Comscore Tracker

Sering Merasa Malas? 5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Kira-kira kamu sering melakukan kebiasaan yang mana?

Malas adalah suatu kondisi dimana tubuh merasa tidak memiliki motivasi atau keinginan untuk melakukan suatu gerakan atau aktivitas tertentu. Ada lima kebiasaan buruk yang menjadi penyebab malas. Biasanya, rasa malas atau dikenal dengan istilah mager sering dianggap hal wajar dan terkesan dimaklumi. Padahal, banyak dampak buruk yang akan terjadi jika tubuh terus bermalas-malasan.

Menurut Dr. Richard Weiler dalam British Journal of Sports Medicine, kemalasan harus dikategorikan sebagai sebuah penyakit. Sebab, hal itu berbahaya bagi tubuh, yakni bisa memicu timbulnya berbagai penyakit seperti obesitas, diabetes, dan hipertensi.

Ternyata, rasa malas bisa muncul karena beberapa kebiasaan buruk yang sering dilakukan. Nah, apa saja kebiasaan buruk yang menjadi penyebab malas? 

1. Sering bergadang

Sering Merasa Malas? 5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Jadi PenyebabnyaIlustrasi Seseorang yang sedang bergadang (Pexels/SHVETS production)

Umumnya waktu tidur malam yang baik yaitu 6-8 jam dalam sehari. Namun, tidak semua orang tidur tepat waktu. Ada saja yang melakukan kebiasaan bergadang baik karena tuntutan tugas, pekerjaan dan lain sebagainya.

Mempunyai kebiasaan bergadang ternyata bisa memicu rasa malas, loh. Sebab, kondisi tubuh orang yang sering bergadang akan diserang rasa kantuk pada siang hari sehingga sulit berkonsetrasi. Alhasil, tubuh akan merasa malas untuk melakukan aktivitas. Jadi, usahakan untuk menghindari kebiasaan bergadang jika tidak ada kegiatan yang terlalu penting ya.

2. Selalu melewatkan waktu sarapan

Sering Merasa Malas? 5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Jadi PenyebabnyaIlustrasi sedang sarapan (Pexels/Karolina Grabowska)

Tak bisa dipungkiri, melewatkan waktu sarapan adalah kebiasaan yang cukup sering dilakukan oleh orang kebanyakan. Melewatkan waktu sarapan akan mendorong kita untuk mengkonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi pada saat makan siang karena rasa lapar yang berlebih.

Karbohidrat yang tinggi akan menyebabkan gula dalam darah juga ikut tinggi sehingga menghambat kerja neuron orexin. Fungsi dari neuron orexin ini adalah menjaga tubuh agar tetap terjaga dan fokus. Sehingga, jika konsumsi karbohidrat berlebih maka akan memicu timbulnya rasa ngantuk yang menyebabkan tubuh malas beraktivitas karena terhambatnya kerja neuron orexin.

Baca Juga: 5 Hal yang Sulit Dilakukan saat Mental Sedang Buruk, Malas Bergerak!

3. Kebiasaan makan makanan berkalori tinggi sebelum tidur

Sering Merasa Malas? 5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Jadi PenyebabnyaIlustrasi makanan berkalori (pexels/Zuriel Escobedo )

Masih seputar pola makan, kebiasaan makan sebelum tidur juga bisa menjadi penyebab timbulnya rasa malas pada tubuh. Pasalnya, mengkonsumsi makanan atau minuman berkalori tinggi sebelum tidur akan memiliki dampak buruk bagi tubuh.

Selain memicu timbulnya penyakit diabetes, juga membuat kondisi tubuh tidak segar dan menjadi pegal-pegal saat bangun tidur. Alhasil kita menjadi malas untuk beraktivitas karena merasa kondisi tubuh tidak stabil.

4. Jarang berolahraga

Sering Merasa Malas? 5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Jadi PenyebabnyaIlustrasi seseorang tidak berolahraga (Pexels/Tim Samuel)

Tubuh yang jarang melakukan aktivitas fisik biasanya akan sulit fokus, sehingga menyebabkan timbulnya rasa malas. Spesialis kedokteran olahraga yaitu Dr. Michael Triangto, SpKO., menjelaskan bahwa pola hidup sehat dengan melakukan kebiasaan hidup aktif dan berolahraga adalah kunci dari penyakit kemalasan.

Jadi, usahakan rajin berolahraga secara rutin minimal 2 kali dalam 1 minggu. Atau, bisa juga dengan melakukan aktivitas fisik disela-sela kegiatan sehari-hari seperti berjalan-jalan santai.

5. Terlalu asik bermain gawai

Sering Merasa Malas? 5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Jadi PenyebabnyaIlustrasi bermain gawai (Pexels/Karolina Grabowska)

Kebiasan buruk yang terakhir ini menjadi salah satu faktor yang cukup dominan akhir-akhir ini, terutama saat pandemik. Semua orang lebih banyak mengisi waktu dengan bermain media sosial atau bermain games.  Kebiasaan ini bisa menjadi buruk jika kita terlalu asik sehingga membuat kita malas untuk mengerjakan aktivitas yang lebih penting.

Dari lima poin di atas, kira-kira kebiasaan mana yang sering kamu lakukan? Yuk mulai mengurangi kebiasaan-kebiasaan buruk agar kita terhindar dari rasa malas. Jangan lupa, lakukan pola hidup sehat ya!

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Kebiasaan Malas Gerak, Gampang Sakit saat Tua

Imas Nuraeni Photo Writer Imas Nuraeni

"Ingat! Suatu hal besar dimulai dari hal terkecil. Jadi, mulailah dengan hal hal kecil termasuk dalam berkarya"

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya