Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Jangan Malas Introspeksi Diri. Yuk, Mulai dari Sekarang!

Guru bukan hanya pengalaman, namun juga kesalahan

Manusia memang gak pernah luput dari yang namanya salah, mau melakukan kesalahan terhadap diri sendiri maupun orang lain. Namun, gak selamanya kok kamu mesti terkungkung dalam suasana yang selalu salah. 

Ada berbagai trik yang bisa kamu lakukan supaya gak melakukan kesalahan kedua kalinya, di antaranya introspeksi diri. Inilah 5 alasan kamu perlu mulai introspeksi diri dari sekarang.

1. Introspeksi merupakan ajang evaluasi diri

5 Alasan Kamu Jangan Malas Introspeksi Diri. Yuk, Mulai dari Sekarang!unplash.com/@joshrh19

"Tatkala hari ini lebih baik daripada hari kemarin, ia termasuk orang yang beruntung". Ungkapan tersebut sangat layak kita pegang sebagai pedoman dalam menjalani kehidupan.

Ketika kamu berhasil menjadi pribadi yang lebih baik dari hari ke hari, artinya kamu bukan pribadi yang enggan mengevaluasi diri. Yang mana, evaluasi menjadi bagian dari introspeksi, membuang hal-hal yang buruk dan mempertahankan yang baik-baik.

2. Sifat manusia gak luput dari salah dan khilaf

5 Alasan Kamu Jangan Malas Introspeksi Diri. Yuk, Mulai dari Sekarang!unsplash.com/nicholaskampouris

Manusia gak ada yang sempurna. Artinya, gak ada manusia yang luput dari kesalahan dan kekhilafan. Namun, pribadi yang baik adalah yang mau mengakui kesalahan yang pernah diperbuatnya, mau mengintrospeksi dirinya dan berjanji gak mengulangi kesalahan tersebut untuk kedua kali.

So, jika kamu pernah terjerumus dalam kesalahan, gak apa-apa, kok. Dari sana lah menjadi awal perbaikan diri ke depannya. Tapi, jangan sampai ketika tahu hal tersebut adalah sebuah kesalahan, namun tetap dilakukan.

Baca Juga: Ini 5 Cara Mudah Agar Bisa Introspeksi Diri Sendiri

3. Kamu menjadi pribadi yang gak menolak pendapat orang

5 Alasan Kamu Jangan Malas Introspeksi Diri. Yuk, Mulai dari Sekarang!pexels.com/Ana Francisconi

Jangan sampai kamu mengabaikan pendapat orang, ya. Justru, saran mereka lah yang bisa membuat kamu menjadi pribadi yang lebih baik lagi ke depannya. Artinya, apa pun pendapat orang, terima. Jangan semata-mata karena ucapannya menyinggung, kamu menjadi pribadi yang malas memperbaiki diri dan antipati kepada orang yang mengomentari.

4. Kamu menjadi pribadi yang semakin disukai orang banyak

5 Alasan Kamu Jangan Malas Introspeksi Diri. Yuk, Mulai dari Sekarang!unsplash.com/priscilladupreez

Nah, dari pendapat oranglah kamu bisa mulai membangun sebuah pondasi diri yang kuat dan sifat yang terpuji. Dengan kamu memiliki kepribadian yang lebih baik lagi, tentu akan banyak orang yang semakin menyukai.

Mulai dari sekarang. Yuk, introspeksi diri. Dan jangan malas mendengarkan pendapat dan nasihat dari orang-orang di sekitar.

5. Sebagai sarana mendekatkan diri pada Yang Kuasa

5 Alasan Kamu Jangan Malas Introspeksi Diri. Yuk, Mulai dari Sekarang!unsplash.com/rubenhutabarat

Dengan kamu introspeksi diri, bukan hanya menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Melainkan, kamu pun menjadi orang yang lebih mendekatkan diri pada Tuhan. Tentu saja, dalam segala hal hidup ini, mesti melibatkan Tuhan selaku sutradara yang mengatur kehidupan di alam semesta. Termasuk, Dia pula lah yang mengubah kamu menjadi pribadi yang gak menolak introspeksi.

Itulah 5 alasan kamu harus mulai introspeksi diri dari sekarang. Yuk, mulai. Jadikan dirimu yang lebih baik lagi dari hari ke hari.

Baca Juga: 5 Tanda Ini Bukti Kamu Kurang Menghargai Hidup, Introspeksi Diri Ya!

Ineu Nursetiawati Photo Community Writer Ineu Nursetiawati

☺️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You