm and keep writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya