Comscore Tracker

7 Quote Inspiratif dari Film Dune, Cocok untuk Evaluasi Diri

Penuh dengan makna kehidupan, kamu wajib nonton!

Dune adalah film sci-fi terbaru yang diadaptasi dari buku dengan judul serupa. Film ini menceritakan Paul Atreides (Timothée Chalamet), seorang putra mahkota yang diasingkan dan dipaksa bertahan hidup di planet gurun bernama Arrakis. Sepanjang film kita akan menyaksikan jerih payah Paul Atreides mengembalikan kehormatan dan membangun kembali dinastinya. 

Dilansir Cheatsheet, Dune adalah film paling inspiratif yang pernah dimainkan oleh Timothée Chalamet. Ceritanya penuh dengan metafora kehidupan yang relate banget.

Film ini menyuguhkan deretan dialog yang sarat makna. Berikut telah dirangkum tujuh kutipan inspiratif dari film Dune yang cocok buat evaluasi diri.

1. “Aku tak boleh takut. Ketakutan membunuh pikiran” — Lady Jessica Atreides

7 Quote Inspiratif dari Film Dune, Cocok untuk Evaluasi Diriyoutube.com/wbpictures

Rasa takut adalah emosi manusia paling dasar. Rasa takut memicu hormon adrenalin agar manusia lebih waspada dan mempersiapkan tubuh untuk menghadapi bahaya.

Sayangnya, manusia tidak diciptakan untuk merasakan takut setiap saat. Dilansir University of Minnesota, pelepasan adrenalin menghambat proses otak untuk berpikir rasional. Sentakan energi yang dirasakan ketika takut mengorbankan kemampuan kita dalam membuat keputusan.

Ibarat sebuah teguran, rasa takut sebetulnya merupakan hal positif. Teguran adalah sesuatu yang harus dievaluasi, namun membiarkan hal tersebut mendikte hidup kita setiap saat dapat berakibat fatal.

2. ”Orang hebat terpanggil untuk memimpin, bukan mencarinya” — Leto Atreides

7 Quote Inspiratif dari Film Dune, Cocok untuk Evaluasi Diriyoutube.com/wbpictures

Jabatan seseorang tidak otomatis mengubah dia jadi pemimpin. Orang yang dibutakan oleh ambisi dan iming-iming kekuasaan belum tentu paham cara menggunakannya dengan bijak. 

Pemimpin terbaik biasanya enggan berkuasa. Dilansir Smithsonian Magazine, George Washington meragukan dirinya sebagai presiden di depan publik. Lantas, mengapa kandidat yang pantas selalu digerogoti oleh keraguan?

Washington enggan memimpin karena dia paham betul tanggung jawabnya. Keraguan adalah tanda bahwa kita memahami konsekuensi suatu hal. Keraguan ibarat pecut yang mengingatkan para pemimpin untuk menggunakan posisi mereka dengan bijak.

3. “Misteri kehidupan bukan sebuah masalah yang harus dipecahkan, melainkan sebuah realita yang harus dijalani” — Jamis

7 Quote Inspiratif dari Film Dune, Cocok untuk Evaluasi Diriyoutube.com/Nerdist

Sebagai manusia, kita punya keunggulan evolusioner berupa akal. Begitulah cara manusia bertahan hidup dan menjadi spesies paling dominan di planet Bumi. Kita dapat memecahkan masalah, mencari kebenaran, dan menciptakan keajaiban menggunakan rasionalitas. 

Sejauh ini, hal apa saja dapat diperdebatkan secara intelektual. Namun, itu justru menunjukkan bahwa pemahaman kita tentang dunia masih terbatas. Daripada mempertanyakan kenapa ombak bergulung begitu kuat, tidakkah lebih baik membiarkan gelombang air menyapu kita ke negeri yang jauh? Biarkan alam membuka dirinya kepada kita. Menurut kalian bagaimana?

4. “Seekor hewan yang terperangkap akan menggigit kakinya hingga putus untuk kabur. Apa yang akan kau lakukan?” — Mother Gaius

7 Quote Inspiratif dari Film Dune, Cocok untuk Evaluasi Diriyoutube.com/wbpictures

Dalam konteks film Dune, kita harus memahami kata ‘perangkap’ secara luas. Ada perangkap untuk hewan, emosi, hingga politik. Perangkap tersebut dapat diciptakan oleh banyak hal, seperti sebuah peristiwa, alam, bahkan manusia.

Kutipan tersebut tidak mempermasalahkan benar atau salahnya memutuskan kaki. Tapi mempertanyakan apa yang membedakan antara manusia dan hewan.

Seekor hewan hanya memikirkan rasa sakit dan keinginan untuk kabur. Menurut Dune, manusia harus bisa menahan rasa sakit, mengalahkan si penjebak, dan membebaskan diri dari ancaman serupa ke depannya.

Baca Juga: Lagi Putus Asa? 7 Quote Tokoh Dunia Bikin Gak Jadi Menyerah

5. “Mimpi bisa jadi cerita bagus, tapi semua hal penting terjadi saat kita terbangun” — Duncan Idaho

7 Quote Inspiratif dari Film Dune, Cocok untuk Evaluasi Diriyoutube.com/wbpictures

Dilansir BBC, rata-rata orang menghabiskan setengah waktu hidupnya dengan melamun. Lamunan kita biasanya berisi skenario imajiner. Sebuah ilusi yang diciptakan untuk mengelabui diri kita agar merasa lebih baik.

Melamun bisa menjadi cara untuk meringankan beban kita. Namun perlu diingat bahwa melamun bukanlah solusi permanen. Skenario-skenario tersebut hanya akan menjadi ilusi jika kita hanya diam dan tidak beraksi.

6. “Kau bertempur saat dibutuhkan, tak peduli suasana hatimu” — Gurney Halleck

7 Quote Inspiratif dari Film Dune, Cocok untuk Evaluasi Diriyoutube.com/wbpictures

Pernah gak, sih, kalian berada di fase malas mengerjakan apapun? Sebagian besar pasti pernah, karena seringkali kita menyerah pada mood kita. 

Padahal kita harus siap bertempur kapan saja, karena dunia tidak peduli suasana hatimu sedang baik atau buruk. Dunia cuek dengan perasaan kita dan akan terus berputar tanpa memperdulikan kita tertinggal atau tidak.

7. “Kapan sebuah hadiah, bukan lagi hadiah” — Baron Vladimir Harkonnen

7 Quote Inspiratif dari Film Dune, Cocok untuk Evaluasi Diriyoutube.com/wbpictures

Saat keluarga Paul Atreides diangkat jadi penguasa planet Arrakis, musuh bebuyutan mereka tampak tenang padahal planet tersebut dirampas dari mereka. Tak pernah terpikir oleh para Atreides bahwa mereka sedang dijebak. 

Kutipan ini serupa dengan ungkapan ‘semua yang berkilau belum tentu emas’. Segala hal yang nampak berharga di luar, bisa jadi malapetaka dalam samaran.

Itulah beberapa quote dari film Dune yang bisa dijadikan acuan untuk mengevaluasi diri. Semoga dapat menginspirasimu, ya! 

Baca Juga: 10 Quote Film The Kissing Booth yang Bikin Mentalmu Anti Insecure

Ilham Akbar Arianto Photo Writer Ilham Akbar Arianto

Professional Meme Stealer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya