Comscore Tracker

5 Tips Memulai Hidup Santai Biar Gak Mudah Tersinggung Perkataan Orang

Buat enjoy aja

Hidup bersosialisasi dengan masyarakat, entah teman, kerabat sampai keluarga, perkataan orang kadang menyinggung. Dari perkataan itulah yang akhirnya membuatmu jadi gak percaya diri, stres, dan selalu memikirkannya hingga menghambat mimpimu. 

Hal seperti itu jelas harus diatasi dengan baik. Kamu harus mulai belajar hidup santai biar semuanya bisa dikendalikan. Langkah mudahnya bisa kamu ikuti dari tips berikut. 

1. Pahami bahwa karakter setiap orang berbeda

5 Tips Memulai Hidup Santai Biar Gak Mudah Tersinggung Perkataan Orangilustrasi pertemuan (pexels.com/cottonbro)

Di dunia ini gak semua orang punya sikap dan pemikiran yang sama sepertimu. Terima kenyataan itu karena memang ini awal untuk membuatmu paham. Semua orang tidak bisa kamu atur untuk mengerti tentang apa yang kamu rasakan. 

Tanggapi saja dengan santai semua yang kamu terima. Jika memang kamu kesal, kamu bisa untuk tidak ikut pertemuan atau bertemu dengan orang tersebut. Jangan buat dirimu sulit hanya karena satu orang. 

2. Buang standar sukses yang ada di benak banyak orang

5 Tips Memulai Hidup Santai Biar Gak Mudah Tersinggung Perkataan Orangilustrasi sukses (pexels.com/Gerd Altmann)

Standar sukses bagi banyak orang mungkin punya banyak uang, jabatan yang ada di instansi pemerintah, atau punya mobil di usia muda. Jika menurutmu sukses bukan hanya tentang itu, maka ubah standar tersebut. 

Jadilah dirimu sendiri. Lakukan hal terbaik menurut versimu jika sukses menurutmu adalah punya hidup balance dan punya pekerjaan yang sesuai hobimu, maka nikmati itu. 

Baca Juga: 5 Cara Sederhana untuk Menikmati Hidup, Kenapa Harus Ribet?

3. Lihat segala sesuai dari sisi positifnya

5 Tips Memulai Hidup Santai Biar Gak Mudah Tersinggung Perkataan Orangilustrasi merenung (pexels.com/Los Muertos Crew)

Ketika ada perkataan orang yang menyinggung perasaanmu, maka diamlah. Coba ubah perkataan tersebut menjadi hal yang positif untuk dirimu. 

Mungkin saja mereka ingin kamu menjadi yang terbaik. Jika memang perkataan yang dilontarkan demi kebaikanmu, maka jangan marah. Terima itu dan jadilah sosok yang kuat. 

4. Jangan terlalu keras pada dirimu

5 Tips Memulai Hidup Santai Biar Gak Mudah Tersinggung Perkataan Orangilustrasi stres (pexels.com/energepic.com)

Memenuhi ekspektasi dari orang-orang tentang hidupmu akan membuatmu stres. Tenang dan santailah menjalani hidup karena memang hidup ini kamu yang jalani. Kamu pemeran utama di dalamnya. 

Jangan terlalu keras pada dirimu. Sesekali jika memang kalau lelah, maka istirahatlah. Selanjutnya, kamu harus bisa meraih apa yang kamu ingin dengan versimu sendiri. 

5. Abaikan segala hal yang tidak kamu suka

5 Tips Memulai Hidup Santai Biar Gak Mudah Tersinggung Perkataan Orangilustrasi bahagia (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mengabaikan harus bisa kamu lakukan demi kebaikanmu sendiri. Jika memang kamu gak suka dengan perkataan mereka, maka abaikanlah. Jika masih menggangu, lakukan segala hal yang kamu suka dan lupakan semua itu. Jangan terus memikirkannya karena itu membuatmu stres sendiri. Peduli akan mentalmu jauh lebih baik. 

Menjalani hidup yang lebih santai harus dimulai dari niat dan hal-hal kecil. Awal-awal pasti akan sulit, tapi jika dilakukan dengan ketekunan, kamu pasti bisa melakukannya. 

Baca Juga: Menjalani Hidup dengan Konsep Hidup ala Orang Jepang, Ikigai

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya